CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e841101c9518b66bd35f6ce/ini-beda-karantina-wilayah-vs-darurat-sipil

Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil

Ini Beda Karantina Wilayah vs Darurat Sipil

Jakarta - Pemerintah Pusat tidak melirik opsi karantina wilayah. Kini Pemerintah Pusat justru melirik penetapan keadaan darurat sipil dipadukan dengan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ini beda antara karantina wilayah vs darurat sipil.

Untuk menentukan perbedaan keduanya, detikcom merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang menjelaskan soal karantina wilayah, juga Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya yang mengatur tentang darurat sipil.

Kedua peraturan perundang-undangan tersebut diunduh dari situs BPK dan situs Kementerian Keuangan, Selasa (31/3/2020).

Berikut adalah perbedaan antara Karantina Wilayah vs Darurat Sipil:

1. Dasar hukum
a. Karantina wilayah: UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, diteken Presiden Jokowi
b. Darurat sipil: Perppu Nomor 23 Tahun 1959 tentang Keadaan Bahaya, diteken Presiden Sukarno

2. Definisi
a. Karantina wilayah: pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah Pintu Masuk beserta isinya yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.
b. Darurat sipil: keadaan bahaya selain keadaan darurat militer dan keadaan perang, terjadi manakala alat-alat perlengkapan negara dikhawatirkan tidak dapat mengatasi kondisi keamanan atau ketertiban hukum di seluruh wilayah atau di sebagian wilayah negara. Kondisi itu terjadi apabila negara terancam pemberontakan, kerusuhan, bencana alam, perang, perkosaan wilayah, atau negara dalam bahaya.

3. Pihak yang menetapkan
a. Karantina wilayah: menteri
b. Darurat sipil: presiden

4. Pemimpin
a. Karantina wilayah: Pemerintah Pusat bertangggung jawab, dibantu pemerintah daerah, dan pihak terkait (tata cara diatur dengan peraturan pemerintah/belum ada)
b. Darurat sipil: Di level pusat adalah presiden, dibantu menteri, TNI, dan Polri. Di level daerah adalah kepala daerah, dibantu TNI, Polri, dan kejaksaan setempat

5. Penyebab
a. Karantina wilayah: kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia, terjadi penyebaran penyakit antaranggota masyarakat di suatu wilayah
b. Darurat sipil: alat-alat perlengkapan negara dikhawatirkan tidak mampu mengatasi keadaan, terancam pemberontakan, kerusuhan, bencana alam, perang, perkosaan wilayah, dan bahaya

6. Kebutuhan warga
a. Karantina wilayah: kebutuhan hidup dasar orang dan makanan ternak menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, melibatkan pemerintah daerah, dan pihak terkait
b. Darurat sipil: kebutuhan warga tidak ditanggung pemerintah

7. Kondisi
a. Karantina wilayah:
- wilayah yang dikarantina diberi garis karantina dan dijaga terus menerus oleh pejabat karantina kesehatan dan Polri yang berada di luar wilayah karantina
- masyarakat tidak boleh keluar masuk wilayah
- orang yang menderita penyakit kesehatan kedaruratan masyarakat akan diisolasi
- warga yang dalam karantina wilayah dicukupi kebutuhan dasar dan pakan ternaknya
b. Darurat sipil:
- Penguasa berhak mengadakan peraturan untuk membatasi pertunjukan, penerbitan, hingga gambar.
- Penguasa berhak menyuruh aparat menggeledah paksadengan menunjukkan surat perintah
- Penguasa berhak memeriksa, menyita, dan melarang barang yang diduga mengganggu keamanan
- Penguasa berhak mengambil atau memakai barang-barang dinas umum.
- Penguasa berhak memeriksa badan dan pakaian orang yang dicurigai
- Penguasa berhak membatasi orang berada di luar rumah.
- Penguasa berhak menyadap telepon atau radio, melarang atau memutuskan pengiriman berita-berita atau percakapan-percakapan
- Penguasa berhak melarang pemakaian kode, gambar, hingga pemakaian bahasa-bahasa selain bahasa Indonesia;
- Penguasa berhak menetapkan peraturan yang melarang pemakaian alat telekomunikasi yang dapat dipakai untuk mencapai rakyat banyak, menyita, atau menghancurkan perlengkapan tersebut

