jasanovaAvatar border
TS
jasanova
Loyalitas Pelanggan, Aspek yang Harus Dijaga Oleh Semua Perusahaan Layanan Jasa


Dalam bisnis layanan jasa, pelanggan merupakan salah satu aspek paling penting sehingga harus benar-benar dipikirkan bagaimana membangun loyalitas pelanggan tersebut. Meskipun bukan hal yang mudah, tapi dengan menerapkan beberapa cara serta memperhatikan aspek-aspek ini, maka suatu perusahaan layanan jasa akan bisa membangun serta mempertahankan loyalitas pelanggannya. Seperti bisnis reflexology massage yang bergantung sekali dengan loyalitas pelanggan karena akan berpengaruh dengan kualitas layanan.

Memberikan Tarif yang Bersaing dan Transparan
Salah satu faktor penting yang bisa menjaga agar pelanggan tetap loyal adalah tarif yang terjangkau. Saat akan memanggil sebuah layanan jasa, biasanya pelanggan akan membandingkan tarif antara satu layanan dengan layanan yang lain. Meski bukan jadi faktor utama, tapi penawaran harga yang kompetitif bisa jadi alasan pelanggan untuk menjatuhkan pilihan. Selain harga yang kompetitif, pelanggan juga tidak boleh "dibohongi" oleh harga yang tertera di aplikasi, karena itu bisa menimbulkan kekecewaan dan membuat mereka tidak kembali lagi. Jadi, selain memberikan harga yang kompetitif, sebuah layanan juga harus memberikan harga yang transparan dan sesuai dengan yang tertera di aplikasi agar timbul rasa percaya dari pelanggan.

Berani Menjamin Kepuasan Pelanggan dengan Memberi Garansi
Saat sebuah perusahaan percaya bahwa sudah memberikan layanan yang terbaik, maka mereka akan berani memberikan garansi untuk hasil pekerjaan yang diterima pelanggan. Meski hal ini sebenarnya cukup berisiko, tapi dengan janji memberikan garansi hasil pekerjaan maka keyakinan pelanggan untuk memilih suatu jasa akan jadi semakin meningkat. Pelanggan juga tak akan ragu untuk kembali menggunakan layanan tersebut karena mereka tidak perlu lagi khawatir bakal kecewa dengan hasil pekerjaan penyedia layanan.

Menyediakan Vendor yang Terlatih dan Tersertifikasi
Jika sebuah perusahaan layanan jasa bisa menyediakan vendor yang terlatih dan tersertifikasi, maka mereka tak perlu lagi repot memikirkan bagaimana membangun loyalitas pelanggan. Sebab saat vendor yang turun ke lapangan sudah memiliki keahlian yang terlatih, maka akan sangat mudah dalam mendapatkan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, tentu mereka akan menjadi loyal bahkan tak ragu untuk merekomendasikan layanan kepada orang lain. Agar sukses mendapatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan, sangat penting bagi perusahaan untuk menyediakan penyedia jasa atau vendor yang terlatih dan tersertifikasi. Sebelum menurunkan vendor ke lapangan, akan lebih baik jika perusahaan membekali para vendor dengan pelatihan yang didampingi oleh ahli, serta memberikan sertifikasi terpercaya untuk setiap keterampilan vendor. 

Memberikan Kepastian Schedule
Di era yang sangat sibuk seperti sekarang, kebutuhan akan layanan jasa menjadi sangat tinggi. Tak heran, jika banyak perusahaan penyedia jasa yang kekurangan vendor sehingga saat melakukan pemesanan jasa, pelanggan harus menunggu satu vendor selesai melakukan pekerjaan sebelumnya tanpa mendapat kepastian. Ketidakpastian akan kedatangan vendor ini pastinya membuat pelanggan merasa tidak puas, merekapun akan dengan mudah beralih ke penyedia layanan jasa lain. Untuk menghindari hal ini, perusahaan harus memberikan kepastian shcedule serta memastikan ketersediaan vendor. Jika memungkinkan, penyedia layanan jasa juga harus selalu siap untuk bekerja dimanapun dan kapanpun. Misalnya saja, penyedia jasa massage harus siap jika pelanggan ingin dilayani di kantor ataupun di rumah.

Mengutamakan Ketepatan Waktu
Tidak ada pelanggan yang suka menunggu, ini bisa dijadikan catatan penting bagi penyedia jasa yang ingin mengetahui bagaimana membangun loyalitas pelanggan. Agar sebuah layanan jasa bisa mendapatkan loyalitas pelanggan maka mereka harus mengutamakan ketepatan waktu, terutama dalam hal kedatangan vendor. Pastikan agar pelanggan tidak membutuhkan waktu lama dalam menunggu vendor datang. Karena, selain hasil pekerjaan yang baik, pelanggan pasti akan setia kepada penyedia layanan jasa yang datang tepat waktu sehingga bisa dengan cepat menyelesaikan pekerjaannya.
Diubah oleh jasanova 26-06-2020 05:59
0
456
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan