CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kisah Mistis Larangan Mematikan lampu di Tengah Modernisasi Jakarta !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7c45a3a2d19506d53e0662/kisah-mistis-larangan-mematikan-lampu-di-tengah-modernisasi-jakarta

Kisah Mistis Larangan Mematikan lampu di Tengah Modernisasi Jakarta !

Kisah Mistis Larangan Mematikan lampu di Tengah Modernisasi Jakarta !
 
Kisah Mistis atau mungkin beberapa orang menyebutnya mitos aku alami sendiri dan terjadi di Ibukota Negara kita yaitu DKI  Jakarta.  Kota yang sudah sangat maju dalam berbagai bidang namun masih menyimpan sejumlah kisah mistis maupun mitos. Salah satunya adalah Tidak boleh mematikan semua lampu yang ada di suatu tempat.

Kisah Mistis Larangan Mematikan lampu di Tengah Modernisasi Jakarta !

sumber : [url]https://lh6.googleusercontent.com/-iMuKfRDriJs/T1_7nMrRMwI/AAAAAAAAAkI/aJf9yjhhqDo/s737/Fenix+L2D+diffuser+tip+2AA.JPG [/url] (hanya sebagai visualisasi)


Pada awalnya aku tidak percaya dengan mitos yang satu ini karena menurutku tidak ada relevansi maupun logika yang masuk akal terkait tidak boleh mematikan semua lampu yang ada di suatu tempat. Namun masih banyak masyarakat di Jakarta percaya bahwa mematikan semua lampu di suatu tempat akan mengundang setan serta mendatangkan hal buruk bagi penghuninya.

Kejadian Pertama terjadi saat aku masih menjadi anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) sebuah universitas di daerah grogol, jakarta Barat. Saat itu aku menjadi anggota sesi perlengkapan yang bertugas untuk mengatur dan menjaga perlengkapan untuk sebuah acara pentas seni.  Acara berlangsung meriah dan sukses hingga pukul 22:00.

Setelah selesai acara, Pihak kampus telah memberikan ijin kepada anggota BEM  untuk menaruh perlengkapan di ruangan kelas yang ada di lantai 8.  Nah saat itu saya dan teman saya irwan yang ditugaskan untuk menaruh beberapa kardus makanan dan minuman sisa acara. Kami hanya pergi sendiri ke lantai 8 tersebut karena penjaga lantai sudah pulang serta satpam hanya ada di lantai dasar dan lantai 1 gedung tersebut.


Saya dan irwan mengangkat kardus sambil bercanda – canda  menuju lift yang tersedia. Sampai tiba di lantai 8, saya melihat ke arah lantai lain dan melihat setiap lantai selalu memiliki 2 atau 3 kelas yang ruangannya menyala. Saat itu, saya berpikir bahwa petugas lantai lalai dalam menjalankan tugasnya sehingga beberapa ruangan lupa dimatikan. Tanpa memikirkan hal itu lebih lanjut, saya menuju ke ruangan kelas R804 tempat dimana kardus – kardus tersebut akan kami letakkan.

Setelah menaruh barang, saya berdiskusi dengan irwan terkait apakah harus mematikan lampu apa tidak.

“Wan, lampu dimatiin apa gak nihh... wa liat tiap lantai ada ruangan yang lampunya nyala”

“ ahh elo ju, gtu aja repot. Lampu yah harus dimatiinlah... itu mah sih penjaga lantainya aja iseng  sengaja mau nakut – nakutin mahasiswa.. cemen lo lah”

“ yeh bukan gtu.... katanya lampu emang gk boleh mati semua wan”

“ udah2... gw cape nih mau pulang... lampu ruangan ini gw matiin”


Irwan pun mematikan lampu di ruangan itu dan itu berarti seluruh ruangan di lantai 8 gelap. Kemudian kami bergegas menuju lift dan memencet tombol turun. Nah disini awal mulai terjadi keanehan – keanehan. Lift yang hendak menjemput kami di lantai 8 berhenti di lantai 5 cukup lama seakan – akan banyak orang yang masuk dari lantai tersebut. awalnya saya pikir mungkin anggota bem lainnya sedang melakukan kegiatan di lantai 5. Setelah menunggu hampir 10 menit, lift sampai di lantai 8 namun lift tersebut ternyata  kosong dan tidak ada isinya.

