- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Setengah Abad Kramat Djati: Setia Melayani Masyarakat Sumatera,Jawa,dan Bali


TS
si.matamalaikat
Setengah Abad Kramat Djati: Setia Melayani Masyarakat Sumatera,Jawa,dan Bali
Kramat Djati,ketika TS mendengar namanya,ane malah teringat dengan nama daerah di Jakarta Timur gan sist.Siapa sangka namanya dijadikan nama sebuah PO bus,dan sukses bertahan sampai sekarang.Mari kita simak sejarah panjang bus yang akrab disapa dengan nama mbak KD ini 

Sumber
Kantor pusat perusahaan bus ini justru berada di Jalan Ambon, Bandung, Jawa Barat.(padahal ane kira ini bus asli Jakarta
) Meski begitu, Kramat Djati memang memiliki pool bus di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati.Kramat Djati sebelumnya dikenal sebagai Sumber Djaja,yakni perusahaan transportasi yang bergerak dalam bidang angkutan dan ternak.
Kramat Djati berdiri tahun 1968,didirikan oleh Bapak Arief Budiman dengan membuka satu jurusan yaitu Bandung-Jakarta.Pada tahun 1975 menambah trayek yaitu jurusan Bandung–Merak.Kramat Djati semakin berkembang gan sist,tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru.Dengan adanya bus malam cepat yang menjangkau 3 provinsi,yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.Kemudian melebarkan sayapnya menuju pulau Dewata dengan trayek Bandung – Bali dibuka pada tahun 1990.

KD Old by Rahayu Santosa
Sumber
Tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas,menjadi PT Kramat Djati Asri Sejati.Setelah itu Kramat Djati juga sukses menembus pasar Sumatera dengan tujuan Lampung,Palembang,Pekanbaru dan Bengkulu pada tahun 1996. Kemudian tahun 2000 memperluas pasar jauh ke timur,dengan membuka jurusan Bandung – Mataram.(sekarang sudah off trayeknya gan sist)
Selain itu KD juga membuka trayek dari Jakarta ke daerah Jawa Barat.Seperti trayek Jakarta-Bogor dan Jakarta-Subang.Didaerah Jatim dan Jateng,KD juga dibilang cukup sukses gan sist.Melayani beberapa trayek seperti:Jakarta-Malang (via Surabaya dan via pantura Tuban),Jakarta/Bandung-Ponorogo,Bandung-Bojonegoro.
Trayek lintas pulau yang masih aktif:Jakarta/Bandung-Lampung,Yogyakarta-Palembang,Jakarta/Bandung-Palembang,Jakarta/Bandung-Bali.FYI KD Jakarta dan Bandung memiliki trayek yang sama,tapi dibawah manajemen yang berbeda.

Sumber
Sukses Kramat Djati dibidang bus AKAP juga membuat mereka merambah bisnis bus pariwisata,dengan label Pakar Wisata.FYI gan sist tahun 2015 Kramat Djati juga menjadi mitra penyedia bus di Universitas Indonesia
Beberapa kelas yang dilayani saat ini yaitu Ekonomi AC dan Eksekutif AC.
Pada awalnya KD memakai mesin tipe Mercedes Benz(lupa tipe berapa),Scania dan MAN,tapi seiring berjalannya waktu,mereka mengganti armada busnya menggunakan pabrikan asal Jepang yaitu Hino.Chassis Mercy dan MAN mereka malah banyak dipakai untuk trayek jarak menengah seperti Jakarta-Bogor dan Jakarta-Subang.

Mesin MAN yang langka milik KD

Mercy milik KD gan sist,body Banteng by GMM
Salah satu body bus paling kokoh.

Scania K114 milik KD gan sist,dibuat bus pariwisata dikelas platinum class.
Sumber
Mungkin faktor perawatan mesin dan harga jual yang membuat KD beralih ke Hino,rata-rata trayek AKAP mereka menggunakan bus bermesin Hino.Untuk urusan body bus,mereka sangat updet mengikuti perkembangan zaman.
Mereka juga memakai berbagai jenis body bus,seperti Scorpion King by Tentrem,Legacy by Laksana,Jetliner by Rahayu Santosa,body Banteng by GMM dan Jetbus by Adiputro.Kebanyakan body bus mereka sekarang menggunakan body paling laris,yaitu Jetbus
Berikut beberapa foto KD dari beberapa body mereka.

