CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Organda DKI Sindir Pemerintah Cuma Sibuk Urus Ojol Saat PSBB
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e978a03c9518b55682ab2f0/organda-dki-sindir-pemerintah-cuma-sibuk-urus-ojol-saat-psbb

Organda DKI Sindir Pemerintah Cuma Sibuk Urus Ojol Saat PSBB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan menyoroti kebijakan pemerintah yang dianggap terlalu sibuk mengurusi ojek online (ojol) selama wabah virus corona (Covid-19) dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurut Shafruhan pemerintah saat ini terkesan berat sebelah hingga mengesankan ojol yang paling menderita. Padahal di luar sana, ia mengatakan banyak pengusaha transportasi termasuk pekerjanya luntang-lantung akibat kondisi ini. 


"Cuma pemerintah selalu melihat ojol dan ojol, kalau dilihat gini ya bayangkan jadi kecemburuan sosial dari awak angkutan umum melihat prilaku pejabat di negara ini," kata Shafruhan melalui sambungan telepon, Rabu (15/4).

Pemerintah diketahui telah menerapkan PSBB di Jakarta sejak Jumat 10 April yang salah satu aturannya melarang ojol mengangkut penumpang, kecuali barang.

PSBB Jakarta berada di bawah Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta yang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020.

Kebijakan itu sempat mendapat banyak protes dari pengemudi ojol lantaran mereka merasa pendapatan bakal berkurang karena tidak lagi bisa mengangkut penumpang.

Dua hari setelah PSBB Jakarta dimulai Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan ojol diperbolehkan mengangkut penumpang dengan syarat. Aturan itu tertuang pada Permenhub Nomor 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan kemudian menyatakan ojol tetap tidak boleh mengangkut penumpang. Sedangkan Kemenhub lantas menyatakan kebijakan terkait ojol diserahkan kepada pemerintah daerah.

Atas adegan tarik ulur tersebut Shafruhan bilang seharusnya pemerintah jangan hanya mementingkan nasib ojol melalui berbagai macam upaya. Dia berharap pemerintah juga memikirkan nasib pihak lain di sektor angkutan umum untuk menjalani masa sulit.

"Tapi tunjukkan juga iktikad baik, jangan cuma bicara tentang ojol tapi angkutan umum lain tidak dibicarakan. Tersinggung awak lain. Mereka banyak bertanya, 'Pak pemerintah tau tidak sih kalau kita ini sudah puluhan tahun bantu pemerintah melayani masyarakat?'," kata dia.

"Jadi seperti ada sikap diskriminasi, kami juga repot dengar keluhan itu. Maka kami perlu agar pemerintah lebih care karena kita semua anak bangsa kok."

[table][tr][td]Lihat juga:
Bukan Cuma Ojol, Puluhan Ribu Angkutan 'Nganggur' Efek PSBB[/td]
[/tr]
[/table]

Shafruhan menjelaskan saat ini hanya 10 persen dari 85.900 armada di bawah naungan Organda DKI yang masih beroperasi. Kendaraan itu terdiri dari berbagai sektor transportasi darat mulai angkutan barang, pariwisata, bajaj, mikrolet, taksi konvensional, bus kota, hingga bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pengusaha dikatakan lebih memilih mengandangkan armada karena jumlah penumpang menurun drastis imbas pembatasan aktivitas di luar rumah. Sebelum PSBB pendapatan anggota Organda DKI dikatakan sudah turun 75 sampai 100 persen.

Organda DKI menyebut perusahaan angkutan umum konvensional sudah nyaris bangkrut dan tidak sedikit awak kendaraan yang dirumahkan tanpa kompensasi. 


[url]https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200415115053-384-493703/organda-dki-sindir-pemerintah-cuma-sibuk-urus-ojol-saat-psbb [/url]

semoga diperhatikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junleon dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
turut prihatin.Smg semua bs kembali ke sedia kala
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Ojol itu paling OK buat publikasi. Pegang smartphone semua, berita gampang nyebar
profile-picture
profile-picture
L5201Bx dan chisaa memberi reputasi
iya ane kerja di konsultan pajak, di curhati usaha jasa penyeberangan antar laut, nih usaha sama sekali gak untoucable sama kebijakan covid padahal nih usaha karyawannya seabrek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kan menterinya bos ojol.. Ya wajar dong..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Suara ojol = suara wong cilik
emoticon-Leh Uga
Ojol ini lama lama jadi partai emoticon-Najis

Ketum nya ya itu tuh.. emoticon-DP
400 triliun gmn kabarnya......
Dari presiden memteri gubernur sampai komut pertamina sayang ama ojol. Wajar sih secara pelayanannya sampai depan pintu rumah dan variasi pelayanannya banyak
profile-picture
gigikudua memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ojol lama2 kaya buruh. Bikin serikat emoticon-Big Grin

Demo tiap tanggal cantik
bae2 lu pade gw blgn yg laen dikeroyuk lu padeemoticon-Marah
Baru kedengeran nih organda.

Dulu tiap tahun ribut nentuin tarif angkutan.

Daripada ribut, mending ngurusin tranjakarta. Ancur sendiri kan tuh organda.
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
kecemburuan sosial yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Lah pimpinan nya aja malah ngasih solusi nasi kucing breeeemoticon-Leh Uga
profile-picture
zexis memberi reputasi
Slogannya aja salam satu aspal

Mirip slogan suporter bola emoticon-Takut
semua kena dampaknya, gak cuma ojol
cuma kalo pengusaha punya modal bre, dia bisa bertahan, kalo ojol, supir angkot, dll itu penghasilan harian. Bisa gak makan mereka bre emoticon-Big Grin
gara2 si tirta di tv nasional teriak2 ojol mulu
rakyat miskin yg pertama disebut ojol
rakyat yg perlu bantuan yg pertama disebut ojol lagi
ojol ada diatas angin emoticon-Ngakak
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
paling rame di dunia persosmed an memang ojol gans, coba pekerjaan lain melakukan yang sama, kemungkinan akan diperhatikan juga nantinya. Btw ojol ini hasilnya tidak tentu setiap harinya beda dengan pegawai
Lihat 1 balasan
kentod emang lama2 jadi partai ni ojol emoticon-Leh Uga
Quote:


karma sih kalo boleh bilang

dulu banyak sopir bus metro mini ugal ugalan dibelain abis abisan

dulu bus metromini ama angkot kondisinya memprihatinkan dan disaranin revitalisasi - ngeles terus bahkan berdalih barang udah tua bukan berarti mesti dibuang dan gak boleh dipakai

emoticon-Ngakak (S)

Quote:


dari dulu udah sering disuruh modernisasi / ganti bus metromini dlsb biar agak bagusan aja nggak mau, lah ini disuruh manage transjakarta emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Betutubali memberi reputasi
Gara-gara dikasih hati ojolnya
Tinggal nunggu video viral supir angkot bringas emoticon-Ngacir2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di