CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kota Tegal Lockdown Lokal 4 Bulan, Begini Reaksi Warga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7ce7afc8393a6fb6741153/kota-tegal-lockdown-lokal-4-bulan-begini-reaksi-warga

Kota Tegal Lockdown Lokal 4 Bulan, Begini Reaksi Warga

 Kota Tegal Lockdown Lokal 4 Bulan, Begini Reaksi Warga

TEGAL, iNews.id - Kebijakan Pemkot Tegal yang akan melakukan lockdown local selama empat bulan mulai 30 Maret hingga 30 Juli 2020 menuai reaksi masyarakat. Mereka memprotes kebijakan tersebut yang dinilai terlalu berlebihan.

Keputusan berani Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menutup semua akses kota itu setelah satu pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Pasien laki-laki berusia 34 tahun warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal itu saat ini masih dirawat intensif di RSUD Kardinah Tegal. Pasien itu baru pulang dari Dubai, Uni Emirate Arab, 16 Maret 2020 lalu.

“Berita yang sangat memprihatinkan , Bahwa Pasien, laki-laki, berusia 34 tahun, yang beralamat dari kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Pada Hari ini sudah dinyatakan positif Covid-19” kata Dedy Yon saat konferensi pers di pendapa Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal, Rabu (25/3/2020) malam.

Menanggapi keputusan tersebut, warga Kota Tegal langsung bereaksi. Mereka menilai lockdown harus disertai kebijakan lain yang tidak merugikan masyarakat terutama di sesektor ekonomi rakyat kecil.

“Jgn bicara lokdan lokdon kalo pemkot tidak mampu menanggung biaya tinggi akibat lockdown bagi warga yg terdampak. Ini serius bro,” tulis Yunibar di akun @yunibarsurya.

Netizen lainnya juga menilai lockdown hanya akan menambah beban masyarakat berpenghasilan rendah semakin kesulitan.

“Pak Jokowi menyerukan untuk masing masing kepala daerah harus mempertimbangkan dampak ekonomi bagi masyarakat kecil sampe dengan tukang ojeg.

Keputusan lockdown kota dengan menutup akses jalan bukannya hanya akan mematikan ekonomi rakyat cilik, yang masih butuh bekerja harian untuk mencari makan, mohon hal.ini juga di pertimbangkan ...kasian wong cilik yg tetep butuh solusi untuk memenuhi nafkah,” tulis @asmungi.almanan.

Dia juga menantang pegawai pemkot dan DPRD untuk siap dipotong gajinya 50 persen agar sama-sama merasakan dampak ekonomi akibat kebijakan lockdown tersebut.

“Apakah pegawai Pemkot dan DPRD siap juga di potong 50% gajinya agar sama sama merasakan dampak ekonomi nya untuk dialihkan pemberian subsidi keapda rakyat kecil yg berdampak...karena mereka digaji oleh rakyat....kota lain TDK ada yg sampai menutup jalan pak. Mohon dapat dipertimbangkan jika penutupan diperpanjang sampai juli...kita semua beeharap agar virus ini segera usai namun tetap menjaga ekonomi rakyat cilik,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, kebijakan lockdown tersebut terpaksa diambil untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona di Kota Tegal.

“Kota Tegal akan full lockdown local. Seluruh perbatasan rencananya kita tutup tidak lagi dengan water barrier, tapi dengan MBC beton. Rencana kita tutup 30 maret sampai 30 Juli 2020. Ini demi keamanan kita bersama,” kata Dedy.

Menurut Dedy, jalur yang dibuka hanya jalan provinsi dan nasional. Sedangkan seluruh daerah di Kota Tegal akan diberi pembatas berupa MBC beton.

“Kita kasih pembatas pakai MBC beton, sehingga tidak ada masyarakat yang bisa memindah atau menggeser. Satu MBC beton itu kurang lebih 2 ton. Ini demi keselamatan kita semua,” ujarnya.

Dedy mengaku kebijakan yang ditempuhnya itu terpaksa dilakukan agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas. Dedy juga berharap masyarakat bisa memahami kebijakan itu dan kompak bersama-sama melawan virus corona. “Ini adalah pilihan yang sangat pahit. Saya pribadi juga dilematis. Kalau boleh memilih, saya lebih baik dibenci masyarakat,” katanya.