Kisah Mistis Larangan Mematikan lampu di Tengah Modernisasi Jakarta !

sumber : [url]https://cdn-brilio-net.akamaized.net/news/2019/08/05/168391/750xauto-viral-foto-penampakan-kuntilanak-saat-mati-lampu-awas-merinding-1908053.jpg [/url] (hanya visualisasi)


Kami berdua  tanpa berpikir panjang segera masuk ke dalam lift untuk meninggalkan ruangan lantai 8 yang begitu gelap gulita.  Bulu kuduk sudah merinding dan seakan ada yang memperhatikan saya saat kami berdua menunggu di depan lift. Saat pintu lift hendak menutup penuh, pintu lift kembali terbuka seakan ada orang yang mau masuk ke dalam lift. Hal itu terjadi hingga 3 kali dan kami berdua berpikir mungkin akibat lift kampus yang sudah tua.

Saat lift turun dari lantai 8 menuju lantai dasar, kami terhenti di lantai 5 dan tiba – tiba lampu lift mati serta pintu tidak bisa terbuka. Kami berdua langsung ketakutan dan saya merasakan hawa di dalam lift yang tiba – tiba dingin sekali. Saya berkali – kali memencet tombol lantai dasar namun tidak ada respon yang didapatkan.

Saat di tengah ketakutan dan lift yang gelap , saya merasa bahwa di lift itu seperti penuh dengan orang...  sempit rasanya pergerakan. Padahal kami hanya berdua di dalam lift tersebut. saya kemudian membaca doa sesuai kepercayaan yang saya anut dan masih terus memencet tombol lantai dasar.

“ Tuhan Tolong aku melewati hal ini dan lindungilah kami berdua “ doaku dalam hati.

Seketika lift turun ke lantai dasar namun masih dalam keadaan gelap. Pintu lift terbuka dan kami berdua segera keluar dari ruangan tersebut menuju tempat anggota bem lainnya berkumpul. Saya dan irwan kemudian menceritakan hal ini ke anggota lain  dan  ketua bem memutuskan untuk melakukan pengecheckan bersama – sama. Kami ramai – ramai menuju lift yang saya naiki tadi namun anehnya lift dalam keadaan menyala serta lampu dalam lift juga menyala.

Kemudian kami bersama – sama naik ke lantai 8 menggunakan lift tersebut. Tiba di lantai 8, alangkah terkejutnya saya dan irwan karena lampu di ruangan r804 dan r808 tersebut menyala .  Padahal kami sudah menutup lampu di ruangan tersebut. Sungguh hal yang aneh dan masih membuat bulu kuduk merinding setiap kali saya mengingatnya.

Kejadian kedua terjadi di kantor tempat saya bekerja yaitu di pesisir Jakarta utara dekat dengan jalan lodan raya.  Di kantor tempat saya bekerja, ada ruangan administrasi sales berukuran seperti kamar kos namun memiliki lampu bohlam lebih dari 6. Saya sedikit bingung kenapa ruangan sekecil itu dipasang 6 lampu bohlam dan tidak boleh dimatikan sama sekali dari pagi hingga pagi hari.  Hanya ruangan itu yang 24 jam lampunya menyala secara penuh.

Enam – enamnya menyala tanpa henti dan tidak boleh dimatikan.  Konon katanya, ada karyawan yang tidak sengaja pernah mematikan lampu di ruangan itu dan jatuh sakit keesokan harinya. Owh yah menurut bos kami, ruangan lampu itu dibiarkan menyala untuk  menghalau roh – roh jahat yang ada di kantor kami.  Ruangan kantor kami dulu merupakan tempat bekas dukun tinggal.

Kejadian itu benar – benar terjadi dan mitos ini masih terus berkembang di tengah masyarakat  khususnya Jakarta.  Kaskuser mungkin beberapa ada juga tempat kerjanya atau sekolah atau rumah dimana lampunya tidak dimatikan secara penuh meskipun tidak ada yang tinggali.

Salam
Nauj
 
Sumber cerita : original pengalaman pribadi
Sumber gambar : google images sebagai kiasan saja

profile-picture
profile-picture
bang.didot dan OpenJuan memberi reputasi
Quote:


Woooaaalaaahh.. jadi ini alasan Pemprov DKI Jakarta membuat Undang-Undang dilarang mematikan lampu, termasuk lampu kendaraan.. emoticon-Ngakak (S)

Kalau mematikan lampu di Jakarta, maka akan mengundang jin dan setan.. emoticon-Ngakak (S)

Malah baru tahu aku sriii.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
liee dan OpenJuan memberi reputasi
wkwkwkwkwkwkw.. mantap kali nih thread

memang saya pernah mendengar mitos tersebut jugaa
ada benernya gan..
sebaiknya jgn dimatikan semua emoticon-Takut
Lihat 1 balasan
Quote:


Konon cerita orang tua dulu juga sama, terutama lampu toilet/kmr mandi jgn dimatiin emoticon-Takut
waduh klo matiin lampu ada yang nongol ya
Berarti kalo mati listrik, auto muncul tuh setannya emoticon-Takut (S)
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di