CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea804fd5cf6c4090720234b/perjanjian-tordesillas-1494-saat-dunia-dibagi-dua-oleh-portugis-dan-spanyol

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

Hai, GanSis apa kabar?

emoticon-I Love Indonesia

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Konstantinopel jatuh ke tangan Turki Utsmaniyah pada tahun 1453.
Sumber

Orang-orang Eropa telah lama menikmati barang-barang berharga dari Asia, seperti rempah-rempah dan sutra. Namun, kejatuhan Konstantinopel oleh Turki Utsmaniyah pada tahun 1453, membuat semuanya menjadi sulit. Turki Utsmaniyah yang menerapkan monopoli dan diskriminasi harga pada akhirnya memaksa orang-orang Eropa untuk menemukan jalur baru menuju sumber rempah-rempah. Dipelopori oleh Portugis yang dibantu pelaut-pelaut Genoa, mereka mempersiapkan rencana berlayar ke Asia.

Pada tahun 1470, seorang astronom Florence bernama Paolo dal Pozzo Toscanelli menyarankan Raja Afonso V untuk berlayar ke barat melintasi Atlantik. Saran itu ditolak sebab Portugis menganggap rute barat terlalu jauh dan lama, lebih singkat rute timur. Toscanelli yang yakin dengan rute barat menyampaikan gagasannya kepada seorang pelaut Genoa bernama Christopher Columbus. Namun, keberhasilan Bartholomew Diaz mencapai Tanjung Harapan (Afrika Selatan) pada tahun 1488-1489, seolah memupus harapan rute barat.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Christopher Columbus berdialog dengan Raja Ferdinand II dan Ratu Isabella I tentang rute barat menuju India.
Sumber

Tak patah semangat, Columbus mencari sponsor ke beberapa negara, seperti Genoa, Venezia, Inggris, dan terakhir Spanyol yang akhirnya berbuah manis. Raja Ferdinand II dari Aragon dan Ratu Isabella I dari Kastilia yang baru saja menyatukan Spanyol setuju dengan konsep Columbus lewat serangkaian negosiasi.

Penjelajahan pertama Columbus tak bisa dibilang mulus. Walaupun begitu misi rute barat membuahkan hasil penemuan wilayah baru. Ketika kembali ke Eropa, ia terkena badai dan terpaksa singgah di Lisabon, Portugal pada tanggal 4 Maret 1493. Mendengar ada kapal Spanyol di wilayahnya, Raja João II memanggil Columbus untuk menemuinya. Di sana Columbus menunjukkan tanah-tanah yang baru ditemukannya sebagai syarat melanjutkan pelayaran.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Raja João II.
Sumber

Mengetahui hal itu, Raja João II mengirim surat ancaman kepada Spanyol yang menurut Perjanjian Alcáçovas (1479), semua tanah yang ditemukan Columbus adalah milik Portugis. Raja João II juga menyatakan bahwa Portugis di bawah pimpinan Francisco de Almeida sedang mempersiapkan armada untuk segera berangkat dan mengambil alih kepemilikan tanah-tanah baru.

Spanyol cemas karena menyadari bahwa kekuatan angkatan lautnya di Atlantik kalah telak dari Portugis. Mereka pun melobi Paus Alexander VI (Rodrigo Borgia) yang kebetulan seorang Aragon (satu daerah dengan Raja Ferdinand II) untuk menengahi.

Pada tanggal 4 Mei 1493, Paus Alexander VI menetapkan bahwa semua daratan di sebelah barat garis inter caetera seharusnya menjadi milik Spanyol.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Garis inter caetera. Lihatlah, Portugis di sisi timur hanya mendapat secuil tanah Brazil.
Sumber

Raja João II tak senang dengan keputusan itu sebab merasa tanah yang diberikan terlalu sedikit. Hal itu bisa menghambat Portugis memiliki India sepenuhnya di masa depan. Sesungguhnya apa yang direbutkan oleh Portugis dan Spanyol hanyalah pepesan kosong karena faktanya tanah-tanah baru yang dijelajahi Columbus bukanlah India, tetapi Amerika.

Raja João II terpaksa membuka negosiasi langsung kepada Ferdinand II dan Isabella I. Pada tanggal 7 Juni 1494, mereka bertiga bertemu di Tordesillas, Spanyol. Melalui diskusi alot dan beberapa ratifikasi, diputuskan garis batas digeser sedikit ke arah barat berpatokan garis inter caetera.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Bandingkan dengan batas yang baru (kuning), Portugis mendapat tanah Brazil lebih banyak dari sebelumnya.
Sumber

Hal itu mengamankan rute Portugis di pantai barat Afrika dan memberikan sebagian hak tanah atas tonjolan di Amerika Selatan yang di masa depan menjadi Brazil. Itu mengapa hanya Brazil satu-satunya wilayah di Amerika Latin yang berbahasa Portugis, bukan Spanyol.

Pada masa itu, kedua belah pihak merasa berhasil menipu lawannya. Spanyol menganggap bahwa batas yang tak jelas takkan bisa diperbaiki secara akurat karena teori di peta dengan di lapangan sungguh jauh berbeda (saat itu masih banyak kekeliruan geografi dunia). Di sisi lain Portugis yang berhasil menggeser patok wajib berbangga.

Seiring berjalannya waktu, fakta menjawab bahwa Portugis yang sesungguhnya memenangkan diplomasi sebab rute timur yang mereka tempuh betul-betul membawanya ke India. Pada tanggal 20 Mei 1498, Vasco da Gama yang berlayar atas nama Portugis sukses membuka jalur laut langsung dari Eropa ke India dengan memutari Afrika. India yang menjadi pintu gerbang untuk kawasan Asia lainnya menjadi berkah tersendiri bagi Portugis dalam memonopoli rempah-rempah. Sebaliknya, tanah-tanah baru yang ditemukan Columbus tak terlalu memberikan keuntungan signifikan untuk Spanyol.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Perjanjian Tordesillas (1494).
Sumber

Perjanjian Tordesillas yang dibuat pada tanggal 7 Juni 1494, ditandatangani oleh Spanyol pada 2 Juli 1494 dan oleh Portugis pada 5 September 1494. Kesepakatan itu menjadi lebih efektif lewat pengesahan Paus Julius II pada 24 Januari 1505 yang menurut beberapa sumber disebut sebagai “Garis Demarkasi Kepausan”.

Pada awalnya garis demarkasi itu tak betul-betul membelah Bumi menjadi dua bagian eksklusif: Portugis di timur dan Spanyol di barat. Sebab kedua belah pihak bebas menaklukkan tanah-tanah baru mana pun yang mereka temukan pertama kali, bahkan jika mereka saling berpapasan di sisi lain dunia. Namun, kunjungan langsung Portugis ke Maluku (sumber utama rempah-rempah) pada tahun 1512, membuat Spanyol iri dan menganggap Perjanjian Tordesillas kurang kredibel. Apalagi pada tahun 1521, armada Ferdinand Magellan yang berlayar atas nama Spanyol juga berhasil singgah di Maluku. Spanyol mengklaim bahwa Maluku berada di belahan bumi bagian barat sebab armada Magellan memang berlayar ke barat untuk mencapainya.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Ferdinand Magellan, seorang pelaut Portugis yang bekerja untuk Spanyol.
Sumber

Pelayaran dari Magellan membuktikan tiga hal penting. Pertama, Amerika bukan bagian dan tak berdekatan dengan Asia sebagaimana yang diyakini oleh Columbus dan pelaut-pelaut sebelumnya. Kedua, perbedaan satu hari dalam tanggal memperlihatkan pentingnya menetapkan garis untuk penanggalan internasional. Ketiga, membuktikan bahwa Bumi bulat, bukan datar seperti yang diyakini mayoritas masyarakat Eropa ketika itu.

Pada awal abad ke-16, Perjanjian Tordesillas tak lagi relevan bagi kedua belah pihak. Perjanjian berakhir pada tanggal 19 Februari 1524, disusul ratifikasi Perjanjian Zaragoza agar Portugis dan Spanyol kembali mencapai kesepakatan. Diskusi berjalan jauh lebih alot dari sebelumnya dan berkali-kali gagal menemukan solusi.

Barulah pada tanggal 22 April 1529, Spanyol bersedia melepas klaim atas Maluku dengan imbalan senilai 350.000 ducat emas. Demi mencegah Spanyol melanggar perjanjian, Portugis menetapkan antimeridian di sebelah timur Maluku. Dengan begitu, pembagian menjadi lebih jelas dengan porsi kira-kira Portugis 191° dan Spanyol kira-kira 169°.

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Perjanjian Zaragoza (1529) membuat pembagian menjadi lebih jelas. Portugis menguasai area kuning, sedangkan Spanyol area hijau.
Sumber

Portugis menguasai semua daratan dan laut di sebelah barat antimeridian, termasuk seluruh Asia dan pulau-pulau di sekitarnya. Hanya menyisakan sebagian kecil Samudra Pasifik untuk Spanyol. Secara implisit Spanyol juga melepas klaim atas Filipina, meskipun pada tahun 1542, Raja Charles V memutuskan menjajah Filipina. Ia beranggapan Portugal takkan protes karena wilayah itu tak memiliki rempah-rempah.

Selain menguasai Brazil dan Maluku, Portugis juga mengendalikan banyak wilayah, seperti Angola, Mozambik, Guinea Portugis, São Tomé & Principe, Muscat (Oman), Bahrain, Teluk Persia, Kalkuta, Goa, Bombay, Ceylon (Sri Lanka), Malaka, Makassar, Timor, Macau, dan Dejima (Nagasaki).

Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
Armada Portugis mencapai puncak kejayaan pada abad ke-16.
Sumber

Sementara itu, Spanyol mengendalikan wilayah yang luas di Amerika, Filipina, dan Formosa (Taiwan). Perseteruan kedua belah pihak selesai ketika pada tahun 1581, Spanyol dan Portugis bersatu di bawah persekutuan Uni Iberia yang bertahan hingga tahun 1640.

Dokumen asli kedua perjanjian disimpan rapi oleh masing-masing pihak. Spanyol menyimpannya di Archivo General de Indias di Seville, sedangkan Portugis menyimpannya di Arquivo Nacional da Torre do Tombo di Lisabon.

Perjanjian Zaragoza kehilangan pengaruh seiring melemahnya hegemoni Portugis dan Spanyol. Di lain pihak, muncul Belanda dan Inggris sebagai pesaing baru. Pada tahun 2007, UNESCO memasukkan Perjanjian Tordesillas dan Perjanjian Zaragoza sebagai bagian Memory of the World Programme.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 | 2 | 3

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 164 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemy dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Lihat 2 balasan
GanMengeja kembali hadir...
Perjanjian Tordesillas (1494), Saat Dunia Dibagi Dua oleh Portugis dan Spanyol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemy dan 8 lainnya memberi reputasi
Gilanya org asia lambat menyadari buat bersatu ngelawan ekspedisi penjajah2 tsb. Orng2 Asia malah diadu domba d biarin prg saudara emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemy dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:

Yoi bre
emoticon-Malu



Quote:

Susah bre kedatangan Eropa emang gak bisa dibendung
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Padahal saat menempuh rute barat dan singgah di Filipina, Magelhaens terbunuh di Pertempuran Mactan melawan penguasa setempat Datu Lapu-Lapu.

Eh, sempat pula anak buah yang tersisa mampir di Maluku, kemudian pulang ke Spanyol.

emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
7270727 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
sebenarnya dng pembagian itu Spanyol juga menang banyak karena menguasai hampir seluruh daratan Amerika. disana banyak sumber daya alam pertanian dan pertambangan, perikanan, dan satwa. mereka ga perlu ngambil jalur laut utk berpindah-pindah lokasi di benua itu (jika berhasil menaklukkan).

cuma dominasi spanyol keburu luntur ya dan Amerika jd superpower bukan karena pengaruh dominan dr spanyol.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:

Bener juga bre, padahal bisa lewat utara Kalimantan kalo mau pulang ke Eropa. Gak perlu mampir Ambon
emoticon-Leh Uga



Quote:

Dua-duanya jelas menang banyak bre, maksud ane kalo dibandingin sama Portugis tetep gak seberapa keuntungannya

Lagian mau eksplorasi SDA di tanah baru kan gak gampang dan perlu dana gede juga buat ngebikin permukiman
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 9 lainnya memberi reputasi
Saat itu inggris belum ikut ambil bagian ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 10 lainnya memberi reputasi
Dan semua hancur ketika monarki portugal krisis successor

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:

Belom bre masih sibuk Perang Seratus Tahun lawan Perancis
emoticon-Leh Uga



Quote:

Lagi aneh juga ya perang sama Maroko rajanya ikut turun langsung, bukannya ngirim jenderal aja ke sana

Jadi hilang kan, mana masih muda
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mantap bener trit dari bung mengeja.
emoticon-Cool

btw saya blasteran Timor-Garut, di Timor sana kebanyakan pake bahasa Portugis karena Portugis tersingkir dari utara dan tertahan di Timor.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bukhorigan
perebutan wilayah / teritori kekuasaan sudah dari dulu ya.. sampai kapan berulang terus menerus spt itu ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 7 lainnya memberi reputasi
keserakahan manusia akan kekuasaan membuat kesusahan tersendiri, bersyukur kurang penting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 7 lainnya memberi reputasi
portugis portugal?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
saat itu intinya kuasai dulu
untungnya masih gede
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 7 lainnya memberi reputasi
Trit sejarah eropa..ane suka sih kadang
Yang ane inget konon Ferdinand de Magelhaens adalah pelaut pertama yang berhasil mengarungi keliling bumi melalui lautan (barat ke timur)

Kalo Tanjung harapan yang ane inget ceritanya karena ombak di ujunh selatan afrika tersebut luar biasa ganas..jarang ada kapal pelaut yang selamat katanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
siaaap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 4 lainnya memberi reputasi
Awal mula penjajahanemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 4 lainnya memberi reputasi
dan terjadi lagi. HT yang sepi emoticon-Malu (S)
_______________________

MENERIMA TAKJIL CENDOL NYA GAN
BUAT BUKA PUASA SEGER NIH
emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anissanuryantri dan 9 lainnya memberi reputasi
ini baru namanya dunia milik berdua emoticon-Leh Uga


pejuan HT closed emoticon-Cool
pecundang silakan di page sebaliknya emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
htx dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 123qwerty123
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di