CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Suzuki Indonesia Sebut Stok Impor Ignis dari India 'Aman'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7d0ddffacb953f8e127802/suzuki-indonesia-sebut-stok-impor-ignis-dari-india-aman

Suzuki Indonesia Sebut Stok Impor Ignis dari India 'Aman'

Suzuki Indonesia Sebut Stok Impor Ignis dari India 'Aman'

BBC NEWS - Produsen otomotif di dalam negeri yang mengandalkan impor mobil dari India mengaku belum merasakan dampak kebijakan lockdown yang diterapkan selama 21 hari sejak 24 Maret. Lockdown itu diikuti penutupan pabrik sementara oleh berbagai merek termasuk Suzuki dan Mahindra.

Penjual mobil Suzuki dan Mahindra di Indonesia menyatakan status stok mobil impor dari India mereka masih aman sampai Mei.

Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda empat Donny Saputra menyampaikan bisnis tidak terganggu sebab pihaknya telah memasok mobil sebelum India melakukan lockdown dengan jumlah yang diperkirakan cukup hingga akhir Mei.

Sejauh ini mobil Suzuki yang diimpor utuh (CBU) dari India untuk dijual pasar Tanah Air yakni SUV SX4 S-Cross, Baleno Hatchback, dan mobil kota Ignis.

"Kalau stok mobil CBU sebetulnya sudah disiapkan jauh-jauh hari buat kondisi lebaran [akhir Mei 2020]. Jadi stok kami masih aman," kata Donny saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (26/3).

Lihat Juga : KAU TOKOH INSPIRASI. IR. JOKO WIDODO

Donny juga menjelaskan lockdown India tidak begitu mempengaruhi suplai komponen buat perakitan kendaraan pabrik Suzuki di dalam negeri.

"Karena kan mobil yang kami buat di Indonesia konten lokal sudah tinggi, jadi ya tidak berdampak signifikan juga," ungkap dia.

RMA Indonesia, distributor merek mobil asal India, Mahindra, juga memastikan bisnisnya tidak akan terkendala karena lockdown India. Menurut perusahaan stok yang ada sekarang masih cukup untuk kebutuhan penjualan di dalam negeri.

Mahindra diketahui hanya menjual satu model pikap Scorpio yang tersedia versi kabin tunggal dan kabin ganda. Mobil ini meluncur perdana di Indonesia Oktober 2019.

"Jadi stok mobil dan suku cadang aman, sudah sesuai," kata Marketing dan Sales Senior Manager RMA Indonesia Yanto Mardianto.

Sejumlah produsen otomotif di India sudah menunda aktivitas produksi. Mereka mendukung kebijakan pemerintah sebagai upaya menghentikan penularan virus corona (Covid-19). India sebelumnya telah melaporkan 415 kasus corona yang diprediksi jumlahnya meningkat dalam waktu dekat.

Beberapa merek yang sudah menghentikan produksi di India yaitu Mercedes-Benz, Maruti Suzuki, Mahindra, Ford, Fiat, hingga produsen sepeda motor Bajaj, Yamaha, sampai dengan TVS.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di