CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lakukanlah, Meski Sebesar Biji Sawi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ea0867ac342bb0f7249c7cc/lakukanlah-meski-sebesar-biji-sawi

Lakukanlah, Meski Sebesar Biji Sawi

Lakukanlah, Meski Sebesar Biji Sawi

Kebaikan Kecil Berdampak Besar

Assalamualaikum, Gansis. Jumpa lagi dengan ane, si Emak Ketjeh tea. (Tetep ketjeh)😎
Kali ini Ane akan ceritakan bagaimana cara ane menebar kebaikan. Tetapi bukan riya atau sombong, hanya sekedar berbagi untuk memotivasi diri dan orang lain untuk berbuat baik. Itu aja.



Namanya kebaikan, ibarat kita menanam tanaman. Dari sebutir biji atau tunas bisa tumbuh dan berkembang. Suatu saat akan kita petik hasilnya. Akan tetapi, haruskah kita menunggu dan berharap dari hasil panen tanaman itu? Jangan! Biarkan saja ia tumbuh dengan sendirinya. Seperti kita lupa telah melempar biji jambu biji di halaman rumah. Biji itu tumbuh hingga menjadi pohon lalu berbuah. Setelah itu, bukan hanya kita yang bisa memetiknya, tetapi tetangga bahkan orang lewat saja bisa ikut menikmati buahnya. Selain itu, pohonnya merindangi halaman hingga menyejukkan, dan anak-anak gembira bermain di bawahnya, juga memanjatnya.

Quote:


Belajar dari situ, aku berpikiran bahwa kebaikan tak harus berupa tindakan besar atau berupa materi yang banyak. Cukup semampu kita, dan cukup di dekat sekitar kita.

Apalagi di situasi seperti saat ini, di tengah penghuni dunia serba kesulitan dengan mewabahnya virus Corona yang menjadi penyebabnya. Tak perlu menunggu punya harta lebih, tak perlu menunda hingga mampu. Apalagi di bulan penuh kemuliaan Ramadhan. Semua pasti ingin berlomba-lomba berbuat kebaikan.

Lakukanlah, Meski Sebesar Biji Sawi

Tak banyak yang kulakukan untuk sebuah kebaikan. Aku hanya perlu melirik ke kiri dan ke kanan saja. Tak usah jauh-jauh. Aku memikirkan bagaimana nasib tetanggaku yang kesehariannya hanya sebagai tukang parkir toko swalayan kecil. Saat ini, toko sepi pengunjung, otomatis penghasilannya berkurang. Sedangkan ia harus memberi makan istri dan anaknya. Di sebelah kanan rumahku, seorang janda beranak dua penjual gorengan. Ia terpaksa berhenti berjualan karena sepi pembeli dan modal yang terus terkuras. Aku bersyukur masih bisa makan dengan cukup walaupun sederhana. Suamiku masih tetap bekerja meski entah bagaimana nasibnya nanti. Semoga saja Allah SWT tetap memberi rejeki kepada kami.

Untuk itu, aku berinisiatif. Sesekali ketika aku dan keluargaku makan (tidak setiap hari), kami sisihkan porsi untuk mereka. Tentunya dengan menambah takaran memasak. Apa yang kami makan, mereka mendapatkan bagian yang sama. Meski tak mampu memberi banyak untuk sehari-harinya, minimal membantu jika mereka kekurangan. Cukup seporsi-dua porsi, sesuai kemampuanku. Jika ada rejeki lebih, akupun memasak melebihi biasanya. Misalnya di hari Jum'at kemarin, aku bisa menyiapkan 10 porsi untuk mereka. Sekali lagi hanya dengan nasi dan lauk alakadarnya. Karena kita tak tahu dengan sepiring nasi yang diterima mereka, mungkin akan sangat menolong. Siapa tahu mereka sedang kelaparan. Namun mereka senang menerimanya. Tak henti mulutnya mengucap syukur dan mendo'akan. Melihat senyumnya serta matanya yang berkaca-kaca namun sedikit berbinar, itu yang membuatku bahagia.

Lakukanlah, Meski Sebesar Biji Sawi

Di bulan Ramadhan ini, semoga aku bisa membantu menyediakan hidangan untuk berbuka juga sahur, supaya mereka tetap khusuk menjalankan ibadah dan ikhtiarnya.

Jadi, tak perlu jauh-jauh dan berlama-lama berpikir untuk berbuat baik. Sekecil apapun itu, akan kembali kepada diri sendiri. Entah itu di dunia, saat ini atau nanti, bisa juga di akhirat kelak. Yang terpenting kita ikhlas. Maka berbuatlah, meski hanya sebesar biji sawi. Dan segerakanlah!

"Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu." ( Q.S Al- Baqarah : 148 )


Demikian kisah sepenggal si fakir yang ingin berbuat baik. Meski tak seujung kuku besarnya.
Tak lupa ane ucapin "Marhaban Ya Ramadhan". Semoga kita tetap sehat untuk beribadah dan berikhtiar. Aamiin


Sumber : Opini pribadi
Gambar : dokumen pribadi


Spoiler for SS Cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rens09 dan 116 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rinafryanie
pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan 5 lainnya memberi reputasi
fastabiqul khairat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 6 lainnya memberi reputasi
tak usah menunggu kaya untuk berbagi.
berbagi dengan sesaa tak akan membuatmu miskin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eMHidayats dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tapi hati ini gak bisa dibagi emoticon-Mewek
eh maap maklum tengah malem laper..

betul breh, apalagi di saat seperti ini dituntut untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan sigap memberi bagi yang membutuhkan emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bener sih, mau gimanapun keadaannya, berbuat baik emang perlu
gak diukur dari besar kecilnya kebaikan yang diberi,
emoticon-Jempol emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ayamnya menggugah seleraaa...
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Betul, Sis. Tidak ada kebaikan yang sia-sia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Yup bener. Fastabiqul Khairat
Jangan ragu bersedekah emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Siap laksanakan komandan
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wow indah mbk kebaikannya berbagi.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semoga kita masih tetap bisa berbagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Oke siib, Sami-sami, Sis emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 3 lainnya memberi reputasi
semog kita senantiasa diberikan hati yang luas untuk saling berbagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
baru aja sahur udh ngeliat kek ginian haelah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Semangat untuk selalu berbagi sesuai kemampuan yang kita bisa, Sis.
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan rinafryanie memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ayo tanamkan kebaikan pada anak2 kita sedari dini. dibiasakan dari kecil akan berbuah kebaikan pula di masa yg akan datang.
yuk gansis, sundulin lagi dengan fastabiqul khairat biar ibadah puasanya lebih mantap
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Berlomba-lomba dalam kebaikan. Mantab.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di