CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
HOAKS: Bayi Baru Lahir Berbicara Makan Telur Rebus Cegah Corona, Ini Video Editannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7c61a2f4d695297e290ff6/hoaks-bayi-baru-lahir-berbicara-makan-telur-rebus-cegah-corona-ini-video-editannya

HOAKS: Bayi Baru Lahir Berbicara Makan Telur Rebus Cegah Corona, Ini Video Editannya!

HOAKS: Bayi Baru Lahir Berbicara Makan Telur Rebus Cegah Corona, Ini Video Editannya!


Hati-hati Hoax, beredar himbauan makan telur rebus satu butir untuk cegah corona!
Ini videonya


HOAKS: Bayi Baru Lahir Berbicara Makan Telur Rebus Cegah Corona, Ini Video Editannya!


Himbauan untuk tidak mempercayai berita yang belum pasti kebenarannya atau berita hoax.
Jangan sampai kita semua menjadi korban berita bohong atau membagikan berita bohong, karena sudah dapat dipastikan bagi mereka yang menyebarkan berita hoax akan dikenakan hukuman sesuai UU ITE yang berlaku dan menjerat para pelaku penyebar berita hoax.

Akhir-akhir ini sering sekali beredar berita viral yang tidak jelas sumbernya, berita-berita mengenai virus covid-19 yang menyebabkan kepanikan dan ketakutan yang berlebihan kepada masyarakat.

Seperti halnya berita viral yang tersebar kemarin di Sulawesi Selatan. Konon dari kabar yang beredar, banyak masyarakat yang menjadi korban berita bohong "Bayi baru lahir, memberi pesan untuk makan telur rebus satu orang satu butir untuk menghindari virus corona!" .
Sudah dapat dipastikan itu berita HOAX!

Nampaknya berita bohong ini berasal dari salah satu akun facebook yang membuat unggahan tentang seorang bayi baru lahir yang berbicara bahwa barang siapa yang mau terhindar dari mara bahaya virus corona mereka harus makan telur rebus sebelum pukul 24:00 tanggal 23 bulan Maret 2020.
Dari unggahan bohong itulah akhirnya banyak orang yang termakan berita hoax tersebut.

Banyak warga berbondong-bondong menyerbu warung-warung pada malam hari hanya untuk membeli telur dan melakukan apa yang diberitakan oleh akun tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari Makassar info, beberapa masjid di Sulawesi Selatan juga sempat menyiarkan berita ini menggunakan pengeras suara masjid!


HOAKS: Bayi Baru Lahir Berbicara Makan Telur Rebus Cegah Corona, Ini Video Editannya!


Dari sumber lain, nampaknya memang video bayi berbicara itu hanya sebuah video editan.
Di mana dalam video nampak sangat jelas, jika bayi tersebut hanya bergerak mulutnya. Itu pun bukan mulut asli si bayi, melainkan entah mulut siapa yang diedit nampak seperti mulut asli bayi tersebut!

Seperti apa videonya?
Lihat di bawah ini!


Spoiler for Hoax Bayi Berbicara:


Seperti itu lah kronologis kejadian yang sebenarnya terjadi tentang berita telur rebus yang dapat mencegah corona.

Di sini Agan Ts akan memberikan sedikit tips and trik membedakan dan menanggapi sebuah berita entah itu realita atau berita bohong:

1. Lihat dulu sumber beritanya

2. Masuk akal atau tidak kejadian tersebut

3. Pastikan langsung kebenarannya dengan cara mencari info dari sumber resmi dan terpercaya

4. Jangan menyebarkan kepada siapa pun, cukup menjadi konsumsi pribadi


Cara-cara di atas bisa sedikit mencegah penyebaran berita bohong, karena saat ini berita hoax pun bisa disulap seperti kenyataan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini kita hanya cukup mempercayai satu sumber, yaitu himbauan pemerintah untuk tetap tenang, tidak panik, lakukan kegiatan dari rumah atau WFH dan jaga jarak sosial atau sosial distancing.

Ditegaskan kembali, berita makan telur rebus untuk mencegah corona itu hanya berita hoax.

Oke, terima lasih buat yang sudah singgah membaca.
Tetap waspada, jaga kesehatan dan ikuti himbauan dari pemerintah untuk kebaikan kita bersama!
Saat ini adalah waktunya kita menjadi makhluk sosial yang benar-benar simpati dan empati terhadap sesama.




Penulis: @masnukho
Referensi dan gambar
di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masnukho
Halaman 1 dari 5
emoticon-pencet Hati-hati berita bohong Gaess
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan lintangayudy memberi reputasi
emoticon-nulisah Tetap Waspada ikuti himbauan pemerintah
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
akibat indonesia tdk investasi di bidang pendidikan

efeknya baru terasa skrg emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ordinaryvoice dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Emang gak ada investasi pendidikan ya Gan?emoticon-Bingung

emoticon-Ngakak yang nyebar hoaks kurang ajar
Quote:


Ada sih... Tp bnykan di bidang lain
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Trus pada percaya? Hahahah goblok dipiara hahaha
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Iya juga ya, sedangkan Negara lain yang diinves subsidi paling besar Pendidikan sama Kesehatan emoticon-Cape d... mereka lebih paham mana yang penting
Awas berita hoax emoticon-Betty
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak iya, banyak yang percaya bahkan sampai disiar lewat masjid
Quote:


Ya emang hoax, makanya ngasih himbauan untuk jangan percaya
Quote:


Nah makanya biar tau tuh pemerintah
Klo ngatur org bodoh itu susah, apalagi dlm jumlah yg besar emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Semoga aja kita semua sekarang lebih sadar sama pendidikan dan kesehatan ya Gan
Telur rebus enaknya dimakan 😂
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak ya dimakan lah masak iya buat pijet
dapat dari teman tadi cuma ngakak aja,kalo ane tanggapin bakal ribut,padahal udah jelas kalo hoax
profile-picture
masnukho memberi reputasi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
kok goblok sih ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Hammer2 tanggepin aja gan, dari pada nyebar

Quote:

Alhamdulillah
Quote:


emoticon-Ngakak biasanya yang gaptek gan yang kemakan hoax
wkwkwkwkwk koplak dah
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di