CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemprov Aceh Dalami Info Jenazah PDP Meninggal Dimandikan Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7cdf17337f93042e5a0a91/pemprov-aceh-dalami-info-jenazah-pdp-meninggal-dimandikan-keluarga

Pemprov Aceh Dalami Info Jenazah PDP Meninggal Dimandikan Keluarga

Banda Aceh - 
Pemerintah Aceh tengah mendalami informasi terkait peti jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh dibuka pihak keluarga. Jenazah tersebut dikabarkan dimandikan pihak keluarga sebelum dimakamkan.
"Saya baru dapat informasi tapi sedang didalami," kata Juru Bicara Juru Bicara Covid-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani dalam video conference dengan wartawan, Kamis (26/3/2020).

Pria yang akrab disapa SAG ini menjelaskan, dari rumah sakit, perlakuan jenazah sesuai dengan standar penanganan Covid-19. Prosedurnya di antaranya jenazah dimasukkan ke plastik dan kantong jenazah lalu baru dimasukkan ke peti jenazah.

Jenazah pria berusia 43 tahun tersebut selanjutnya dibawa ke kampung halamannya di Aceh Utara. Petugas rumah sakit dan sopir ambulans sudah mengingatkan pihak keluarga agar peti jenazah tidak dibuka lagi.

"Sampai di sana peti dibuka dan dimandikan kembali. Diperlakukan seperti jenazah biasa. Tapi apakah benar informasinya seperti itu, masih kita dalami lebih lanjut," jelas SAG.

"(Jika benar) harus ada tindakan isolasi dan harus mensterilkan kembali orang yang dekat dengan jenazah tersebut," ungkapnya.

Seperti diketahui, PDP terkait Corona asal Aceh Utara tersebut meninggal di ruang RICU RSUZA pada Rabu (25/3) kemarin. Dia meninggal karena gagal napas akibat pneumonia.



DETIK

gila, begitu minimnya SOP yang jelas atas kasus ini mempertunjukkan dengan telanjang mata bahwa betapa buruknya sistem kesehatan dan perundangan di Indonesia.

bagaimana mungkin tidak ada pihak otoritas yang memonitor hal seperti ini? Bagaimana mungkin ada jenazah yang masih bisa dibawa pulang dan dibuka serta dimandikan? Tidak adakah kordinasi antara petugas kesehatan dan aparat kepolisian disana? 

apa protapnya? apakah protap tersebut bisa memidanakan orang jika tidak dipatuhi?

ini belum lagi pertanyaan, jenis plastik apa yagn bisa membungkus jenazah dengan kasus Covid19? di negara lain, jenazah yagn positiv Covid19 dibakar. 

Berapa lama kah orang Indonesia mau bebas dari Covid19? 

profile-picture
falin182 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
apakah sistem di rumah sakit sesuai dgn protokol? kenapa masih ada juga keluarga yg bawa jenazah pdp. miris liat di sulawesi sana sampai mayatnya dicium cium.
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tidak usah dalami lagi nanti korslet.
kan achenistan itu akido nomor satu. mayit dimandikan, dikafani, dikuburkan itu akido bukan?emoticon-Blue Guy Smile (S)
terjadi lagi...emoticon-Hammer
Ternyata diingatkan saja sama petugas tidak cukup memberi kesadaran. kedepannya harus bisa lebih tegas lagi dan jangan kasih kelonggaran ke pihak keluarga untuk menguburkan sendiri. tega gak tega daripada menulari pihak keluarga yg lain
Quote:


Ini yang dinamakan seleksi alam. Yang kuat dan berilmu akan bertahan. Yang tak berilmu mungkin akan musnah karena kebodohannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
albi00 dan 2 lainnya memberi reputasi


Quote:


emoticon-Ngakak

emang kalo di petiin ntar gmn gan?
susah ya malaikat interogasinya..

emoticon-Ngakak
Aceh gitu. Petugas kesehatan gw percaya udah ngomong berkali kali tapi ngadepanin orang bebal ya gitu. Harusnya pemerintah aceh bisa lebih keras dampingi kek petugas kesehatan dengan petugas keamanan ato apalah buat ngawal SOP.
Aceh terbukti keras dalam penanganan perda syariah mereka punya aparat yang terbukti tega mosok kasus kek gini ga bisa dikerasin toh nyangkut keselamatan orang banyak
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
biarin aja
Propinsi paling idiot.
harusnya sarjana lain yang sedang nganggur atau diliburkan bantu edukasi warga yang masyarakat yang masih goblok emoticon-Blue Guy Bata (L)

kalau semua tugas hanya dibebankan pada tenaga kesehatan apalagi yang sedang bekerja di RS, ya bisa kacau seperti ini emoticon-Takut

profile-picture
highlander. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
berita pungo
You are witnessing natural selection at work emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
mayat-mayat kaum ana, yang ketularan & mati nanti kaum ana,, kenafa juga antum yang mesti refot
Lihat 1 balasan
tinggal pilih lebih penting yg sudah mati ato yg masih hidup
resiko ditanggung sendiri
emoticon-Toast
lockdown aja itu kampung. keluarganya, yang mandiin, yang nyolatin kalo keluar tembak mati
klo ga bisa bantu tenaga medis yg lg kewalahan, minimal gausah nyusahin lah😒
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Dan terulang lg kasus sulswesi....
Berapa lama? Covid ini bakal antiklimaks
Udah biar aja biar masal disana, lumayan ngurangin orang bebal di Indonesia emoticon-Ngakak
sebaiknya dikremasi saja
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di