CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Benarkah Faktor Ekonomi yang Menjadi Penyebab Angka Perceraian Tertinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea5c10dfacb9524d64b3c58/benarkah-faktor-ekonomi-yang-menjadi-penyebab-angka-perceraian-tertinggi

Benarkah Faktor Ekonomi yang Menjadi Penyebab Angka Perceraian Tertinggi

Assalamualaikum wrwb, GanSis.
Semoga kalian selalu berada dalam keadaan sehat wal alfiat, ya!

Benarkah Faktor Ekonomi yang Menjadi Penyebab Angka Perceraian Tertinggi
Sumber : Pinterest

Setiap orang yang menikah pasti menginginkan pernikahannya awet sampai maut memisahkan. Namun, jika takdir berkata lain dan terjadilah yang namanya perceraian, ya mau bagaimana lagi? Toh, kita tidak pernah tahu akan takdir setiap orang. Ingat, yang terbaik untuk kita, bisa jadi buruk menurut Allah SWT.

Perceraian memang hal yang sangat dibenci oleh Allah SWT, tapi tetap diperbolehkan, kok. Selagi tidak ada pilihan lain. Toh, dzolim terhadap diri sendiri juga dibenci Sang Maha.

Nah, menurut GanSis benarkah penyebab perceraian tertinggi itu dipicu oleh masalah ekonomi?

Benarkah Faktor Ekonomi yang Menjadi Penyebab Angka Perceraian Tertinggi
Sumber : Twitter.com

Ciutan dari Twitter ini, salah satu bentuk contoh masalah ekonomi adalah penyebab perceraian seseorang. Hal ini menepis anggapan bahwa, faktor ekonomi ini tidak hanya menimpa kalangan ekonomi bawah saja. Namun, kalangan orang berpenghasilan besar pun tak luput diterpanya.

Di kampung ane, perceraian pun meningkat drastis sejak dilakukannya social distancing. Pertanyaannya kok bisa? Ya, bisalah Gan. Dengan dilarangnya orang berjualan, dirumahkannya karyawan secara besar-besaran, dibatasinya orang untuk keluar rumah, otomatis pasangan suami istri lebih sering bertengkar karena finansial. Jika kebutuhan pakaian atau yang lainnya bisa ditunda, berbeda untuk masalah perut dan kesehatan. Orang seringkali emosi dengan kedua hal tersebut.

Pada tahun 2018 saja masalah ekonomi menempati urutan pertama, penyebab terjadinya perceraian. Setelahnya baru perselingkuhan, dan KDRT. Apalagi di jaman ekonomi semakin sulit seperti ini, Gan?

Kembali ane ambil salah satu contoh. Jadi seminggu yang lalu tetangga kampung ane ada yang meninggal gantung diri, Gan. Pria yang biasa berprofesi sebagai penjual sate keliling ini, sebelumnya cekcok dengan sang istri. Sang istri merasa uang untuk kebutuhan sehari-hari kurang. Ya, namanya juga sekarang masih masa polemik Gan. Otomatis sate tidak laku seperti biasa. Orang lebih banyak yang berhemat, bahkan tidak ada uang untuk jajan.

Akhirnya pria tersebut lebih memilih gantung diri, daripada bercerai dengan sang istri Gan.emoticon-Mewek

Itu terjadi pada orang yang masih berusaha, apalagi yang mempunyai suami pemalas alias jarang ngasih nafkah, Gan. Belum lagi pasangan yang hobi ngutang, lagi-lagi persoalan ekonomi.

Jadi, ane sepakat masalah ekonomilah penyebab tingginya angka perceraian. Maka, menurut ane di sini pasangan dituntut untuk saling kerja sama, pengertian, dan meningkatkan iman juga agar tidak gegabah mengambil jalan perpisahan sebagai jalan terakhir.

