CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DKI Tanggap Darurat Corona, Ribuan Perantau Asal Wonogiri Nekat Mudik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7bc6384601cf300a5eb8dc/dki-tanggap-darurat-corona-ribuan-perantau-asal-wonogiri-nekat-mudik

DKI Tanggap Darurat Corona, Ribuan Perantau Asal Wonogiri Nekat Mudik

DKI Tanggap Darurat Corona, Ribuan Perantau Asal Wonogiri Nekat Mudik

Provinsi Jakarta telah menetapkan status tanggap darurat COVID-19. Imbasnya belasan ribu perantau di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) nekat mudik kampung halamannya di Wonogiri.


Pemkab Wonogiri pun menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi penyebaran virus Corona. Lonjakan pemudik ini dapat dilihat kedatangan di terminal bus Wonogiri.


"Selama delapan hari tercatat total bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang datang 876 armada dengan membawa penumpang sebanyak 14.140 orang. 

Pelonjakan jumlah kedatangan penumpang sebanyak ini biasanya terjadi pada saat arus mudik Lebaran, tapi kali ini setelah Jakarta berstatus tanggap darurat Corona," ungkap Kepala Terminal Induk Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, kepada wartawan di sela screening penumpang bus, Rabu (25/3/2020).


Agus merinci pada 15 Maret jumlah kedatangan bus AKAP di Wonogiri sebanyak 96 armada dengan penumpang 1.364 orang. Kemudian pada 16 Maret sebanyak 99 bus, jumlah penumpang 1.401.


Berturut-turut pada 17 Maret sebanyak 91 bus dengan penumpang 1.422 orang, pada 18 Maret 95 bus dan 1.404 penumpang. Selanjutnya pada 19 Maret 118 bus, dan 1.797 penumpang.

Kemudian pada 20 Maret 125 bus dan penumpang 2.124 orang. Bertambah lagi pada tanggal 21 Maret 121 bus penumpang 2.003 orang. Pada 22 Maret ada 131 dengan penumpang 2.625 orang.



"Paling menonjol peningkatan jumlah penumpang terjadi selama empat hari yakni mulai 19 Maret hingga 22 Maret. Rata-rata tiap hari mengalami kenaikan sekitar 500-700 orang," terang dia.


sumber: detik.com


Waduh, koq mereka malah pulang kampung ya Gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aceng.fani dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
yaallaah kenapa pas banget ke kampung halaman yaa emoticon-Frown semoga keluarga yang disana pada sehat sehat ajaa
ini nih yang bahaya, ketika mudik kita gasadar kalo bisa aja ternyata kepapar virus, yang ada malah nularin yang lain
Bukn tanggungjawab goodbener
Mereka kan bukan ber-ktp DKI bos... emoticon-Big Grin
diliburin bukan berarti pulang kampung dong...
huhuhu
nanti kalo keluarga di kampung malah kena corona gimana?
kan nggak jaminan juga tu virus nggak nempel ke pemudik
Quote:


Kalo ditanya sama pekerjaan harian pasti adalah, saat ini banyak usaha2 yg emang lg anyep, sebutlah misal tukang bakso, its oke emg juragan baksonya masih punya celengan, tapi gmn dengan anak buahnya? Yg biasanya mereka dibayar harian, gmn dgn kuli2 bangunan? Mereka pasti berfikir kalo dikampung buat makan pasti cukup karna biaya hidup lebih ringan.. ga harus ngeluarin biaya kontrakan atau sebagainya.. Sebenarnya saya setuju dengan dilarangnya mudik, tp kan ya kita harus mikir masalah ekonomi mereka, ga semua perantau emg punya duit, saya pun ga menentang kebijakan larangan mudik, anak istri saya pun dikampung saat ini saya memilih ga balik karna resikonya besar,, mksd saya disini ya jgn sebatas buat larangan tapi solusi bagaimana mereka bisa bertahan dengan ekonomi yg kacau saat ini,
Oiya saya tambahin, langkah pemerintah pun sudah benar, saya ga menyalahkan, kondisi begini ga ada negara yg siap.. Saya cm sebates kasih pandangan lain ke temen2 yg emg hanya sebatas menghujat tanpa kasih solusi apapun.. Cobalah lihat dr 2 sisi.. Kasih mereka semangat motivasi percaya dengan bertahan sementara mereka mampu, bukan malah menghujat..
Diubah oleh Artfelostory
Quote:


Itu yang bikin dilematis, ada kasus yang emang tanpa gejala
profile-picture
uusDK memberi reputasi
Quote:


Iya udah red tapi biar gak nambah parah aja red nya gitu
Harusnya gaboleh balik kampung lagi begini.. malh bawa virus ke kampung halaman
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Masa mw nyalahin majikan sih
emoticon-Blue Guy Bata (L)
pemerintah pusat dalam hal ini tidak menjamin kebutuhan dasar manusia. mereka mudik terpaksa karena kerjaan jg ngga ada mereka bakal mati kelaparan ditanah rantau. dilematis memang.
Efek Lockdown
Ane sih mending cancel tiket sampe kondisi kondusif, wkwk

Yg ane sayangin org disini banyak ngehujat dulu dibanding ngasih solusi, klo ga bisa kasih solusi ya udah diem aja emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh Artfelostory
Ente jangan ikut ikutan mudik lho gan wkwk
Dah anteng anteng aja dirumah
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Mas bro bukannya solo malah redzone ya?
Quote:


Sebelum ente ngomong tolol apa ente punya solusi? Buat mereka yg pekerja harian saat ini kekurangan ekonomi? Atau sebates keyboard warior?
Lihat 1 balasan
Quote:


Bener bgt ni om, saya juga asli wonogiri sebelum santer kasus korona emg rencana mau pulkam minggu ini, tp galau kasian keluarga dirumah, takut kalo saya jadi kurir virus,

Lah buat temen2 perantau yg ekonomi dibawah pekerja harian yg kasian, ga pulang mau makan apa, pulang seakan2 dah kyk dianggap pembawa penyakit.

Solusi? Saya pun ga punya solusi klo posisi saya sebagai pembuat keputusan.
tolol dan bodoh itu rupanya bisa membunuh ya..entah apa maunya manusia tolol model2 mereka itu..gak paham apa..virus corona gak ada obatnya, gak vaksinnya dan orang yang punya pre existing condition resiko kematiannya lebih tinggi..
seriusan hal gitu aja gak bisa paham mereka?mau setolol apa lagi..
Quote:


Ane juga bingung ni mo balik apa kagak.. Klo balik khawatir meskipun ngerasa sehat soalnya ada bbrp case yg positif tanpa menunjukan gejala, gak balik bingung juga mo ngapain di kosan.. Libur panjang soalnya emoticon-Bingung
Quote:


banjir sdh ada sejak puluhan taon lalu. membaik bbrp taon lalu. memburuk taon 2020. tanya kenapa.

emoticon-Bingung
Jakarta ngga bisa menghalang halangi
Wonogiri ngga bisa nolak
Ngga punya wewenang mereka
Ya udahlah
profile-picture
adipati.pinokio memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di