https://m.detik.com/news/berita/d-49...sipil?single=1

Silahkan Comment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Mudah²an gak perlu sampe darurat sipil, asal kita tertib aja. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Darurat sipil itu mengerikan bung! #tolakdaruratsipil
Hanya buzerr laknat yg pengen indo menerapkan darurat sipil buat corona emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
nice info, nambah wawasan
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan hackerlutfi memberi reputasi
Lol.. kebutuhan warga tidak ditanggung pemerintah, di kala harga barang yang melonjak dan penghasilan berkurang, malah opsi ini yang lebih dilirik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ooo,,itu ya beda nya..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan scorpiolama memberi reputasi
Belum usaha maksimal kok udah darurat sipil is aja?
Inkk
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan ladies.hunter01 memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bahaya nih sampe darurat sipil, hampir sama kek krisis moneter emoticon-Cape d...
semoga cepat berlalu virus laknat ini deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
summon penjilat pantat paduka kuvukiland
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kalau pemerintah pasti lebih pengen darurat sipil daripada karantina, jamin dhe.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan satriagujis4 memberi reputasi
Quote:


Pemerintah ga bakal mikirin rakyat bree, seenak dia doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
akhirnya ada yg bahas
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Aduh sungguh terlalu jika presiden memutuskan darurat sipil.Tolong lah pak,masyarakat lebih membutuhkan opsi tentram dalam arti kebutuhan dasar terjamin di tengah krisis corona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
bedanya

karantina wilayah dapet gratisan banyak

darurat sipil boro boro gratisan, kalo bisa sih dimahalin semuanya

itu yang ane tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
interpretasi liar ane: pemerintah ga punya duit bayarin makan rakyat utk karantina wilayah

tapi yg kemaren diumumin presiden juga duit yg banyak, knp ga dipake karantina wilayah aja ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yg teriak lockdown" Dan berharap kebutuhan pokok di tanggung pemerintah pusat..mamam
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Comment ah, sudah dipersilahkan ts
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan scorpiolama memberi reputasi
Kebutuhan warga gak di tanggung presiden ( pemerintah pusat cuy ) klo Darurat sipil. Dah kaya mo perang ae klo darurat sipil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
semua tergantung dari masyarakat bisa tidak dia disiplin
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan scorpiolama memberi reputasi
Karantina = Suatu langkah perbaikan atau penyehatan secara total dan cepat.

Karantina Wilayah = Menyehatkan kembali wilayah yang di dalamnya ada wabah penyakit atau kejadian lain seperti busung lapar.

Jadi yang diterjunkan dalam karantina adalah tenaga kesehatan, Tim SAR untuk distribusi pangan, dan polisi untuk pengamanan kelancaran kinerja tenaga kesehatan dan distribusi pangan

Darurat = Suatu ancaman yang bisa melumpuhkan negara

Darurat Narkoba = Narkoba sudah sangat parah dan bisa menghancurkan negara sewaktu waktu sehingga perlu diberlakukan tindakan militer. Contohnya yang dilakukan Ronald Reagan yang menutup seluruh akses darat laut udara dari dan ke Amerika Latin.

Darurat Sipil = beberapa Warga Negara sendiri telah melakukan makar sehingga negara terancam musnah sehingga perlu tindakan militer. Setiap ada Warga Negara yang dicurigai maka Negara berhak menangkap tanpa pengadilan dan tanpa HAM. Contohnya adalah apa yang dilakukan Bush Jr untuk membasmi jaringan Al Qaeda dan simpatisan Sadam Hussein di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Lalu apakah Darurat Sipil perlu jika lawannya adalah virus?
Ane gak berani jawab emoticon-Big Grin

Semoga saja COVID-19 segera usai dan kita semua bisa kembali dangdutan rame rame sambil minum ciu

emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
clyope dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh panchre
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di