CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sandiaga Sebut Butuh Rp 200 T Redam Dampak Corona di RI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7c7f6768cc951b2579d51e/sandiaga-sebut-butuh-rp-200-t-redam-dampak-corona-di-ri

Sandiaga Sebut Butuh Rp 200 T Redam Dampak Corona di RI

Sandiaga Sebut Butuh Rp 200 T Redam Dampak Corona di RI

Jakarta - 

Pengusaha Sandiaga Uno memiliki saran untuk pemerintah dalam menjaga ekonomi nasional yang mulai terhimpit oleh virus corona (COVID-19). Setidaknya pemerintah butuh Rp 200 triliun untuk menyelamatkan ekonomi di tengah pandemi ini.

"Bicara mengenai situasi ekonomi, kita harus segera melakukan satu kebijakan yang komprehensif. Untuk ekonomi paket yang cocok untuk Indonesia perlu Rp 200 triliun secara keseluruhan paket ekonomi, di luar penanggulangan COVID-19," ujarnya saat telekonferensi melalui Google Meet, Kamis (26/3/2020).

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, Rp 200 triliun bisa dibagi ke dalam empat tahap. Pertama, 25% harus diberikan kepada masyarakat kurang mampu melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Sekitar 25% itu harus dilakukan direct transfer atau BLT kepada masyarakat yang ada di golongan rentan. Ini saya mendukung jika dari Rp 200 triliun 1/4-nya bisa diarahkan kepada 40% (masyarakat) terbawah," ucapnya.

Baca juga: Soal Kebijakan Lockdown di RI, Sandiaga Uno: Jangan Berdebat

Kedua, 25% atau Rp 50 triliun harus diberikan kepada masyarakat pekerja informal atau pekerja harian. Hal itu bisa dilakukan dengan cara memberikan paket likuiditas sehingga tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan.

"Bisa diwujudkan dalam beberapa bentuk salah satunya memastikan mereka untuk memberikan paket likuiditas, sehingga tidak perlu PHK," sebutnya.

"Paket ketiga, 25% untuk yang kehilangan pekerjaan atau belum mendapatkan pekerjaan. Ini bisa melalui kartu pra kerja," tambahnya.

Sedangkan 25% terakhir, bisa diberikan kepada sektor keuangan seperti perbankan. Menurutnya, sektor perbankan salah satu yang terdampak virus corona karena masyarakat jadi sulit membayar cicilan.

"Bantuan di sektor keuangan juga pada saat ini diperlukan karena banyak perbankan yang mengalami kesulitan karena masyarakat tentunya menghadapi COVID-19 ini akan kesulitan membayar cicilan, termasuk telepon," katanya.

Meski begitu, Sandiaga meyakini pemerintah tidak bisa jalan sendirian. Menurutnya, perlu ada kerja sama dengan dunia usaha hingga pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

"Pemerintah bisa menggandeng dunia usaha baik perusahaan yang besar, yang punya kemampuan untuk menyentuh kantong-kantong yang diperlukan untuk penyaluran program ini maupun eksekusinya bisa melibatkan para pelaku UMKM," kata dia.


]sumur[/URL]
https://finance.detik.com/berita-eko...k-corona-di-ri

Komen ane : udah bagus usulnya tapi ane kurang setuju karena kurang banyak anggarannya sekalian lockdown sementara itu subsidi dulu sembako dan bahan bakar
Kalo apbn kurang ambil pinjaman dulu dari mana kek, selamatkan bangsa ini dari covid19 putus mata rantai penyebarannya

Mari kita lawan bersama sama covid19

Sudahi dulu perbedaan diantara kita

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
nah aye setuju sama opini om. Lupakan semua perbedaan mari bersatu wkwkkw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ojo.kondor dan 3 lainnya memberi reputasi
buzer 72m mah takutnya sama uang bukan corona
profile-picture
profile-picture
ernestodelasema dan kakekane.cell memberi reputasi
Gak banyaklah dibanding dampak lebih buruknya terhadap bangsa. Kesehatan yang utama! 🙏
profile-picture
profile-picture
jamkecil dan kakekane.cell memberi reputasi
saran yang baik lah itu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
bagus sih saran dari bang uno ,yuk yuk semua rakyat bersatu saling bahu membahu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
si sri baru pnya 57 T.....
itupun sunat sana sini.....
emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kalo begini sih tepat, misalkan rakyat punya pegangan dan bahan sembako selama waktu lockdown ga bakal ada kerusuhan kok, tinggal Pemerintah nih mau ga menerapkan itu?

Melihat peningkatan pasien positif dan angka kematian, bagi gue lockdown jadi salah satu solusi setelah diadakan rapid test dan pemetaan wilayah sebaran Corona.

Kalo Malaysia dan Thai aja melakukan lockdown disaat angka pasien positif Corona mereka melonjak, Indonesia mau ngapain?
profile-picture
profile-picture
jamkecil dan kakekane.cell memberi reputasi
nah tuh,, saat ini kita punya musuh brsama,, yaitu KORONA... emoticon-Embarrassment


sudahi saja prtikaian kita,, demi masa depan kita semua... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
bener gw setuju brapa pun yang dikucurin demi redam wabah ini, mau utang pun gak peduli gw...

dengan 1 syarat 7 hari setelah dana dikucurkan ke masyarakat ataupun perbankan, pemerintah wajib membuat pengumuman, jadi kita (rakyat) bisa tau dananya kmana aja dan menilai tepat sasaran dan bener2 dikucurkan atau gak
...

Diubah oleh jamkecil
duid segitu kudu batalin apa aja gara2 pirus korona:

-PON papua
-pembangunan massive papua
-formula E
-pemindahan ibukota baru

apalagi....

emoticon-Ngakak
trus medisnya dpt apaan?kirain buat belanja apd,sarana prasarana,malah blt,cerdas bener
Quote:


tul....ganemoticon-2 Jempol
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Petugas medis itu sekarang garda terdepan gan rs darurat di wisma atlet dibawah naungan tni kodam jaya, insentifnya dari 5jt sampai 15jt
Tempat tinggal di tower sebelahnya
Belum lagi rencana hotel hetel di jakarta yg rela jadi tempat tinggal perawat.
Untuk kebutuhan apd medis yang ramai sekarang banyak disalah gunakan masyarakat yg tidak mengerti.
Diubah oleh dwinarian
Quote:


Mantap gak om? Wkwkwwkk
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


ntapzz....ganemoticon-2 Jempol
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
Quote:


Seberapa mantulnya om? Wkwkwk
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Quote:


pokoknya mangstap dahemoticon-Ngakak
Quote:


Iya bener del. Sudah seharusnya demikian
jujur aja apa yg di blg sandi ini bagus cuma 200T itu guede banget
Ayok bang uno. Kasih masukan sama pemerintah misal punya ide ide bagus buat menghadapi virus ini
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di