CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Kabar Baik di Tengah Wabah Corona: Vaksin yang Dikembangkan Bisa Tahan Lama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d7d34f4d6957e9d0ab353/kabar-baik-di-tengah-wabah-corona-vaksin-yang-dikembangkan-bisa-tahan-lama

Kabar Baik di Tengah Wabah Corona: Vaksin yang Dikembangkan Bisa Tahan Lama

Kabar Baik di Tengah Wabah Corona: Vaksin yang Dikembangkan Bisa Tahan LamaKOMPAS.com - Vaksin untuk penyakit Covid-19 memang masih dalam tahap pengembangan, dan prosesnya memakan waktu cukup lama.

Namun, vaksin ini diperkirakan akan sangat efektif dan mampu bertahan cukup lama setidaknya dalam beberapa tahun, sebagaimana dilansir dari techcrunch.



Tidak hanya itu, kabar baik lainnya sebagaimana dilansir dari penelitian Universitas Johns Hopkins, mengatakan bahwa virus corona alias SARS-Cov-2 alias Covid-19 tidak melakukan mutasi di dalam tubuh manusia.

Semua virus biasanya mengalami evolusi, yaitu melakukan replikasi diri dari inangnya dan menyebar ke seluruh populasi. Namun, Covid-19 rupanya tidak cepat bermutasi.

Mengenal tahapan uji klinis vaksin

Selain kabar baik tersebut, pakar ilmuwan juga berusaha memaparkan bagaimana tahapan uji klinis vaksin berproses.

Lamanya proses itu untuk memastikan keselamatan manusia dan mengetahui seberapa bermanfaatnya vaksin tersebut.

Menurut Bruce Thompson, Dekan Fakultas Kesehatan di Universitas Swinburne, Australia, pengobatan apa pun yang dijual harus melewati beberapa tahapan proses standardisasi berdasarkan uji coba klinis mulai dari fase 1 sampai fase 3.

Dia mengatakan, "Kita harus memastikan obat atau vaksin itu aman, tidak melukai dan tahu seberapa efektivitasnya."

Desain Vaksin: Proses di mana para pakar mempelajari patogen dan memutuskan bagaimana sistem imun bisa menyadari kehadiran patogen tersebut.

Uji Hewan: Vaksin baru yang diuji kepada hewan berfungsi untuk menunjukkan apakah vaksin itu dapat bekerja dan tidak memiliki efek samping yang ekstrem.

Uji Klinis Tahap I : Merepresentasikan uji pertama kepada manusia untuk mengetahui tingkat keamanannya, dosisnya dan efek sampingnya. Uji coba ini hanya membutuhkan sedikit relawan.

Uji Klinis Tahap II: Terdapat analisis mendalam tentang bagaimana cara kerja vaksin secara biologis.

Uji coba ini melibatkan relawan lebih banyak dan membutuhkan penilaian terhadap respons psikologis dan interaksi selama perawatan.

Intinya, uji coba vaksin virus corona menilai bagaimana stimulasi vaksin dalam sistem imun bekerja.


Uji Klinis Tahap III: Adalah tahap akhir yang melihat bagaimana jumlah besar relawan yang diuji coba merespons dalam waktu lama.

Persetujuan Peraturan: Terakhir, badan pengawas akan melihat bukti dari hasil uji coba klinis dan menyimpulkan apakah vaksin dapat diberikan seluruhnya atau tidak.

Namun, untuk kasus Covid-19, proses uji klinis dipercepat dalam beberapa tahap. Seperti yang dilaporkan STAT News, vaksin yang dikembangkan Moderna telah melewati tahapan dari desain vaksin langsung ke uji klinis tahap I.

Vaksin mRNA-nya bahkan melewatkan tes klinis kepada hewan. Tes-tes itu telah berlangsung di Seattle, Kaiser Permanente Washington Health Institute dengan jumlah relawan yang sudah mendaftar.

https://www.kompas.com/global/read/2...tahan?page=all

Semoga cepat ada yaa vaksinnyaemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
bagus kalau ada vaksin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Benar2 kabar gembira, GanSam...
emoticon-Ultah
profile-picture
samsol... memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inreallifeasu dan 2 lainnya memberi reputasi
Semoga cepat berakhir... 27 hari lagi memasuki bulan penuh berkah emoticon-Matabelo

Biar kembali beraktifitas seperti biasa emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
novembermann dan samsol... memberi reputasi
Pasien yang Sembuh dari Corona Bisa Jadi Kebal asalkan Memenuhi Syarat

Quote:


Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/202...page=all#page4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kucingnyapakrt
Quote:


Iya gan bener banget semoga penelitian nya segera selesai dan dapat segera di produksi hehehe
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Puncaknya pas lebaran tuh..
banyak yang maksain untuk taraweh berjamaah nanti tu...

Terus dengan beranggapan selesai karantina tuh virus udah hilang.. oo.oo..oo.. tunggu vaksinya ketemu baru problem solved kalo pandemik gini..

tapi yah berharap baik sajalah ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya gan bener banget semoga bisa memasuki bulan ramadhan dengan tenang ya tanpa harus khawatir lagi
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan samsol... memberi reputasi
Wahhh kabar gembira sih ini semoga aja bisa segera di produksi hehehe
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Sebelum semua itu berhasil disebarkan, tetap waspada dengan jaga kebersihan, gak ngeyel kalau dikasih tau, kerja sama dan saling perhatian (mau diperhatiin) hahaha

Stay safe guys, #dirumahaja
profile-picture
samsol... memberi reputasi
isi berita cuma ngomong : lama lama lama
tapi sama sekali gak bahas berapa lama?
si bill aja bilang 6 bulan

mending yahudi kemana2 emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan samsol... memberi reputasi
udah melewati tahap 1, yay..
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Semoga proses pengembangan ni vaksi lancar dan bisa menyelamatkan semua negara yang sedang dilanca Covid-19 emoticon-Ngacir

Nice info gan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Cendol Gan
semoga cepet terlaksana
kl liat film outbreak, itu lgsg diskip bbrp fase lgsg uji klinis tahap 2 dan produksi massal karena uda mau dibom
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
biasakan diri dengan kebersihan. baik diri sendiri dan lingkungan disekitar kita
Universitas John Hopkins...ane takut salah kira..namanya amerika..kirain Univ Johnny Sins

Apa dari akademisi dan peneliti lokal macem Lipi, Kedokteran PTN, BPPT, dll ada mencoba meneliti ini virus ? Ko ga kedengeran...

Sidomuncul ama airmancur nyonya meneer aja meneliti masuk angin dan pegel linu lahirlah tolak angin cair dan jamu bubuk..padahal kalo di luar negeri pasti obatinnya pake antibiotik
Lihat 1 balasan
Good..
Doain aja para ilmuwan/dokter bisa menemukan vaksin nya segera..

Nah tugas kita ikutin/patuh sm kebijakan pemerintah, jgn pada ngeyel n nambah beban ya emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh kopralicious
lanjutkaan...
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di