Sumber : [url]https://jateng.inews.id/berita/kota-tegal-lockdown-lokal-4-bulan-begini-reaksi-warga [/url]


=======================================================


Quote:



Kebijakan karantina wilayah opsi yang masuk akal.
Tapi ekonomi masyarakat juga harus diperhatikan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Di Indonesia Hukum diinjak2..
Menteri bilang tidak boleh sembarangan bilang lockdown tiba2 ada pengumuman tanpa ada orang pusat atau kementrian atau gugus tugas Covid-19 satu pun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 2 lainnya memberi reputasi
Ada uu nya karantina, kebutuhan dasar pokok ya ditanggung pemerintah kalo gk dikasi bisa dituntutlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
mungkin ka perlu sampai full lockdown... setiap individu memperlakukan dirinya sendiri sebagai ODP aja cukup. Isolasi mandiri, kalopun ada perlu sebisa mungkin jaga jarak. Test ama data statistik disini ane kira udh ga relevan lagi.. peningkatan jumlah orang terpapar dibanding kesiapan lab buat testnya keknya udh terlalu jauh.
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
coba aj kita lihat kelanjutannya
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Mungkin
walikotanya panikan
Atau bisa juga
guru yang gak mau repot , 1 kelas kasih nilai 100 semua emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buatbarulagi
Bakal ralat pernyataan gak nih?
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
butuh backup finansial yang cukup untuk mengkompensasi warga yang terkena dampak lokdon.
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan rizaradri memberi reputasi
Mohon dengan sangat pak, ga perlu ada lokdon-lokdonan, ga perlu ada social distancing, ga perlu ada ah.... Hal-hal yg ga jelas.... Biarlah keadaan seperti sedia kala... Bebas kesana kemari, bersilaturahmi, bercengkerama salinh peluk ria dan kecup hangat serta bercumbu mesra... Biarkan kami mudik atau bertemu dengan orang tua kami...


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan rizaradri memberi reputasi
Quote:


Social distancing itu gampang bagi yang bercukupan

Yang susah ialah bagi orang yang menengah kebawah yang masih ojol, jualan dipasar, warung, dagang kopi, buruh, dll

Dengan lockdown secara sah, mereka pun dikasih makan sama pemerintah soalnya ada UU nya.

Gak kayak sekarang yaitu semi lockdown....
Dirumah iya, dikasih makan kaga


Atau dibuat UU nya biar menengah kebawah dikasih makan pas social distancing....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vlad.eisenhauer dan 4 lainnya memberi reputasi
Dah di "tabok" ganjar
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan scorpiolama memberi reputasi
Ya asal APBD kuat aja.
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan scorpiolama memberi reputasi
4 bulan karantina ya wajar kalau menuai polemik
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Ga salah lockdown 4 bulan, pintar banget pak walikotanya, orang lain sebulan trus liat perkembangan, ini lgs 4 bulan, coba koordinasi sama pusat dulu atau baca2 cari tau lockdown itu apa, daripada ntar malu keputusan dianulir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 3 lainnya memberi reputasi
Gila 4 bulan tapi gapapa sih yang jadi tahanan istri pun bertahun tahun kuat
emoticon-Menang
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
semoga badai virus cepat berlalu, ane rasa 4 bln kelamaan
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ya emang dongok seh kalo lock down tapi gak di sertai pemotongan gaji pns, bumn, dpr, dprd, mpr, pres dan kabinetnya

ngirit anggaran paling gak seberapa. buat beli apd, alkes juga kurang. belom lagi buat pangan rakyat yg gak bisa kemana2 cari nafkah gara2 lock down
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Quote:


Di rumah iya. Di kasih makan kagak

Akibatnya jadi keluyuran nyari duit. Yg gini bahaya. Bisa2 jadi maling
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
lokdon 4 bln tanpa memikirkan ada'a kebijakan tambahan (insentif ekonomi) ???

emoticon-Bingung

yg kyk gini ini tipe pemimpin pengecut,...
mengatas namakan keselamatan bersama pdhl lbh ke ego krn dia takut tertular,...

emoticon-Betty
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
walikotanya harus koordinasi dgn pusat
Dan harus mencukupi kebutuhan dasar mereka2 yg rentan jadi korban kebijakan tutup kota

tapi klw lihat sejarah hindia belanda sampai Indonesia, sampai reformasi,
pessimistic lah kita apa pemkot pemkot mau

mentalnya pemerintah masih mental ndoro
bukan mental hero
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
sudahi politisasi BENCANA..
AYO sama sama ber empati emoticon-sad
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di