CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
THR Mau Dipangkas 50% Gegara Corona, Buruh Tak Terima
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d634daf7e935d2724265d/thr-mau-dipangkas-50-gegara-corona-buruh-tak-terima

THR Mau Dipangkas 50% Gegara Corona, Buruh Tak Terima

 THR Mau Dipangkas 50% Gegara Corona, Buruh Tak Terima

Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan buruh dengan tegas menolak usulan pengusaha yang meminta ada keringanan pembayaran tunjangan hari raya (THR) pada Lebaran 2020. Pengusaha minta ada keringanan THR 50% karena bisnis mereka kena dampak wabah virus corona (COVID-19).

Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kahar S. Cahyono menyebut, terhambatnya kegiatan ekonomi selama satu bulan terakhir seharusnya tidak menjadi alasan kesulitan membayar THR. Pasalnya dalam rentang 9 bulan sebelumnya, sudah banyak keuntungan yang diambil pengusaha. Sehingga, aturan membayar THR sepenuhnya harus dilaksanakan.

"Corona satu bulanan, jadi nggak fair itu jadi alasan pengusaha untuk nggak berikan THR secara penuh. karena THR kan rutinitas tahunan. Jadi harus jauh-jauh hari dianggarkan dari keuntungan saban bulan itu untuk pembayaran THR. Jangan karena permasalahan yang sebentar terjadi, kemudian manja untuk tidak memberikan apa yang harusnya didapatkan para buruh," kata Kahar kepada CNBC Indonesia, Kamis (26/3).

Pilihan Redaksi

Peta Corona Jakarta 26 Maret: 472 Orang Positif, 43 Meninggal
Banyak Berguguran, Tenaga Medis Minta Ikut Tes Corona
Ibunda Jokowi Wafat, SBY Terkenang Pertemuan 5 Tahun Lalu



Terlebih, momen lebaran yang biasanya terjadi perputaran uang besar, ini peluang untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang didominasi buruh. Salah satu caranya dengan memberikan stimulus lebih.

"Kita keberatan kalau THR hanya diberikan 50%. Dalam kondisi sulit mestinya THR diberikan penuh, bahkan kalau bisa ditambahin untuk tingkatkan daya beli pekerja.


Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyebut pengusaha kesulitan dalam menjalankan usaha. Karena, saat ini perputaran uang tidak sepenuhnya lancar karena dampak corona.

Sarman menyebut THR yang diberikan, berpotensi tidak bisa sepenuhnya. Ia pun meminta pengertian akan hal ini.

"Apa kemampuan perusahaan itu hanya 80%, 60% bahkan 50%. Bahkan mungkin juga ada pahitnya kalau nanti kemungkinan tidak bisa akan dirapel tahun depan misalnya atau nanti saat kondisi keuangan sudah membaik, tapi tetap posisi tanggung jawab perusahaan akan dijalankan. Nanti akan banyak opsi lah," katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (23/3).

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ruh-tak-terima

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Gw kgk setuju klo 50% ya tp klo 75% msh bisa diterima.. emoticon-No Hope
Ngitung gaji di indonesia ya pertahun / 13 emoticon-Big Grin
Diubah oleh ruuuruuu
Lihat 1 balasan
Ya udah kasih full thrnya abis itu langsung ganti sama robot ato pindahin pabrik nya ke tempat ato negara yg lebih murah...


Semua senang semua gembira


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ya elah bersyukur dong masih dikasih kesempatan buruh dapet THR daripada enggak sama sekali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rafiuztadi24 dan 7 lainnya memberi reputasi
ini sih baru yg dibilang fenomena jokowi efek
gara remehin corona beruntun sialnya dan gak abis2
Lihat 1 balasan
sikon lagi tidak normal saat ini ( Bahasa halusnya Ambyar! ), jadi lebih baik diterima aja berapa pun THR yang diterima
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
ga dipecat aja masih untung kalian buruhemoticon-Ngakak

liat aja 1-2 bulan lg bakal byk phk iniemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 5 lainnya memberi reputasi
kondisi darurat kek gini masih ngarep THR 100%. Semua bidang colaps kok masih mentingin perut sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
ga usa buruh , staff kantor di kantor ane juga begitu , tapi ya udahlah daripada PHK mending THR dikurangin, kantor juga ga ada penjualan setengah bulan ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
ya kalo gak setuju silahkan demo emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 5 lainnya memberi reputasi
pengusaha berdalih penurunan profit. buruh tak terima akibat kebutuhan hidup dan keperluan lainnya.

kalo berkaca dari pedagang kecil dan UKM kira kira dgn kondisi #dirumahaja bisa punya duit buat lebaran gak?? #mikir

emoticon-Traveller
profile-picture
riezazura memberi reputasi
Harus dipenuhi lah, THR kan kewajiban..

tapi bisa saja kena potongan yg sudah diatur oleh perusahaan, berdasarkan performa masing2 pekerja emoticon-Big Grin

intinya harus fair, kerja kamu setahun kemarin termasuk bagus apa engga? jangan cuma maunya nuntut emoticon-Cape d... (S)
ekonomi semakin meroket nih
tumben biasanya ikbal
boleh dipotong 50%, tapi ya dari bulan kita WFH atau Social distancing.
Lihat 1 balasan
Quote:


klu karyawannya UKM atau pedagang kecil ya dibayar gajinya dan ga dipecat aja udah syukur.
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
ya ud yg minta tetep 100% jangan kasih wfh.. emoticon-Stick Out Tongue

buruh kok ya diminta pengertian, aya2 wae.. infrastruktur bersama aja mereka kacaukan buat kepentingan mereka sendiri kok.
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan galuhsuda memberi reputasi
Diubah oleh susu.tikus.liar
masih mending dapat thr , kita mahasiswa nganggur 5 tahun emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marianimb dan 2 lainnya memberi reputasi
kurang rasa syukur sih buruhemoticon-Ultahemoticon-Swedia
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
Kasih THR 100% tapi gak ada wfh wfh an

Masok terus, resiko kena corona ditanggung sendiri eak emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan 3 lainnya memberi reputasi
Kasi aja 100% sekalian pesangon nya

emoticon-Ngacir2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di