si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
SAN Si Macan Dari Bumi Rafflesia,Pelopor Bus Mewah Dan Nyaman Dijalur Sumatera-Jawa


Sumber Foto


Hallo gan sist kembali lagi dithread bus legend,setelah jalan-jalan dikota Pagar Alam ketemu sama sang legenda bus Sinar Dempo.Kali ini ane lanjutkan perjalanan menuju Bumi Rafflesia,lebih tepatnya dikota Bengkulu.Disana ada salah satu bus legend yang saat ini punya banyak armada mewah dan nyaman pastinya,nama bus tersebut adalah SANemoticon-Cool


Setelah beberapa tulisan ane sebelumnya,kita mulai mengenal bus yang namanya tidak memakai singkatan,kali ini kita bertemu dengan bus dengan nama yang disingkat lagi emoticon-Big Grin
SAN sendiri memiliki akronim Siliwangi Antar Nusa,dirintis sejak 1978 melalui kelompok usaha SAN Group yang didirikan oleh Bapak H. Hasanuddin Adnan, bisnis transportasi ini berawal dari usaha angkutan barang (Ekspedisi) dengan bermodalkan 2 unit truk medium.


Perusahaan ini sudah terus berkembang ke arah yang baik,dimana semula hanya memiliki 2 unit truk medium hingga terus bertambah menjadi 14 unit truk besar.
Pada masa itu,Bapak H. Hasanuddin Adnan masih tercatat sebagai PNS di kantor Pemerintah Daerah (PEMDA) Provinsi Bengkulu dengan menjabat sebagai kepala bagian kendaraan di Biro Umum Provinsi Bengkulu hingga 1984.


Tahun 1982-1983 pembangunan di Bengkulu berkembang pesat,untuk membebaskan Bengkulu dari isolasi.Akhirnya Bapak H. Hasanuddin Adnan mulai merintis bisnis angkutan penumpang.Saat itu Pemerintah Daerah (PEMDA) Provinsi Bengkulu tengah menggalakkan program transmigrasi,dalam menunjang bedol desa pembangunan waduk Gajah Mungkur, Wonogiri.Dan transportasi darat menjadi pilihan sebagai sarana transportasi utama pada saat itu.




Sumber Foto


Sampai saat ini PO SAN memiliki sekitar 70 unit bus, yang melayani trayek Sumatera dan Jawa.Saat ini SAN sendiri sudah berada digenerasi ke dua,dipimpin oleh Bapak Kurnia Lesani Adnan.Dibawah pimpinan beliau SAN fokus pada usaha transportasinya dengan menggunakan 4 unit Mazda T4000, 2 unit Colt Diesel 120PS, 2 unit Isuzu Bison TLD dan 1 unit Mercy 508D.Konsep pemasaran pada saat itu adalah pelayanan dengan sistem Door to Door,atau jemput antar alamat yang melayani jurusan Bengkulu-Jakarta-PP, Bengkulu-Padang-PP, dan Bengkulu-Palembang-PP.


Tahun 1993 PO SAN semakin berkembang dengan membuka trayek AKAP jurusan Bengkulu-Jakarta (Pulo Gadung)-PP yang dilayani menggunakan 4 unit armada terbaru dari Mitsubishi RM 117 dengan pelayanan Kelas Eksekutif.Pada Mei 1994 PO SAN kembali menambah armadanya dengan 2 unit Mitsubishi RM 117, 3 unit Nissan RB87, dan 3 unit Mitsubishi Colt Diesel 120PS untuk mengisi trayek Bengkulu-Jakarta-PP via Liwa, Lampung Barat gan sist.




Mitsubishi RM 117L,armada perintis SAN



Mitsubishi BM 117L

Sumber Foto


Tahun 1995 SAN mulai menjelajah pulau Jawa gan sist,dengan membuka trayek Bengkulu-Solo-Ponorogo-PP dan trayek AKAP Sumatera Bengkulu-Bukit Tinggi-PP.Tahun 2002,PO SAN kembali membuka jalur baru Bengkulu-Pekanbaru-PP.Dan pengembangan untuk wilayah Pekanbaru ini menunjukkan grafik yang menggembirakan.Atas dasar tersebut,pada tahun 2004 manajemen memutuskan untuk memindahkan sebagian besar basis armadanya ke Pekanbaru.Termasuk seluruh unit Volvo B7R yang melayani kelas eksekutif rute Dumai-Pekanbaru-Yogyakarta-Solo-PP.Dan trayek lain yang dilayani dari Pekanbaru adalah Pekanbaru-Bandung-Solo-Blitar dengan armada Hino RG.