Scor King by Tentrem dengan mesin Hino

Jetbus by Adiputro

Marcopolo by Adiputro.

Saat ini body KD didominasi body Jetbus 3 ini gan sist
Pada awalnya livery KD identik dengan warna putih dan gambar tiga siluet roda pada bodynya gan sist,kemudian seiring berjalannya waktu.Warna putih ditambahkan warna strip merah dan kuning keemasan (KD Jakarta),strip merah dan abu-abu (KD Bandung) bertahan sampai sekarang.Cukup bagus perpaduan warnanya,tapi warna putih tetap dipertahankan sebagai ciri khas KD.
Divisi parwisnya juga berlivery putih dan kini mulai berubah menjadi warna strip hijau dan kuning keemasan.Untuk makna siluet roda tersebut adalah lambang dari tiga bersaudara pemilik PO ini yaitu:
1.Nining Kartini,membawahi Kramat Djati Jakarta yang berpusat di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta.
2.Agus Budiman,membawahi Kramat Djati Bandung dan Pakar Utama Pariwisata yang berpusat di Bandung.
3.Munadjad Budiman, membawahi Kramat Djati grup BJM divisi Pariwisata yang juga berpusat di Bandung.

Logo khas KD

Bus Pariwisatanya gan sist

KD Bandung dengan strip abu-abu

KD Jakarta dengan strip kuning keemasan
Sumber
Walaupun sekarang sudah jarang menggunakan chassis dan mesin premium,tapi KD terus berinovasi dengan body dan mesin baru.Buktinya mereka tetap menjadi pilihan utama masyarakat sampai sekarang,beberapa waktu lalu KD bersama Harapan Jaya dan Sinar Jaya mendapat penghargaan dari pabrikan Hino.Karena sanggup menempuh seribu kilometer tanpa overhaul,bukti KD sanggup menjaga dan merawat armadanya gan sist
Sekian dulu ulasan busnya,ane undur diri dulu.


Sumber
Kantor pusat perusahaan bus ini justru berada di Jalan Ambon, Bandung, Jawa Barat.(padahal ane kira ini bus asli Jakarta

Kramat Djati berdiri tahun 1968,didirikan oleh Bapak Arief Budiman dengan membuka satu jurusan yaitu Bandung-Jakarta.Pada tahun 1975 menambah trayek yaitu jurusan Bandung–Merak.Kramat Djati semakin berkembang gan sist,tahun 1986 Kramat Djati membuka layanan baru.Dengan adanya bus malam cepat yang menjangkau 3 provinsi,yakni Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.Kemudian melebarkan sayapnya menuju pulau Dewata dengan trayek Bandung – Bali dibuka pada tahun 1990.

KD Old by Rahayu Santosa

Sumber
Tahun 1995 Kramat Djati melakukan perubahan bentuk perusahaan menjadi perseroan terbatas,menjadi PT Kramat Djati Asri Sejati.Setelah itu Kramat Djati juga sukses menembus pasar Sumatera dengan tujuan Lampung,Palembang,Pekanbaru dan Bengkulu pada tahun 1996. Kemudian tahun 2000 memperluas pasar jauh ke timur,dengan membuka jurusan Bandung – Mataram.(sekarang sudah off trayeknya gan sist)
Selain itu KD juga membuka trayek dari Jakarta ke daerah Jawa Barat.Seperti trayek Jakarta-Bogor dan Jakarta-Subang.Didaerah Jatim dan Jateng,KD juga dibilang cukup sukses gan sist.Melayani beberapa trayek seperti:Jakarta-Malang (via Surabaya dan via pantura Tuban),Jakarta/Bandung-Ponorogo,Bandung-Bojonegoro.
Trayek lintas pulau yang masih aktif:Jakarta/Bandung-Lampung,Yogyakarta-Palembang,Jakarta/Bandung-Palembang,Jakarta/Bandung-Bali.FYI KD Jakarta dan Bandung memiliki trayek yang sama,tapi dibawah manajemen yang berbeda.

