CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemprov dan DPRD Jabar Sepakat Rp 18 Triliun untuk Warga yang Terdampak Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d7cc6a2d195717c0deb4e/pemprov-dan-dprd-jabar-sepakat-rp-18-triliun-untuk-warga-yang-terdampak-covid-19

Pemprov dan DPRD Jabar Sepakat Rp 18 Triliun untuk Warga yang Terdampak Covid-19

KOMPAS.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersepakat untuk membantu warga yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19.

Bantuan yang akan diberikan berupa bantuan keuangan, pangan, dan program padat karya.

Bantuan keuangan ini merupakan hasil refocusing belanja APBD Provinsi Jawa Barat yang dinilai cukup memungkinkan dilakukan.

Kesepakatan itu diperoleh dalam agenda Rapat Terbatas yang dilakukan di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, (Kamis, 26/3/2020).

Baca juga: Warga Jabar yang Penghasilannya Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan Rp 500.000

Rapat tersebut menghasilkan kesimpulan penanggulangan virus corona di Jawa Barat secara menyeluruh, dari fase tanggap darurat sampai pasca mewabahnya virus yang telah merenggut puluhan nyawa di Jawa Barat.

“Dalam rapat ini dibahas mulai dari pembahasan anggaran sampai pada teknis pengendalian,” ujar Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Rahmat menambahkan, besaran refocusing anggaran untuk membantu warga Jawa Barat yang terdampak penyebaran virus corona mencapai Rp 5 triliun.

Baca juga: Perwira Polisi yang Pukul Tiga Bintara Akhirnya Ditahan Propam

Anggaran tersebut akan digunakan untuk bantuan keuangan dan pangan bagi warga Jabar yang terpapar Covid-19.

Tidak hanya itu, para pimpinan DPRD beserta pemerintah juga menyiapkan bantuan keuangan sebesar Rp 13 triliun hingga Rp 14 triliun untuk pasca tanggap darurat.

Menurut Rahmat, setiap warga yang terdampak Covid-19 akan mendapat bantuan senilai Rp 500.000.

Tetapi, bantuan tidak sepenuhnya diberikan dalam bentuk uang, karena sebagian rencananya akan diberikan dalam bentuk bahan pokok.
Sedangkan, bantuan keuangan pasca tanggap darurat akan diberikan setelah wabah virus corona berakhir.

"Bantuan yang dimaksud dalam bentuk program padat karya,” kata Rahmat.

Politisi PKB ini menjelaskan, langkah tersebut diambil setelah Pemprov dan anggota DPRD melakukan kajian.

Menurut dia, warga yang terdampak Covid-19 bisa dipastikan akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Bukan hanya yang positif terinfeksi Covid 19, warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), termasuk warga lain juga terkena dampak dari wabah virus ini.

“Aktivitas ekonomi secara keseluruhan menurun, karena setiap orang pasti membatasi pergerakannya, karena takut terpapar virus," kata Rahmat.

Adapun, jumlah besaran bantuan secara pasti termasuk rincian serta alokasi dan jenis kegiatannya akan segera dibahas oleh Setda Jabar kepada pimpinan DPRD.

https://regional.kompas.com/read/202...yang-terdampak

Note :

Tok! APBD Jabar 2020 Disepakati Rp46 Triliun
Meski Terlambat, APBD DKI 2020 Akhirnya Diketok Sebesar Rp 87,95 Triliun.

jabar aja berkat kerjasama Gubernur dan DPRD berhasil merubah 40% peruntukan APBDnya untuk covid 19..
Knapa jakarta yang APBDnya 2 kali lipat jabar minim sekali dananya... emoticon-Embarrassment

Kalo semua daerah bergerak cepat seperti Jabar, banyangin brapa RATUS TRILIYUN dana yang bisa digunakan untuk memerangi wabah ini


Kalo pemerintah pusat suruh menanggung semua sendiri tentu berat bagi keuangan negara, tp kalo semua daerah patungan dan mengambil contoh yang dilakukan jabar pasti banyak dana yang tersedia untuk menangulangi virus ini

Tadinya gw berharapa GUB DKI bisa menjadi role model bagi daerah laennya berhubung apbd dia terbesar dan dia jelas2 kepengen maju 2024 tp kayanya harapan gw ketinggian.. emoticon-Embarrassment

APBD 2020 prov di pulau jawa aja totalnya hampir 200T kalo jabar berhasil mengalokasikan 40% anggaranya harusnya daerah laen juga bisa kan.. dari pulau jawa aja tersedia dana 90T..

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jamkecil
Halaman 1 dari 2
Quote:



Keburu abis buat balapan sama kebelet nyalon...


Pemprov dan DPRD Jabar Sepakat Rp 18 Triliun untuk Warga yang Terdampak Covid-19


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
p.star7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
sepakatnya sekarang, penerapan setelah APBD-P diketok dewan, bantuan disalurkan setelah masa tanggap darurat,

Sepertinya baru efektif 2-3 bulan lagi, tp gpp, semoga bsa segera dieksekusi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg penting gubernurnya jadi room boy hotel buat tenaga medis

Daerah mungkin bisa pesan rapid test juga sebanyak2nya pake APBD, jangan ngandalin pusat mulu, kalau pusatnya lelet daerah keburu parah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh p.star7
sepertinya suspectnya bs jutaan
anggarannya aja sgtu bnyknyaemoticon-Takut
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
keputusan yang bagus itu
profile-picture
profile-picture
samsol... dan jamkecil memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ngak perlu saling membandingkan, semua daerah pastinya sudah mengeluarkan dana dari APBD untuk menangani wabah virus corona.
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sementara gabernernya kadrun bikin spanduk, poster, bikin surat dan belagak jadi staff humas emoticon-Big Grin

standar kepemimpinan kadrun rendah sekali emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodokbudegdikit dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Oh kalau Jabar dipuja puji kalau daerah lain di caci maki gitu maksud lu
profile-picture
profile-picture
afifa007 dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ketua dprd dki aja brantem mulu sama si anies mau ngarep sepakat?
si anies nyuruh kantor libur aja si pras langsung treak2 protes
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Jabar lebih gerak cepat mau keluar duit daripada dki , dki mungkin tunggu parah baru mau keluar duit
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Quote:


Jadi elu mau membandingkan Jabar dengan Provinsi mana ?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Provinsi mana aja ?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Emang lu tau apa sih apa saja yang sudah dilakukan oleh provinsi² tsb dalam upaya menanggulangi wabah virus corona ?
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya terus, itu menurut lu bagus apa jelak ?
profile-picture
profile-picture
riezazura dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Oh jelas lu emang suka membandingkan dan jelas lu benci sama Anies.

Miris
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 1 balasan
Quote:


Jadi elu lebih pinter dengan para pemimpin daerah ?
Lihat 3 balasan
Quote:


Anies selalu dikritik dan dicaci maki, biasa aja.

Gue bukan pendukung siapa pun.

Miris di tengah situasi genting seperti saat ini, elu masih aja membanding-bandingkan kebijakan setiap pemimpin daerah dalam upaya menangani wabah virus corona atas dasar suka dan ngak suka.
Lihat 1 balasan
Quote:


Ngak suka hajar menghajar gue, cukup baik komen² TS, apresiasi gue, dia ngak suka caci maki ternyata, dia pakai data dan fakta.
profile-picture
profile-picture
jamkecil dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ngintil aja lu kemanapun gue komen
profile-picture
profile-picture
jamkecil dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Mending lu ikutin aja kaskuser yang cerdas² disini, jangan ngikutin gue
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di