CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PSI Minta DKI Respon Keluhan Warga Beli Ventilator Cegah Kematian Pasien Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d533aa727681b462000b1/psi-minta-dki-respon-keluhan-warga-beli-ventilator-cegah-kematian-pasien-virus-corona

PSI Minta DKI Respon Keluhan Warga Beli Ventilator Cegah Kematian Pasien Virus Corona

PSI Minta DKI Respon Keluhan Warga Beli Ventilator Cegah Kematian Pasien Virus Corona

TEMPO.CO, Jakarta - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia atau PSI DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi segera mengalokasikan anggaran untuk pembelian ventilator untuk menangani wabah virus corona.

“Kami mendapatkan aduan dari masyarakat dan temuan dari lapangan bahwa saat ini rumah sakit mengalami kelangkaan fasilitas ICU (Intensive Care Unit), terutama alat bantu pernafasan ventilator. Tanpa ventilator, maka tingkat kematian akibat virus corona akan sangat tinggi. Karena itu, Pemprov DKI harus segera membeli banyak ventilator agar semua pasien dapat ditangani,” kata Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Wakil Ketua Komisi E dari Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 27 Maret 2020.

Anggara mengatakan, hingga 26 Maret 2020 tercatat ada 459 pasien positif corona di Jakarta atau hampir 60 persen dari total kasus secara nasional. Dari jumlah tersebut sebanyak 226 orang tengah dirawat di rumah sakit.

Anggara meminta Pemprov DKI belajar dari kasus virus corona di luar negeri. Ia mengatakan kelangkaan ventilator juga terjadi di negara maju seperti Spanyol, Prancis dan Italia.

“Ada ribuan pasien kritis yang harus ditangani, sedangkan rumah sakit hanya memiliki sedikit ventilator. Akibatnya, dokter-dokter di Spanyol dan Italia harus memilih siapa yang akan diselamatkan dan siapa yang dibiarkan berjuang hidup sendiri tanpa alat bantu pernafasan. Ini tidak boleh terjadi di Jakarta,” ucap Anggara.

Ia mengingatkan agar Pemprov DKI segera bergerak tidak hanya menunggu bantuan alat kesehatan dari pusat jika tak ingin kondisi tersebut terjadi di Ibu Kota. Anggara mengatakan jika melihat kemampuan anggaran APBD DKI Jakarta yang cukup besar, ia menilai Pemprov DKI bisa memenuhi kebutuhan ini.

“Harga ventilator sekitar Rp 450 juta per unit. Kalau melihat tren di Spanyol, Prancis, dan Italia, jika diasumsikan 1 persen penduduk Jakarta terpapar virus corona, maka akan dibutuhkan sekurangnya 2.800 sampai 3.500 ventilator. Sehingga total biaya yang dibutuhkan antara Rp 1,35 triliun sampai Rp 1,69 triliun termasuk pajak, ” jelasnya.

Kebutuhan anggaran tersebut belum termasuk untuk pembuatan dan pemenuhan fasilitas ICU darurat lainnya. Anggara menilai sumber anggaran bisa diambil dari kegiatan lain yang relatif tidak mendesak.

“Saya sudah cek di APBD 2020, beberapa pos anggaran yang bisa dialihkan antara lain pembangunan trotoar, sebagian pengadaan tanah, dan Formula E yang masing-masing nilainya Rp 1,2 triliun. Dari dua kegiatan itu saja totalnya mencapai Rp 3,6 triliun,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah RI Kembali Datangkan Ratusan Ventilator untuk Penanganan Corona

PSI menekankan, pemerintah harus siap dengan dengan skenario terburuk jika ada ribuan orang sakit kritis. Jika ini terjadi, maka akan ada konflik di rumah sakit akibat rebutan ventilator.

“Jangan sampai nanti banyak rakyat kecil terlantar dan tidak mendapatkan ventilator, lalu dibiarkan meninggal begitu saja,” kata Anggara.

https://www.google.com/amp/s/metro.t...n-virus-corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh joko.win
Halaman 1 dari 4
Partai goblok sedang cari panggunh....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kiwilboo dan 7 lainnya memberi reputasi
Pasti dibelikan.

Soalnya gubernur kan peduli kesehatan warganya.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wolverhampton dan 2 lainnya memberi reputasi
Dki itu yg terjangkit paling banyak karena yg dites swab jg paling banyak
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan samsol... memberi reputasi
PSI cari panggung cari untung dari kasus corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kiwilboo dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Akun TERA.BORKA mu kok nga dipakai ?

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kiwilboo dan samsol... memberi reputasi
RS tapi ga punya ventilator cukup?

Menurut gue bukan kurang tanggap pemprov atau pusat, tapi emang selama ini kualitas medis di Indonesia terbelakang banget. Mahal tapi terbelakang...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kbeniadip
Lihat 2 balasan
Quote:


Karena itulah butuh alat ventilator banyak.

Aku yakin ama gubernur pasti dibelikan.

Soalnya beliau belakangan ini di media terlihat begitu peduli dengan kesehatan warganya.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Guciano08 dan 3 lainnya memberi reputasi
semua jadi tanggung jawab dki ya?
giliran dki mau gerak pshit langsung koar koar.
partai sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
ya mbok PSI inisiatif nyumbang ventilator

profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Biasa... Banyak yg kejet2 dg post ane.. Trus mewek ke mod... (atau mod nya yg ikutan mewek).. Dban deh... Hahaha
profile-picture
gw.kenshin1601 memberi reputasi
kebiasaan anggota dHewan... Cari panggung nyuruh2 pemprov buat beli Ventilator, ujung2nya mereka sendiri udah nyiapin rekanan/pihak ketiga buat proyek pengadaan ventilator.
emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Semoga gubernur mau mengalihkan anggaran formula e untuk beli ventilator emoticon-Mewek
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Quote:


Mereka nga bisa membedakan antara trolling dan serius.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
free_use dan 2 lainnya memberi reputasi
Lhaa emg anggaran DKI yg triliunan dipake buat apa???

Bagus emg buat beli alkes...

Karena yg saran PSI byk yg kejet kejet....

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kiwilboo dan 2 lainnya memberi reputasi
PSI Minta DKI Respon Keluhan Warga Beli Ventilator Cegah Kematian Pasien Virus Corona partai kntl
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 3 lainnya memberi reputasi
Emang beli venilator itu bisa cepat?
Kalaupun ada yg butuh juga banyak.
Lihat 1 balasan
Quote:


Lha kalo bukan tanggung jawab DKI trus tanggung jawab siapa gan.

emoticon-Bingung

Wong rapiin seprei hotel yang bukan tanggung jawabnya aja dikerjain kok.

Pastinya tanggung jawab beli alat ventilator yang jelas2 urgen tidak dilepas juga lha.

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


nah bener gan
makelar alkes gak jauh dr PSI juga

makanya drpd nyinyir mending PSI nyumbang ventilator
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan rakooon memberi reputasi
Quote:


profile-picture
samsol... memberi reputasi
Quote:


kalo lewat PSI bisa cepat dan dapat banyak

emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di