CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e9f277268cc950d910ad051/cocramadhan-pempek-dos-versi-irit-menikmati-pempek

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek


[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Pempek irit di tengah covid

Alhamdulillah kita masih dipertemukan kembali dengan Ramadhan bulan yang suci. Bulan Ramadhan identik dengan kegiatan berbuka puasa dengan panganan yang tentunya menggugah selera. Apa saja nih biasanya panganan berbuka yang wajib tersaji selama agan sista berbuka?

Kali ini ane coba membagi resep kudapan khas Palembang dengan versi pengiritan.emoticon-Betty

Pempek Dos, yakni varian pempek yang dibuat tanpa menggunakan ikan. Karena harga ikan tenggiri cukup mahal dan agak sulit mencarinya, tapi gimana dong kalau kita tetap ingin menikmati pempek? Solusinya ya Pempek Dos ini.
Kuys, disimak resepnya ya gansist.

Pempek Dos:

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek


Bahan Pempek

1 gelas tepung terigu (150 gr)
1 sdt garam
3 sdt kaldu
1/4 sdt merica bubuk
7 siung bawang putih, haluskan
1 gelas air
2 butir telur
2 gelas tepung tapioka (300 gr)
1 sdt tepung tapioka untuk melumuri tangan dan mencampur minyak goreng

Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu, air, bumbu halus, garam, kaldu bubuk, merica di dalam panci.
2. Aduk rata adonan hingga semua bahan larut.
3. Jerang diatas api kecil sambil terus diaduk hingga adonan menggumpal
4. Angkat panci, hilangkan uap panas lalu berikan telur. Aduk rata.
5. Masukan tepung tapioca sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga rata.
6. Uleni adonan hingga adonan kalis. Adonan jangan diulen terlalu keras karena akan menjadi keras.

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Adonan pempek dos

7. Lumuri tangan dengan sedikit tepung tapioka lalu bentuk adonan menjadi pempek. Untuk pempek kapal selam, beri kocokan telur di tengah adonannya. Cara ada pada gambar.

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Cara membuat mangkok untuk menampung telur

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Calon pempek kapal selam.

8. Rebus pempek hingga matang.

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Pempek yang siap direbus

9. Pempek siap untuk digoreng.

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek
Pempek siap goreng


Cuko Pempek
Bahan:
1. 7 buah cabai merah. Bila ingin lebih pedas dapat menggunakan cabai rawit merah
2. 7 siung bawang putih
3. Garam 1/2 sdt
4. 1 gelas air (250 ml)
5. 250 gr gula merah
6. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan sedikit air
7. 3 sdm gula pasir

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Bumbu cuko sederhana.

Cara membuat:
1. Blender cabai, bawang, garam, dan air asam jawa hingga halus
2. Tuang ke dalam panci dan berikan 1 gelas air.
3. Masak larutan hingga mendidih
4. Tambahkan gula pasir bila dirasa kurang manis.
5. Koreksi rasa
6. Saring larutan cuko.
7. Cuko siap dihidangkan

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Cukonya tidak hitam karena gula merahnya ane pakai gula merah biasa bukan yang hitam.

Ane tidak memakai ebi pada cukonya, yah namanya juga versi irit. emoticon-Ngakak

Bila gansist kurang jelas bagaimana cara pembuatannya, agan sista bisa melihat video tutorial di bawah ini.

[COC_Ramadhan] Pempek Dos, Versi Irit Menikmati Pempek

Perhatian untuk agan sista ya, hidangan ini mungkin lebih cocok dijadikan kudapan lepas Salat Tarawih saja. Karena ane khawatir kandungan asam dan cabai dari cuko pempek dapat mempengaruhi lambung agan sista bila disantap saat berbuka. Kecuali barangkali agan sista memang sudah tahan pedas bolehlah dijajal emoticon-Ngakak


Jangan lupa berbagi kebaikan dengan memberikan cendol pada thread ini dan thread coc Ramadhan yang lain ya. Ane sudah melakukannya 👇

Spoiler for CENDOL DAWET:


Kalau Kamu?

Semoga Allah merahmati Ramadhan kita kali ini. Aamiiin

emoticon-Big Kissemoticon-Angelemoticon-Big Kissemoticon-Angelemoticon-Big Kiss

Sumber resep: youtube
Sumber foto: dokumentasi pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bestakesiangan. dan 86 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hannyharini
Halaman 1 dari 2
jangan lupa cendolnya ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 5 lainnya memberi reputasi
menikmati pempek tanpa perlu mahal beli ikan? ya pempek dos ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
nikmat dan hemat. pempek dos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Mertua biasa bikin pempek maklum org palembang tp lama pindah ke Malang..

Yg ane liat sih selalu pake tepung sagu ga prnh pake tepung terigu..sama kek bikin bakso gitu lah

versi hemat mertua cuma di isian nya sajo.. normal pake telor versi hemat pake isian pepaya muda campur ebi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wiw akhirnyaa ada yg bikin resep pempek murahhh nih, thankyuuu resepnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh blackvelvet23
Lihat 1 balasan
share ke nyonya aah emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Aku juga biasanya buat pempek ini emoticon-Blue Guy Smile (S)
Paling gampang soalnya ga pakai ikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane suka cuko nya pedas asam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah ini bisa dicoba resepnya kayaknya simpel. aku penasaran ama rasa pempek ini 😁 belum pernah makan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane selalu niat buat kek ginian tpi tak pernh kesampaian 🙈🙈🙊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Waaaahh, favorit ane nih. Tapi gak pinter bikinnya. Wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wah, pempek😍😍😍
besok nyoba bikin dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Aku tadi barusan beli yang siap goreng
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Asyik dapat ilmu lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muyasy dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane biasa bikin, tapi gak pake ikan tenggiri. Pake ikan yang ada aja.
profile-picture
hannyharini memberi reputasi
Hm, seger, enak nih, saya juga penggemar pempek...makasih infonya
profile-picture
profile-picture
muyasy dan hannyharini memberi reputasi
kemarin bikin jg, pake resepnya mb mea.
profile-picture
profile-picture
muyasy dan hannyharini memberi reputasi
keliatannya gampang banget cara buatnya
profile-picture
profile-picture
muyasy dan hannyharini memberi reputasi
Wah, Mbaknya asal Palembang toh. Bolehlah kirim ke Sulawesi.emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muyasy dan hannyharini memberi reputasi
Diubah oleh mbakendut
wow mantap ini
profile-picture
profile-picture
muyasy dan hannyharini memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di