Volvo B7r,body Scorpion X by karoseri Tentrem



Scania K310ib,body SR1 by karoseri Laksana

Sumber Foto


Diatas merupakan armada premium milik PO SAN gan sist,untuk chasis dan mesin SAN ini punya banyak ragam.Seperti Mitsubishi,Hino,Golden Dragon,Mercedes Benz sampai Scania emoticon-Belo
Tidak seperti kebanyakan bus Sumatera yang identik menggunakan chasis dan mesin Mercedes Benz,SAN memilih berbagai jenis chasis dari beberapa pabrikan ternama untuk armada busnya.Tak heran kini SAN menjadi salah satu bus mewah di Sumatera,selain itu PO ini juga rajin menghadirkan produk body bus baru dari berbagai karoseri di Indonesia.


Seperti chasis dan mesin yang beragam,body busnya pun juga beragam gan sist.Beberapa diantaranya adalah dari karoseri Laksana,Adiputro,Rahayu Santosa,dan Tentrem.SAN ini identik dengan livery gambar pohon kelapa dan warna abu-abunya gan sist,dulu ada gambar kepala harimau dibelakang bodynya,yang membuatnya dijuluki Si Macan oleh sebagian orang.Tapi sekarang gambar kepala harimau itu sudah jarang ditemui pada armada baru SAN,padahal menurut ane terlihat keren sih kalau masih ada gambar kepala harimaunya.




Tampilan baru SAN tanpa logo kepala harimau

Sumber Foto



Body yang lama masih ada logo kepala harimau gan sist emoticon-Big Grin

Sumber Foto


Dipulau Jawa sendiri ane cukup sering berpapasan dengan bus ini,dikota ane ada salah satu agennya.Biasanya menjelang pukul 12 siang,bus SAN mulai memasuki area kota Solo,berbarengan dengan bus lainnya yang menuju Jakarta.Dan untuk trayek Pekanbaru-Blitar dan Pekanbaru-Ponorogo sekarang sudah menggunakan chasis premium seperti Scania dan Mercedes Benz.



GIICOMVEC 2020, di JCC Jakarta kemarim gan sist,Scania K410IB,bus chasis tronton terbaru SAN. emoticon-Belo


Sumber Foto



2018 kemarin borong 5 unit Scania K410IB juga,gak salah julukan mewah diberikan pada SAN emoticon-Belo



Interiornya nih gan sist,masuk kelas Ekonomi Premium.Blitar-Pekanbaru,sebagian lagi ngisi Surabaya-Pekanbaru emoticon-Belo

Sumber Foto


Dua tahun terakhir ini SAN cukup banyak menghadirkan chasis baru gan sist,terutama Scania dengan chasis tronton.Sudah seperti beli krupuk saja,gak terhitung berapa unit bus baru yang dibeli oleh SAN emoticon-Hammer (S)
Tak heran bila SAN kini masuk jajaran bus elit dan mewah di Sumatera,dengan chasis premium dan kenyamanannya yang tidak perlu diragukan lagi.Cukup rajin melakukan peremajaan PO satu ini gan sist,dan setiap tahunnya pasti menghadirkan armada baru,11:12 sama Sempati Star yang hobi beli bus baru juga emoticon-Ngakak (S)



Mungkin suatu hari nanti,ada kemungkinan SAN bakal memiliki unit bus tingkat (double decker juga.Mengingat pembangunan infrastruktur tol disepanjang wilayah Sumatera yang terus berlangsung,yang menunjang kebutuhan sarana transportasi terutama bus.Nah gimana gan sist tertarik untuk mencoba armada mewah SAN setelah wabah corona nanti mampu diatasi ? emoticon-Big Grin
Bus legend yang bertransformasi menjadi bus mewah dan nyaman dilintas Sumatera-Jawa,salah satu rekomendasi bus mewah dan nyaman dijalurnya Si Macan Dari Bumi Rafflesia.




Sumber:Opini dan pemikiran pribadi TS
Referensi:1 , 2 , 3 , 4
Sumber Foto:google image,bloger busmania,SANloverz


Ditunggu komennya ya gan sist emoticon-Toast




Thread bus legend lainnya,silakan mampir buat nambah wawasan kalian soal transportasi bus emoticon-Toast


Sejarah ALS
Sejarah ANS
Sejarah NPM
Sejarah PMTOH
Sejarah Makmur-Halmahera
Si Peluru Dari Medan (Medan Jaya)
Sejarah Sinar Dempo
Diubah oleh si.matamalaikat 02-04-2020 14:48
4iinchAvatar border
sebelahblogAvatar border
infinitesoulAvatar border
infinitesoul dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan