CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e9fe3e088b3cb696753c44d/bagiku-berbuat-baik-itu-belanja-di-warung-tetangga-sebelah-kalau-kamu

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...
ilustrasi

Warung Kelontong

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...

Berbuat baik tidak melulu dengan bagi-bagi, namun indahnya berbagi juga kunci untuk membuka pintu rejeki

Assalamualaikum wr. wb.
Hai, Gansist! Apa kabarnya? Ketemu lagi dengan tulisan ane yang kebanyakan lebay.

Sudah berbuat baik apa di hari ini? Berbuat baik. Sebenarnya definisi berbuat baik itu yang bagaimana, sih, tentunya menurut pandangan Gansist semua. Yuk, diskusi di komentar!

Berbuat baik menurut TS yaitu tindakan atau aksi yang positif yang dapat memberikan pengaruh tentunya yang positif pula bagi orang-orang/makhluk di sekitar TS. Begitu menurut versi ane, mungkin Gansis ada yang mau menambahkan!

Namun terkadang berbuat baik pun masih sering dianggap salah lho, Gansis. Maka dari itu jika Gansis ingin berbuat baik harus memperhatikan situasi dan kondisi. Atau harus tepat tindakannya, maunya pingin nulung e, malah kepenthung. Pasti sakitnya berlipat ganda.

Berbuat baik tidak harus dengan tindakan besar. Bisa dimulai dengan hal-hal yang kecil. Membiasakan membuang sampah pada tempat, misal membuang tisu atau bungkus permen.

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...

'Ngoceh terus TS dari tadi, emang pernah berbuat baik apa bagi dunia dan seisinya?'

Hehehe. Baiklah TS akan menjawab apa yang ente tanyakan. Tetapi please, jangan dibilang riya' entar ane nggak dapat pahala. Berbuat baik yang pertama sudah disebut di atas, tentang membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Untuk yang kedua, berbuat baik meskipun sepele tetapi memberikan pengaruh yang gede. TS selalu berusaha untuk belanja di warung tetangga, warung sebelah rumah. Kenapa bisa dibilang berbuat baik? Aneh kan, TS?

Dengan selalu belanja di tetangga sebelah, secara tidak langsung kita telah memberikan penghidupan kepadanya. Jika dagangan laku, tetangga kita tersebut mampu mencukupi kebutuhan hidup, bisa membiayai anaknya untuk bersekolah, untuk makan, dll.

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...

Meskipun harga barang di warung biasanya lebih mahal dibandingkan di supermarket. Apalah artinya selisih 500 perak, menurut ane tidak masalah. Salah satu bentuk perbuatan baik yang ringan tetapi imbasnya luar biasa.
Betul, kan? Yuk, Gansis mulai saat ini, marilah membiasakan diri untuk belanja di warung tetangga sebelah.

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...

Masih boleh berbagi pengalaman? Ini kejadian belum lama. Minggu pagi menjelang siang rumah tetangga sebelah lagi sepi. Pergi. Mungkin ke pasar. Langit mendung tipis, meskipun ada sinar matahari tiba-tiba hujan gerimis (hujan tokek). Karena ane tahu sebelah rumah pada pergi, aku mengangkatkan jemurannya lalu ane taruh di teras supaya aman dari guyuran hujan.

Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ...
gambar: dokpri

Setelah agak sorean tetangga sebelah datang dan mengucapkan terima kasih karena telah repot-repot mau mengangkat jemurannya. 'Untung, Mas Dalle di rumah. Makasih, ya, Mas telah diangkatin jemurannya.' Lalu ane dikasih sepiring sayur lodeh. Sayur favorit ane, alhamdulillah. Kalau sudah rejeki, takkan lari.

Begitulah, perbuatan baik sekecil apapun akan mendapatkan imbas yang baik pula. Seperti pepatah jawa yang mengatakan Gusti Allah boten sare (Gusti Allah tidak tidur). Amal baik sekecil apapun tak luput dari catatan-Nya dan tentunya akan dibalas dengan pahala.

Demikian tread dari ane, semoga bermanfaat. Wassalam.
Note: sumber tulisan opini pribadi
dan ilustrasi dokumen pribadi.

Spoiler for screenshot cendol:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rens09 dan 80 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dalledalminto
pageone
profile-picture
profile-picture
prada567 dan Cahayahalimah memberi reputasi
waduh huenak sayuran nya tuh wkkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sip gan
jaman sekarang warung kecil sering kalah sama minimarket
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Emak ane juga sering belanja diwarung depan rumah, tapi bukan mau berbuat baik, karena males aja kalo ke warung yang jauh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
setuju gan, memang kita bisa berbagi rezeki dengan berbagai macam cara..#contohnya ky agan.

Ga punya materi, bantu tenaga
Ga cukup tenaga, bantu Doa buat siapa aja jangan cuma buat diri sendiri & keluarga...kali aja yee kaan pas doa kita yg di ijabah.

#Berbuat baik ga pernah ada rugi nya
#Biar hidup lebih bermakna
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berbuat baik janganlah ditunda2emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Memang berbuat baik harus dari tetangga dekat, tetangga saya malah nyebelin, jemur baju tanpa pengering, di atas tingkat pun, mengambil alih jalanan umum, air menetesi setiap orang lewat, bukan hanya pakaian, burung pun ikut menumpahkan air minumnyaemoticon-Teparemoticon-Hammer2

Quote:


Yummy ya Del

Quote:


Hehe coment yang tak usang di belahan platformemoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tapi ada kadang harga diwarung lebih miring ketimbang yang disupermarket, karna disupermarket kan kena pajak, ane kalau beli apa-apa belinya diucok kadang lebih murah sih
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Yeyeye Om Dalle baik banget. Jadi ingat jemuranku zaman kost yang pernah kehujanan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
"Bagiku Berbuat Baik Itu Belanja di Warung Tetangga Sebelah, Kalau Kamu ..."
dilarang cashbon ya gan...emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan prada567 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Cape deeehhcd waduiuh, nggak lolos event. kudu piye, akuuuh??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
setuju, membantu perekonomian tetangga dan meningkatkan kepercayaan diri juga... keren ka
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ini tetap semangat

Quote:


Iya akak mmbantu perekonomian tetangga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di