CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7cd4e9eaab253d3402d9b1/soal-lockdown-ariel-heryanto-pemerintah-tak-mampu-santuni-orang-miskin

Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin

Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin


"Mungkin bukan "enggan", tapi tak mampu? Memajaki orang-orang kaya masih susah," tulis Ariel.

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Kamis, 26 Maret 2020 | 18:46 WIB
Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin
Cuitan Ariel Heryanto soal pemerintah tak mau lockdown. (Twitter/@ariel_heryanto)

Suara.com - Profesor program studi Indonesia di Universitas Monash Australia, Ariel Heryanto menanggapi pernyataan Hariz Azhar mengenai pemerintah yang enggan menerapkan kebijakan lockdown di tengan pandemi virus corona Covid-19.

Ariel melalui akun Twitter pribadinya menanggapi tautan artikel Suara.com berjudul "Hariz Azhar: Pemerintah Tak Mau Lockdown Karena Enggan Santuni Orang Miskin".

ADVERTISING

Ads by Teads
Terkait hal itu, Ariel menilai mestinya kata "enggan" diganti dengan "tak mampu". Sebab, pemerintah sampai sekarang masih kesulitan menagih pajak kepada orang-orang kaya sehingga tak mampu menyantuni kalangan menengah ke bawah.

"Mungkin bukan 'enggan', tapi tak mampu? Memajaki orang-orang kaya masih susah," tulis Ariel, seperti dikutip Suara.com, Kamis (26/2/2020).

Ariel kemudian mengatakan, untuk menerapkan kebijakan lockdown sejatinya membutuhkan banyak pertimbangan, termasuk tentang mekanisme pembayaran santuran ke orang miskin.

"Dana yang dibutuhkan sangat besar mengingat jumlah penduduk yang membutuhkan. Belum lagi rumitnya mengelola santunan darurat," tambahnya.


Ariel menduga, kebijakan lockdown bakal diterapkan pemerintah dalam waktu dekat bila memang mampu menyantuni orang miskin.

Cuitan Ariel Heryanto soal pemerintah tak mau lockdown. (Twitter/@ariel_heryanto)
Cuitan Ariel Heryanto soal pemerintah tak mau lockdown. (Twitter/@ariel_heryanto)
Lebih lanjut, dalam cuitan selanjutnya, Ariel menegaskan pemerintah mestinya transparan memberikan informasi kepada publik termasuk mengenai kebijakan lockdown untuk menimalisir berbagai dugaan.

"Itu pentingnya keterbukaan informasi dan data kepada publik: tentang dana, tentang risiko, tentang kebutuhan kelompok rentan, tentang wawasan dan strategi pemerintah. Publik tak perlu bermain duga-dugaan, apalagi curiga," kata Ariel.

Maka dari itu, Ariel menyimpulkan, "Jadi bukan hanya pengumuman dan keputusan sepihak dari atas".

Cuitan Ariel Heryanto soal pemerintah tak mau lockdown. (Twitter/@ariel_heryanto)
Cuitan Ariel Heryanto soal pemerintah tak mau lockdown. (Twitter/@ariel_heryanto)
Untuk diketahui, anggota Koalisi Masyarakat Sipil Haris Azhar menilai bahwa pemerintah enggan me-lockdown negara karena ingin menghindari tanggung jawab menyantuni masyarakat sipil yang tak bisa bekerja.

Pernyataan ini ia sampaikan ketika menjadi narasumber dalam acara Indonesia Lawyers Club di TV One, Selasa (24/3/) malam.


"Pemerintah enggak bisa lockdown, ya emang enggak bisa karena tidak ada lockdown dalam hukum kita. Hukum kita kenalnya karantina," kata Haris.

Karantina yang dimaksud, lanjut Haris bisa berupa karantina nasional atau lokal, atau di tempat-tempat tertentu. Bergantung pada lokasi dan konsentrasi untuk melakukan pemulihan.

Haris mengatakan pemerintah justru menyerukan kampanye diam di rumah seperti yang dilakukan oleh para petugas medis.

"Saya bukan tidak peduli sama teman-teman yang memiliki ketahanan ekonomi yang tidak kuat seperti masyarakat kelas menengah. Justru saya minta supaya Undang-Undang Karantina Kesehatan No.6 itu diberlakukan. Dengan begitu ada ketegasan negara. Di situ negara berbeda dengan kelompok-kelompok profesi, kelompok-kelompok pekerja," katanya menjelaskan.

Ia mengingatkan bahwa Undang Undang Kesehatan No.6 Tahun 2018 tersebut ditandatangani oleh Presiden Jokowi. Maka ia mendesak agar pemerintahan Presiden Jokowi segera menggunakan UU tersebut.

"Saya melihat pemerintah tidak mau lockdown karena pemerintah pusat mau menghindar dari tanggung jawab untuk ngurusin warganya, yang minta kalau dua minggu diam di rumah, kirimin berasnya," kata Haris memberikan penjelasan.

https://www.suara.com/news/2020/03/2...i-orang-miskin


Keliatan memang ekonomi indo lagi ancur2an sehingga kesulitan atau tidak akan mampu menyantuni mereka yg akan kesulitan jika di lockdown

Semua akibat terlalu meremehkan Corona pada awalnya

Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin

Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin

Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin

Polling
19 Suara
Corona akankah ekonomi Indonesia resesi/krisis? 
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Lagian sudah telat untuk, lockdown mending siapin mass grave yang banyak, jangan lupa berdoa
profile-picture
adrianfuzagame memberi reputasi
Emang dah siap lockdown?

emoticon-Cape d...
profile-picture
buatbarulagi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
duitnya ada tinggal kita mau mati apa engak.. kalo mati baru dapet santunan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soda.water dan 3 lainnya memberi reputasi
ga yakin pemerintah siap dengan lockdown
Giliran bayar influencer mampu.

Ngasi diskon buat jalan2 mampu

Buat ngidupin rakyat nyerahhhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soda.water dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin

Astajim kita ini bangsa kaya emoticon-Bata (S)
Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin
profile-picture
profile-picture
binokulars dan MUF0REVER memberi reputasi
The lockdown: One month in Wuhan

Sebuah film dokumenter, dengan durasi 33:14 menit, dipublikasikan 28 Feberuari 2020, hingga saat ini telah ditonton 14 juta lebih.

Pesan yang paling penting di film tsb dari sebuah kejadian yang sebenarnya di Wuhan yang bisa ditiru oleh semua bangsa² di Dunia ini dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona adalah semangat kerja sama, etos kerja keras, bersatu dan bersama-sama dalam kebaikan, kemanusiaan dan sebuah harapan, baik itu dari para dokter-perawat, relawan, pihak militer, masyarakatnya yang taat dan patuh dan pemerintah lokal serta kebijakan dari pemerintah pusatnya, jadi bukan ke apa itu lockdown nya, menurut gue pribadi.

profile-picture
profile-picture
Simsmudvine dan MUF0REVER memberi reputasi
padahal sebelum wabah bilangnya ekonomi sudah meroket, pengangguran dan orang miskin sudah turun...kok biayain hidup 1-2 bulan saja tidak mampu? klaim asbun? emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soda.water dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh AULIA.anak.OON
Lihat 1 balasan
Quote:


Lu pikir biaya ngidupin rakyatnya cm sedikit?
profile-picture
soda.water memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tingkat kepatuhan dan kedisiplinan aja beda jauh ama negara tetangga.

Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin
Lihat 1 balasan
Ibu kota baru ada dananya emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
soda.water dan MUF0REVER memberi reputasi
tanpa lockdown pun perekonomian tetap mandek dan hancur-hancuran.
kenyataan sekarang cuma tinggal lihat masa akhir pandemi.seleksi alam.siapa yg kuat dia yang bertahan.
profile-picture
yuri21 memberi reputasi
gw taunya Ariel Piterpen
Krisis ekonomi indonesia memang harus terjadi.
Sejak pembangunan besar besaran pake apbn dan utang sana sini. Akhirnya apbn terkuras sehingga tidak ada dana cadangan untuk musibah skala nasional
Solusinya, ya hutang lagi, jual surat utang negara
Sementara hasil pembangunan besar besaran belum mampu meningkatkan pendapatan negara
profile-picture
soda.water memberi reputasi
Kalo seindonesia di lock ato karantina ya gak kuat 250jeti penduduk duit darimana, tapi kalo sekota pasti kuatlah tggal presidennya mau apa enggakemoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
Quote:


Kebalik , yang ada masyarakatnya siap ga buat lockdown..

Disuruh diem di rumah beberapa minggu aja malah keluyuran
Lihat 2 balasan
Quote:


w ga yakin bakal kuat orang sini, paling tar play victim, melanggar ham hem hom dll.
you know kadrunista? disuruh diam jangan demo aja udah tereak2 pemerintah zalim, bungkam dll, gimana kalo beneran lockdown?
Lihat 1 balasan
Quote:


kadrun siap? mereka hanya pengen pake issue ini buat neken pemerintah, cebong justru yang lebih siap, karena mereka rata2 kaum menengah agak keatas. untuk urusan logistik, cebong penjilat bool lebih siap, justru w takutnya kadrunista bikin issue ini buat bikin kerusuhan rasial, w bukan pendukung cebong dongok buzzer idiot yg tereak nkri harga mati tapi sebagian kemarin ud kabur ke singapura, manusia2 ga berbaik, tapi kadrun jauh bahaya, karena misinya adalah menyerang pemerintah, so apapun berani mereka lakukan, asal pemerintah keliatan jelek.
Quote:



Soal Lockdown, Ariel Heryanto: Pemerintah Tak Mampu Santuni Orang Miskin

Setau ane sih kadrun2 di daerah tempat ane tinggal pada berharap segera dilakukan lockdown malah biar gak cepat menyebar

Tapi yg cebong masih pada sibuk cebokin pemerintah

Walaupun ane gak setuju sama konsep khilafucek mereka tapi setidaknya ada yg ane setuju dari mereka soal lockdown untuk mencegah virus menyebar lebih jauh
Diubah oleh MUF0REVER
Ya allah berilah kekuatan bagi pemerintah supaya apa yang diputuskan menjadi yang terbaik bagi bangsa ini.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di