CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
13 Istilah Covid-19 yang Wajib kamu Ketahui!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7c96e6337f932ccc4af701/13-istilah-covid-19--yang-wajib-kamu-ketahui

13 Istilah Covid-19 yang Wajib kamu Ketahui!

13 Istilah Covid-19 yang Wajib kamu Ketahui!

WHO telah menetapkan bahwa covid-19 adalah masalah bagi setiap negara. dalam kondisi yang sangat buruk, ada beberapa istilah teknis yang digunakan dalam menyampaikan informasi terkini.

Covid-19 ini adalah virus yang menyerang sistem pernapasan ataupun paru-paru. Menurut WHO gejala awal kalian terkena virus covid-19, seperti demam, batuk, dan sesak nafas.

Tahun ini, covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan menybabkan 200 ribu orang terinfeksi dan 8 ribu orang meninggal. Dalam perkembangannya, ada beberapa macam istilah teknis yang digunakan. Apa saja sih itu?

ISTILAH-ISTILAH COVID-19

1. Pandemi

Pandemi adalah istilah bahwa penyebaran covid-19 telah menyebar keseluruh dunia. Istilah ini ditetapkan usai covid-19 menyebar hampir ke-100 negara di dunia.

Ternyata epidemi dengan pandemi sangat berbeda. Epidemi menyebarkan covid-19 hanya di skala daerah secara cepat, sedangkan pandemi menyebarkan covid-19 ke seluruh  dunia dan secara perlahan.

2. Isolasi

Menurut (KBBI) kamus besar bahasa indonesia, isolasi artinya memisakan suatu hal dari hal lain. Dalam istilah penyebaran covid-19, isolasi dilakukan untuk memisahkan pasien sakit dari orang-orang yang sehat.

Baca juga : Mengapa Dinamakan Virus Corona ? Ternyata Ini Alasannya

3. Karantina

Dalam istilah, karatina itu  adalah untuk memisahkan atau membatasi pergerakan seseorang yang tertular penyakit namun tidak mengalami gejala itu. Misalnya, ada orang di karantina selama 15 hari yang ketika dia baru saja pulang dari negara lain yang memiliki kasus covid-19.

4. Kluster

Istilah virus corona yang lain adalah kluster atau cluster. Istilah ini memiliki arti satu kelompok dengan satu kejadian kesehatan yang sama.

Contoh istilah yang dimaksud kluster adalah, ada pasien dengan kasus 01 dan 02 memiliki kluster yang sama, yakni bandung  karena mereka saling berhubungan.

5. Positif

Positif adalah orang yang terkena atau terinfeksi covid-19. Kepastian itu didapat dari tes swab atau cek usapan lendir dan saluran pernafasan di ruang laboratorium.

6. ODP

ODP adalah orang yang masih dalam pemantauan. Istilah ini diberikan kepada sesorang yang pernah berpergian ke negara yang mengalami kasus penyebaran covid-19 walaupun belum menunjukan gejala-gejala.

7. PDP

PDP adalah pasien yang dalam pengawasan. Contoh dari PDP yang dimaksud dengan istilah covid-19 adalah orang yang dirawat karena memiliki gejala-gejala seperti demam, batuk, dan sesak nafas.

8. Suspect

Istilah tentang suspect diberikan untuk orang yang diduga kuat terkena covid-19. Pasalnya, ia memiliki riwayat berpergian ke luar negara atau pernah melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi covid-19 ini.

Pasien suspect harus menjalani pemeriksaan guna menyatakan kondisi kesehatan positif terpapar covid-19 atau tidak.

9. Lockdown

Lockdown memiliki arti tindakan darurat dengan mengunci akses masuk serta keluar suatu Lockdown memiliki arti tindakan darurat dengan melarang siapa saja masuk atau keluar suatu negara atau daerah. Dalam istilah covid-19, lockdown berupa pengamanan ketat guna mencegah penyebaran covid-19.

10. Social Distancing

Social distancing merupakan upaya mencegah penyebaran virus corona dengan cara melakukan jaga jarak antara orang satu dengan yang lain. Misalnya menjauhi tempat keramaian.

11. WFH

Work from home(WFH), artinya bekerja di rumah. Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus semakin menjalar.

Bahkan, presiden joko widodo(jokowi) telah memberikan ketenangan masyarakat untuk bekerja, belajar di rumah.

12. Imported Case

Improted case adalah kasus penyebaran virus saat seseorang sedang berpergian ke negara yang sedang terjangkit covid-19.

13. Local Transmission

Istilah virus corona(covid-19) yang terakhir adalah local tramission. Istilah ini digunakan pada seseorang yang positif terkena covid-19 tetapi dia tidak memiliki riwayat berpergian kenegara lain atau kontak langsung dengan pasien positif terkena covid-19.
Diubah oleh rasya354
Info yang mantap Gan...
emoticon-Kaskus Banget


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di