CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Benarkah Anies Mark Up Jumlah Jenazah Korban Covid-19? Ini Faktanya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e85a8167e3a7242776961a6/benarkah-anies-mark-up-jumlah-jenazah-korban-covid-19-ini-faktanya

Benarkah Anies Mark Up Jumlah Jenazah Korban Covid-19? Ini Faktanya!



Benarkah Anies Mark Up Jumlah Jenazah Korban Covid-19? Ini Faktanya!
Foto: Anies Baswedan (INews)


Belakangan ini beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menyebut jika Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan mark-up terhadap jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Narasi tersebut diunggah oleh pengguna Facebook bernama Nick Ni. Dalam unggahannya, akun tersebut menuliskan narasi yang menyebut:

“Apakah ini “efek kejut” yang terbaru??? Ini ciri khas Gubernur gue. Ntar yang dipecat, para penggali kubur yang salah kasih informasi. Angka “mayat” aja berani di mark-up. Gak ada kapok-kapoknya. Kurang apa coba?!”


Diketahui jika narasi tersebut ada kaitannya dengan pernyataan Anies tentang 283 jenazah di Jakarta yang akan diurus dengan menggunakan protap Covid-19.

Benarkah Anies Mark Up Jumlah Jenazah Korban Covid-19? Ini Faktanya!
Foto: Unggahan Facebook Nick Ni (TurnBackHoax.id)


Hingga saat ini, pro kontra dari warganet pun terjadi terkait dengan narasi ini.

Lantas bagaimana kebenaran yang valid dari informasi tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, didapatkan informasi jika narasi yang tengah beredar tersebut sebenarnya tidak dapat dipertanggungjawabkan argumennya.

Karena jika melansir dari berita CNN yang terbit pada 30 Maret 2020, terdapat pernyataan dari Anies Baswedan mengenai jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19. Dalam keterangannya, Anies juga menyebut jika jumlah jenazah yang ditangani dengan protap Covid-19 lebih besar dari angka resmi kematian akibat virus corona.

Perbedaan jumlah tersebut terjadi karena pasien yang meninggal belum sempat dilakukan tes atau sudah dites tetapi meninggal sebelum hasil tes tersebut keluar.

Dari keterangan tersebut, dapat dipahami jika penyebab perbedaan jumlah kematian yang terjadi bukan karena di mark up oleh Anies Baswedan.


KESIMPULAN
Jadi Gan, dari pemeriksaan fakta yang telah dilakukan, Hansip Hoax menyimpulkan jika narasi mengenai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang melakukan mark up jumlah jenazah adalah informasi yang salah alias hoax.

* * *

Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
TurnBackHoax
Suara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junleon dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Gw bingung nih orang ngapain curhat ke media melulu ya? Seharusnya kerja, trus kabarkan hasil yang telah dicapai.

Ngapain bikin publik panik dengan narasi yang sama sejak bulan lalu? Dia sendiri juga sempat bikin ribuan orang berkumpul saat rute TJ dikurangi (blunder) trus dianulir pusat.

Skrg kalau tingkat kematian tinggi ya artinya kerjamu belum cukup bagus, Nies. Apalagi kalau angka pun dimanipulasi.

Jakarta itu milikmu sekarang, jangan curhat seolah kamu pihak yang tak terkait. Kamu gubernur!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vheron dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
Lihat 5 balasan
ternyata hoax, hadew
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
DISINFORMASI itu termasuk HOAX emoticon-Big Grin

Poin pentingnya adalah siapa saja yang harus dimakamkan denan protap COVID-19 ? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mendadakranger
Quote:


Begitulah kesimpulannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cobalivebeta2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Karena jika melansir dari berita CNN yang terbit pada 30 Maret 2020, terdapat pernyataan dari Anies Baswedan mengenai jumlah jenazah yang dimakamkan dengan protap Covid-19. Dalam keterangannya, Anies juga menyebut jika jumlah jenazah yang ditangani dengan protap Covid-19 lebih besar dari angka resmi kematian akibat virus corona.

Kenapa gak di cek dari riwayat kematiannya di rumah sakit aja sih??
Berarti di jakarta kalo ada yg mati ditanganinnya sop penyakit corona gitu??
Kasian amat dah, udah bangke nya kaga disolatin, mau dikubur jg ditimpukin batu sama warga yg menolak emoticon-Leh Uga


Masih ane tunggu ultimate jokes nya nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tapi klo urusannya dengan nganies sih cebong keukeuh pasti anies mark up
pokoke anies salah harga mati!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
need.holiday dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hoax membangun, dengan narasi yang dipaksakan dari orang orang dungu ga punya nalar emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v1ncz777 dan 4 lainnya memberi reputasi
Benarkah Anies Mark Up Jumlah Jenazah Korban Covid-19? Ini Faktanya!

Staf milenial emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Lihat 9 balasan
Katanya mau ngejar target 6k emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
tapi dia kan framing seakan itu kena corona semua pake suara bergetar lagi

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Intinya... jekerdah darurat konpres...


ehhh covid19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
narasi anieslah yg bikin gaduh...

semua yg di kubur itu tidak mesti positip corona tapi disaat2 begini arahnya malah ke corona.

woyyy nis....kerja woyyy

bkn bikin gaduh kota ente sendiri:dor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hadeh gurbenurku kerjaan nya cuma konprens aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
th3d4rk dan 5 lainnya memberi reputasi
astajim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg hoax sebenernya anies sendiri.......bayangin 283 orang meninggal d DKI d makamkan pke protokol orang yg meninggal krn Corona....


Coba klo thn 2014 aja d DKI tiap hari TPU cm nampung 100 orang meninggal. Artinya kematian normal alami aja skrng d itung sm anies meninggal krn corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unicorn.destroy dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jadi pusat yang hoax?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 3 lainnya memberi reputasi
Yg jd pertanyaan gw, apa semua bangkenya disolatin yak??emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
no komen dah, masyarakat udah bisa menilai emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan vizum78 memberi reputasi
raja ... yah? hadeuhh
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan vizum78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di