Sumber : Dokumen Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marvina11 dan 165 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Yunie87
Halaman 1 dari 10
ekonomi oh ekonomi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 16 lainnya memberi reputasi
tak bisa ditampik kita hidup emang butuh uang, Gan. walau tak selalu uang buat orang bahagia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Masalah paling sensitif eh. Tapi ya gak serta merta satu faktor itu aja, mesti ada hal lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kurangnya keharmonisan sih.. hubungan dan komunikasi, keterbukaan.. yaa beberapa faktornya sih itu gan.. gimana menurut agan aganemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secretos dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
iyaaa ekonomi mmg penting bgt...tp kalo udah lihat suami udah usaha cari nafkah masa kita sbg istri ga menghargai sih...kalo bs kita malah bantu2 lah cr nafkah jg...
beda hal kalo si suami males cr nafkah dan ngandelin istri jd tulang punggung, itu mah ngapain dipertahanin...emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secretos dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bukankah kalo cerai karna permasalahan ekonomi malah jadi "permasalahan berantai"? timbul masalah lagi, dan lagi

habis cerai, suami atau istri gk ada, mau numpu keuangan ke siapa?
dalam hal ini malah salah satu pihak diuntungkan, misal suami sebagai penumpu keuangan, setelah cerai, suami fine2 aja, mantan istri kelabakan

ah sudahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penyebab utama terjadinya perceraian adalah karena adanya perkimpoian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kinclong007 dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bener gan. Duit emang sumber 50% masalah hidup...Apalagi buat urusan rumah tangga...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 16 lainnya memberi reputasi
Jadi, ane sepakat masalah ekonomilah penyebab tingginya angka perceraian. Maka, menurut ane di sini pasangan dituntut untuk saling kerja sama, pengertian, dan meningkatkan iman juga agar tidak gegabah mengambil jalan perpisahan sebagai jalan terakhir.

Bener banget gan! Harus melek kondisi! Rasional! Lah enak yang kerja cuman tilep2 sana sini kanan kiri, harga segini ngakunya segini cacad nurani! emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 18 lainnya memberi reputasi
ga bisa dipungkiri ekonomi emg punya faktor penting dlm keharmonisan keluarga. Kalo ekonomi baik at least fikiran lebih enteng. Tp ga 100% jaminan yg ekonomi bagus nikahannya bahagia krn ga sedikit pasangan mapan yg ga bahagia dg pernikahan, ujung2nya selingkuh dan cerai. tp ada jg yg ekonomi pas2an bahkan menengah ke bawah harmonis2 aja macam suami istri pemulung yg sering ane liat. Tiap pagi mereka keluar rumah buat kerja. Kalo ane liat mereka hepi sih. Mungkin balik lg ke arti "cukup" buat masing2 pribadi yaa.. duit bnyk tp ga perhatian ato ga setia ke pasangan ya sm aja boong.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 21 lainnya memberi reputasi
Penyebab perceraian adalah 3 Mi...

1. Ekonomi
2. Seks Mi
3. Xioami ( Komunikasi mi )

Ketiga faktor tersebut dapat menjadi triger untuk perselingkuhan yg saya jadikan faktor ke 4.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh orgasmax
Lihat 2 balasan
Mungkin lebih ke penerimaan thd situasi ekonomi..bukan pada pendapatannya.
Buktinya banyak pasangan dikategorikan kurang mampu bisa awet sampai tua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 16 lainnya memberi reputasi
Quote:


Faktor lain pasti ada. Tapi seringnya ya, faktor ekonomi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 15 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul, Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 16 lainnya memberi reputasi
Quote:

Iya, betul

Quote:


Iyakah?🤔🤔🤔
Kalau sharing dari orang yang bercerai, nggak selalu pria yang diuntungkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jadi gimana nih gan? cinta aja apakah bisa? harus gimana nih idealnya??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Cinta aja nggak cukup, Gan! Toh, cinta nggak bikin perut kenyangemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

Hmmm🤔

Quote:

Iya, Gan. Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang.

Quote:

Iya, Gan. Moga agan nggak seperti itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:

Iya, Gan. Orang yang ekonomi baik pun juga tetap rumah tangganya nggak harmonis, karena selalu merasa kurang.

Quote:

Betul, Gan.

Quote:

Iya, pengertian. Tapi kalau sampai nggak makan, emosi bisa meledak-ledak juga, Gan. Secara orang lapar itu pemarah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 14 lainnya memberi reputasi
Ane klo ekonomi lgi kurang baik disemangati istri, namun jika sedang berlebih dicurigai istri. Katanya khawatir disalahgunakan 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rykenpb dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di