Sumber
Sukses Kramat Djati dibidang bus AKAP juga membuat mereka merambah bisnis bus pariwisata,dengan label Pakar Wisata.FYI gan sist tahun 2015 Kramat Djati juga menjadi mitra penyedia bus di Universitas Indonesia

Beberapa kelas yang dilayani saat ini yaitu Ekonomi AC dan Eksekutif AC.
Pada awalnya KD memakai mesin tipe Mercedes Benz(lupa tipe berapa),Scania dan MAN,tapi seiring berjalannya waktu,mereka mengganti armada busnya menggunakan pabrikan asal Jepang yaitu Hino.Chassis Mercy dan MAN mereka malah banyak dipakai untuk trayek jarak menengah seperti Jakarta-Bogor dan Jakarta-Subang.

Mesin MAN yang langka milik KD


Mercy milik KD gan sist,body Banteng by GMM

Salah satu body bus paling kokoh.

Scania K114 milik KD gan sist,dibuat bus pariwisata dikelas platinum class.
Sumber
Mungkin faktor perawatan mesin dan harga jual yang membuat KD beralih ke Hino,rata-rata trayek AKAP mereka menggunakan bus bermesin Hino.Untuk urusan body bus,mereka sangat updet mengikuti perkembangan zaman.
Mereka juga memakai berbagai jenis body bus,seperti Scorpion King by Tentrem,Legacy by Laksana,Jetliner by Rahayu Santosa,body Banteng by GMM dan Jetbus by Adiputro.Kebanyakan body bus mereka sekarang menggunakan body paling laris,yaitu Jetbus

Berikut beberapa foto KD dari beberapa body mereka.

Scor King by Tentrem dengan mesin Hino


Jetbus by Adiputro

Marcopolo by Adiputro.

Saat ini body KD didominasi body Jetbus 3 ini gan sist
Pada awalnya livery KD identik dengan warna putih dan gambar tiga siluet roda pada bodynya gan sist,kemudian seiring berjalannya waktu.Warna putih ditambahkan warna strip merah dan kuning keemasan (KD Jakarta),strip merah dan abu-abu (KD Bandung) bertahan sampai sekarang.Cukup bagus perpaduan warnanya,tapi warna putih tetap dipertahankan sebagai ciri khas KD.
Divisi parwisnya juga berlivery putih dan kini mulai berubah menjadi warna strip hijau dan kuning keemasan.Untuk makna siluet roda tersebut adalah lambang dari tiga bersaudara pemilik PO ini yaitu:
1.Nining Kartini,membawahi Kramat Djati Jakarta yang berpusat di Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta.
2.Agus Budiman,membawahi Kramat Djati Bandung dan Pakar Utama Pariwisata yang berpusat di Bandung.
3.Munadjad Budiman, membawahi Kramat Djati grup BJM divisi Pariwisata yang juga berpusat di Bandung.

Logo khas KD


Bus Pariwisatanya gan sist

KD Bandung dengan strip abu-abu

KD Jakarta dengan strip kuning keemasan
Sumber
Walaupun sekarang sudah jarang menggunakan chassis dan mesin premium,tapi KD terus berinovasi dengan body dan mesin baru.Buktinya mereka tetap menjadi pilihan utama masyarakat sampai sekarang,beberapa waktu lalu KD bersama Harapan Jaya dan Sinar Jaya mendapat penghargaan dari pabrikan Hino.Karena sanggup menempuh seribu kilometer tanpa overhaul,bukti KD sanggup menjaga dan merawat armadanya gan sist

Sekian dulu ulasan busnya,ane undur diri dulu.
Sumber: opini dan pemikiran pribadi
Referensi: 1,2,3
Foto: google image,bloger bismania
Diubah oleh si.matamalaikat 27-04-2020 05:29






onik dan 169 lainnya memberi reputasi
170
8.7K
146


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan