Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yuki26Avatar border
TS
yuki26
Mari Sebut Beberapa Hal Ini Pake Bahasa Indonesia Aja


Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:



sumber gambar Tribunnews

Globalisasi bikin bahasa asing jadi terbiasa dipake dalam komunikasi. Apalagi kata atau istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Tau sendiri kan kalo bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Artinya bahasa Inggris jadi bahasa utama untuk komunikasi antarnegara. Entah dari kapan hal ini diterapin, yang jelas sampe sekarang bahasa Inggris masih tetep bahasa internasional utama. Oleh karena itu orang-orang dan media terbiasa dengan penggunaan istilah bahasa Inggris. Sama seperti yang sedang terjadi sekarang di Indonesia.

Makanya Badan Bahasadari Kemendikbud atau Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa terus melakukan edukasi dan sosialisasi tentang kosakata Bahasa Indonesia. Badan Bahasa punya akun media sosial di beberapa tempat seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Alesannya mungkin karena medsos merupakan tempat yang efektif untuk menyampaikan edukasi. Soalnya di Indonesia banyak banget pengguna aktif medsosnya. Dengan memanfaatkan medsos, Badan Bahasa mengemas edukasinya tentang kosakata Bahasa Indonesia menjadi sebuah konten yang menarik.

Salah satu konten yang menarik yaitu padanan istilah. Jadi dalam konten ini Badan Bahasa memberikan informasi, bahwa istilah yang merupakan bahasa asing sekarang bisa disebut menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini untuk membiasakan kita sebagai masyarakat Indonesia untuk selalu menggunakan Bahasa Indonesia. Selain menggunakannya dalam setiap situasi, Bahasa Indonesia juga perlu diutamakan. Seperti kutipan dari Badan Bahasa yang selalu menyatakan "Utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, kuasai bahasa asing".


sumber gambar Twitter/@vaelovexia

Sebagai contoh aja, gua bakal jabarin beberapa kata dan istilah yang sekarang bisa disebut dalam Bahasa Indonesia. Jadi kalian tinggal membiasakan diri aja buat menggunakannya deh. Emang kalo baru ngerti awal-awal terkesan aneh, apalagi saat melafalkannya. Ya makanya butuh kebiasaan untuk menggunakannya saat berkomunikasi. Berikut beberapa contohnya yang belom lama dipublikasikan oleh akun medsos Badan Bahasa.

Nirbobol

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Kalo dalam istilah sepak bola biasa disebut clean sheet. Nah kalo pake bahasa asing baru agak familiar kan? Tapi jujur gua sendiri baru tau kok. Jadi ini maksudnya ketika suatu tim dalam satu pertandingan sama sekali gak kebobolan. Makanya dibilang nirbobol, penggunaan "nir" sama kayak pada istilah "nirkabel" yang berarti "tanpa" kabel.

Pemeliharaan

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Biasanya sih ini berhubungan dengan peladen. Nah tau gak peladen? Kalo server tau pasti. Pemeliharaan dilakukan demi memperbaiki suatu hal yang memiliki peladen ini sekaligus meningkatkan versinya.

Sebai

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Sebenernya kalo ini ada kata yang lebih familiar, yaitu syal. Sebai cuma sinonimnya aja sih. Jadi kalo nemu barang ini, bilang syal atau sebai aja.

Gerai Kudapan

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Nah sekarang kalian bisa bilang tempat gini dengan sebutan gerai kudapan. Tau lah ya pasti, tempatnya mirip kafetaria. Ada tempat abang-abang jualannya dan tersedia tempat duduknya.

Penyanitasi Tangan

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Kalo yang ini banyak yang ngira Bahasa Indonesianya Hand sanitiser, cuma mengubah huruf "z" ke "s" dari Hand sanitizer. Padahal setelah Badan Bahasa ngeluarin konten padanan istilah ini, beda banget. Kata Penyanitasi sendiri belom muncul di KBBI V, mungkin buat edisi berikutnya.

Karantina Wilayah

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Sekarang kalian bisa mengoreksi saat ada orang yang masih bilang lockdown ya. Pake dasar ini keputusan dari Badan Bahasa. Soalnya udah menjadi kewenangannya untuk menetapkan kosakata Bahasa Indonesia.

Pembatasan Sosial

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Sebelomnya gua pribadi juga masih nyebut pake istilah social distancing sih. Waktu itu karena belum tau aja. Sekarang udah tau padanan istilahnya, yaudah gunain yang ini.

Pembatasan Fisik

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Sama kayak sebelumnya, waktu masih belum tau padanan istilahnya gua nyebut psychical distancing. Setelah Badan Bahasa ngeluarin konten ini, yaudah jadi paham deh. Distancing konteksnya di sini jarak, jadi pas kalo disamakan dengan "pembatasan".

Kerja dari Rumah

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Kalo dunia punya istilah WFH "Work from Home", Indonesia juga punya KDR "Kerja dari Rumah". Bahasa Indonesia emang butuh padanan istilah biar tetap diutamakan. Harusnya setelah ada ketentuan ini, masyarakat kita nyebutnya "Kerja dari Rumah".

Beli Panik

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Ini agak lucu sih, karena ini frasa yang gak bisa diartikan kata satu persatu. Singkatnya frasa itu, dua kata atau lebih yang punya satu fungsi bahasa. Fungsi bahasa itu ada subjek, predikat, objek, dan keterangan. Kok gua tau? Kuliah lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia cuy. Kembali ke konteks, "panic buying" sekarang udah bisa disebut dengan "beli panik".

Moda Raya Terpadu

sumber gambar facebook/badan.bahasa

Sebenernya sama-sama MRT, cuma beda kepanjangannya aja. MRT versi negara ini adalah "Moda Raya Terpadu". Konsep ini dilakukan untuk mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia, terutama dalam fasilitas umum atau layanan publik.

Taklimat

sumber gambar facebook/balai bahasa Sulteng

Awalnya agak asing denger ini. Butuh pembiasaan juga untuk menggunakan kata ini, karena kata ini termasuk lumayan sering digunain. Jadi yaudah, seharusnya penggunaan "Briefing" sekarang digantikan sama "Taklimat".


sumber gambar Twitter/@vaelovexia

Jadi begitu beberapa contoh yang bisa gua jabarin dalam tulisan kali ini. Sebenernya kalo gunain kosakata Bahasa Indonesia yang belom biasa didenger jadi gampang bikin salah atau gagal paham saat komunikasi. Bagus kalo kalian paham, tapi gimana dengan lawan bicara kalian? Makanya kalo gak dibiasakan sampe memasyarakat, beberapa kosakata Bahasa Indonesia malah justru dianggap asing dan gak dipahami sama penduduknya sendiri. Saran aja sih, tetep gunain istilah atau kosakata Bahasa Indonesia yang belom banyak dipahami ini. Toh kalo lawan bicaranya gak paham, kalian tinggal jelasin maksudnya, seperti yang gua lakukan saat ini. Dengan begitu nantinya bisa membiasakan masyarakat untuk menggunakan Bahasa Indonesia dalam padanan istilah yang biasanya menggunakan bahasa asing.

Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: facebook/Badan.Bahasa, badanbahasa.kemendikbud.go.id, KBBI V


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA
melodivsmemoriAvatar border
fan.kuiAvatar border
nona212Avatar border
nona212 dan 61 lainnya memberi reputasi
62
15.8K
322
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan