CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Malaysia Lockdown, Pekerja Indonesia di Ambang Kelaparan, Minta Bantuan Sembako
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d824ec342bb6e476d12cc/malaysia-lockdown-pekerja-indonesia-di-ambang-kelaparan-minta-bantuan-sembako

Malaysia Lockdown, Pekerja Indonesia di Ambang Kelaparan, Minta Bantuan Sembako

Malaysia Lockdown, Pekerja Migran Indonesia di Ambang Kelaparan, Minta Bantuan Sembako

Jumat, 27 Maret 2020 | 10:28 WIB

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Kebijakan lockdown yang diterapkan penguasa Malaysia dalam upaya mencegah virus corona berdampak pada pekerja migran sektor informal asal Indonesia.

Mereka terancam kelaparan karena aktivitas ekonomi banyak yang berhenti seiring diberlakukannya Lockdown.

Hal itu disampaikan Direktur Pusat Penyelesaian Permasalahan Warga Negara Indonesia di Malaysia (P3WNI) Dato' M Zainul Arifin melalui keterangan pers pada Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

"Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau Lockdown diperpanjang hinggal 14 April 2020. Semula Pemerintah Malaysia menetapkan kebijakan Lockdown sejak 18 hingga 31 Maret 2020, dengan tujuan untuk menekan laju penyebaran virus corona," kata Dato' M Zainul Arifin. 

Baca juga: P3WNI: Pekerja Migran Indonesia di Malaysia Tak Takut Covid-19, tetapi Takut Kelaparan

Dia menuturkan, Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mencari nafkah di Malaysia mau tidak mau harus tunduk terhadap kebijakan Pemerintah Malaysia.

"Kondisi PMI kita sangat memperhatikan sebab sudah hampir dua pekan mereka tidak diperbolehkan bekerja sebagaimana mestinya," ujar Zainul.

Menurut Zainul, PMI di Malaysia memiliki kondisi yang berbeda dengan PMI di negara lain seperti Hongkong, Taiwan, Macau, timur tengah dan lainnya.

Sebab PMI di Malaysia saat ini masih bayak yang bekerja untuk kebutuhan sehari-hari. Artinya satu hari tidak bekerja maka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

"PMI di Malaysia tidak takut dengan Virus Covid-19 tetapi yang paling ditakutkan adalah Virus Kelaparan, sebab tidak bisa bekerja maka tidak bisa makan," beber Zainul.

Bekerja di sektor informal

Selain itu, kata Zainul, PMI di Malaysia bayak yang bekerja di sektor Informal seperti bekerja di sektor pembangunan infrastruktur, buruh pabrik perkilangan, restoran, keberhasilan dan cleaning service, serta lainnya yang dimana mereka mendapatkan gaji per hari atau per minggu.

"Kami maklumi banyak PMI di Malaysia yang non prosedural yaitu digolongkan sebagai Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI), dan ada juga PMI kita yang memiliki Permit kerja (izin kerja) tidak sesuai dangan peruntukanya seperti Permit Kerja disektor Perkebunan digunakan bekerja di sektor restoran, yang artiya bayak PMI bekerja di Malaysia yang sebagiannya tidak memiliki majikan," ujar dia.

P3WNI berharap, pemerintah serta lembaga penyaur TKI, lebih peduli dan memikirkan nasib para PMI yang kondisinya saat ini susah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tidak bisa pulang ke kampung halaman.

Peran pemerintah dinilai penting dengan merujuk UU No 18 tahun 2017 tentang Perlindungan PMI bahwa disebutkan PMI harus dilindungi dan dilayani oleh Pemerintah dan disebutkan juga UU tidak membedakan mana PMI Resmi ataupun tidak resmi.

https://regional.kompas.com/read/202...bantuan?page=2

Mohon segera dibantu wahai pemerintah indonesia melalui kedutaan Malaysia Lockdown, Pekerja Indonesia di Ambang Kelaparan, Minta Bantuan Sembako
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MUF0REVER
Halaman 1 dari 2
lapar....yg legal aja susah apalagi yg ilegal....emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doyantusbol dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mana ni kaum idiot yg sok2an belain muslim india, ampe ngumpulin donasi buat mereka??

warga negara sendiri aja masih bny yg kesusahan, eh bisa2nya belain yg diindia sono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mabukmurah dan 15 lainnya memberi reputasi
Quote:


Legal cuma gajinya per Minggu

Selain itu, kata Zainul, PMI di Malaysia bayak yang bekerja di sektor Informal seperti bekerja di sektor pembangunan infrastruktur, buruh pabrik perkilangan, restoran, keberhasilan dan cleaning service, serta lainnya yang dimana mereka mendapatkan gaji per hari atau per minggu.
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Mending d kirim duit drpd mereka pulang kesini.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 2 lainnya memberi reputasi
BERLINDUNG KE MASJID (SESUAI ARAHAN GUBERNUR SUMATERA UTARA)

Dari Anas bin Malik ??? ???? ???, Rasulullah ? bersabda:

????? ????? ???????? ????? ???????? ??????? ???? ?????????? ????? ?????? ??????? ???????? ???? ???????? ????????????.

Sesungguhnya apabila Allah ta'ala menurunkan penyakit dari langit kepada penduduk bumi maka Allah menjauhkan penyakit itu dari orang-orang yang meramaikan masjid.

Hadits riwayat Ibnu Asakir (juz 17 hlm 11) dan Ibnu Adi (juz 3 hlm 232).

Dari Anas bin Malik ??? ???? ???, Rasulullah ? bersabda:

???? ?????? ???? ???????? ????? ?????? ????? ????? ?????????? ???????? ????????

Apabila Allah menghendaki penyakit pada suatu kaum, maka Allah melihat ahli masjid, lalu menjauhkan penyakit itu dari mereka.

Riwayat Ibnu Adi (juz 3 hlm 233); al-Dailami (al-Ghumari, al-Mudawi juz 1 hlm 292 [220]); Abu Nu'aim dalam Akhbar Ashbihan (juz 1 hlm 159); dan al-Daraquthni dalam al-Afrad (Tafsir Ibn Katsir juz 2 hlm 341).

Sahabat Anas bin Malik ??? ???? ??? berkata: "Aku mendengar Rasulullah ? bersabda:

??????? ????? ????? ???????: " ?????? ????????? ???????? ????????? ???????? ??????? ???????? ????? ???????? ???????? ????????????????? ????? ??????????????????? ?????????????? ???????? ???????? "

Allah ?? ??? berfirman: "Sesungguhnya Aku bermaksud menurunkan azab kepada penduduk bumi, maka apabila Aku melihat orang-orang yang meramaikan rumah-rumah-Ku, yang saling mencintai karena Aku, dan orang-orang yang memohon ampunan pada waktu sahur, maka Aku jauhkan azab itu dari mereka.

Riwayat al-Baihaqi, Syu'ab al-Iman [2946].

Sahabat Anas bin Malik ??? ???? ??? berkata, Rasulullah ? bersabda:

"????? ??????? ???? ?????????? ?????????? ???????? ???? ???????? ????????????"

Apabila penyakit diturunkan dari langit, maka dijauhkan dari orang-orang yang meramaikan masjid.

Riwayat al-Baihaqi, Syu'ab al-Iman [2947]; dan Ibnu Adi (juz 3 hlm 232). Al-Baihaqi berkata: "Beberapa jalur dari Anas bin Malik dalam arti yang sama, apabila digabung, maka memberikan kekuatan (untuk diamalkan)".

Al-Imam al-Sya'bi, ulama salaf dari generasi tabi'in, ???? ???? ????? berkata:

"??????? ????? ???????? ???? ?????? ??????? ???????????? "

Mereka (para sahabat) apabila ketakutan tentang sesuatu, maka mendatangi masjid.

Al-Baihaqi, Syu'ab al-Iman (juz 3 hlm 84 [2951]).

Beberapa riwayat di atas mengantarkan pada kesimpulan, bahwa dalam situasi wabah dan virus yang mengancam masyarakat ini, umat Islam dianjurkan semakin rajin ke masjid. Bukan meninggalkan masjid.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
0314 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Bukan masalah gajinya.yg ilegal kalau keadaan begini gmn setatus hukumnya? apa disamakan sementara wkt krn keadaan spt ini.apa di kerangkeng dulu baru dikasih makan.maklum lah lebih byk ilegal nya.
Terus warga asli sana emang dikasih sembako n masker?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
kalau bisa pulang lebih baik pulang aja
profile-picture
samsol... memberi reputasi
ini diskriminatif namanya. masa WNI kelaparan sedangkan warga sono bisa makan dengan enak. ini parahnya lockdown
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Yuk saatnya sedekah
Tp kan pemerintah bukan dikubu yg sama ma kita
Yasudah simpen lagi sedekahnya
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan sudarmadji-oye memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Lihat 1 balasan
update ternyata dah komeng emoticon-Big Grin
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Diubah oleh sudarmadji-oye
Quote:


Ya setidaknya adain bantuan buat yg legal tapi gaji mingguan atau harian, kasih bantuan sembako jugalah, mereka ini kan bawa devisa ke negara juga karena pendapatan hasil kerja mereka dipakai buat membangun rumah n kampung mereka di Indonesia
Aduuh gmn cara bantu nyaa..??emoticon-Bingung
Kan ada kbri cuk emoticon-Cape d...
Nah, mulai teriak2 kan penduduk yang kena lockdown. Biar yang teriak2 lokdon lokdon baca dan mengerti kalo lokdon itu kayal gini resikonya. Biar mikir pake otak. Biar panjang mikirnya. Baru beberapa hari nih lokdon. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh greengeckoijo1
Quote:


Maksd lo apa tong??
Jgn ribut sana sini pake ayat ini itu hadis ini itu. Ente kerjanya cuma membentur benturkan pemikiran manusia. Dan tdk ada kpedulian membantu sesama.
Ente arw Kluarga ente kena baru mewek lo.
Biadab lo
profile-picture
profile-picture
sanyhani dan areszzjay memberi reputasi
Malingsial tengik ini justru seneng sama yg ilegal2 gini. Upah g ada standar, biaya2 jg lebih murah...emoticon-Najis Pernah ngobrol sama tki ilegal ini, aparat hukum jg sbnrnya tau keberadaan tki ilegal ini, cmn disumpel duitnya sama si bos/majikan...emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Najis
Lihat 1 balasan
asing indon harus secepatnya diusir dari malaysia
kalo ada kadrun di malingsia emoticon-Leh Uga
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Saat seperti ini membuat segala sesuatu jadi rumit
profile-picture
jurumudi75 memberi reputasi
Kesian gannn
emoticon-No Hopes
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di