CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perbedaan MTV yang ada saat ini di setiap TV Kabel Indonesia |
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7b7d330577a9160e09ba81/perbedaan-mtv-yang-ada-saat-ini-di-setiap-tv-kabel-indonesia

Perbedaan MTV yang ada saat ini di setiap TV Kabel Indonesia |

Halo gansis, gimana nih kabarnya? Pasti pada sehat kan?
Syukurlah semoga pada sehat semuanya. Kali ini ane mau coba buat thread yang mungkin bakal mencerahkan agan sista selama ini. Karena akhir-akhir ini, banyak masyarakat sini yang keliru atau sulit membedakan channel MTV Asia, MTV China dan MTV Live HD, termasuk penyedia jasa TV Kabel-nya sendiri. Meskipun pada intinya, sama-sama fokus ke ranah musik juga. Oke tanpa banyak basa-basi, langsung aja yuk cekidot emoticon-Big Grin

===================

Hingga saat ini, MTV sendiri secara internasional terdiri dari 2 kategori; ada yang berdasarkan regional negaranya (contoh: MTV Asia, MTV Indonesia, MTV UK, MTV Germany, MTV Swiss, dsb.) dan ada juga yang berdasarkan genre musik (contoh: MTV Live HD, MTV Rocks, MTV Dance, MTV Base, dsb.).
Di Indonesia sendiri, hanya terdapat 3 channel MTV yang masih berafiliasi dengan TV kabel di seluruh Indonesia untuk saat ini, diantaranya MTV Asia, MTV China, dan MTV Live HD. Ketiga channel ini tentu memiliki persamaan dan perbedaannya masing-masing.
Persamaannya ialah ketiga channel tersebut sama-sama memfokuskan ke ranah musik, baik menayangkan video klip lewat suatu acara dan pertunjukan-pertunjukan musik yang bekerjasama dengan MTV.
Nah, sekarang perbedaannya ialah sebagai berikut:

===================

1. MTV Asia

Untuk saat ini, MTV Asia terlihat variatif dan imbang baik dalam menayangkan acara yang menyajikan video klip dan juga pertunjukan-pertunjukan musik. Variety show juga tidak pernah luput dari MTV Asia dari sejak awal siaran tahun 1995 lampau, agar penonton juga tidak jenuh/monoton dan tentunya masih ditujukan untuk anak remaja masa kini. Musisi-musisi asal benua Asia Tenggara pun tidak akan pernah lepas dalam menjadi fokus perhatian di acara-acara MTV Asia, baik hanya berupa segmen seperti MTV Meets atau MTV Jammin’, ataupun berupa video klip yang sering muncul di beberapa acara seperti MTV Musika atau MTV Hits sendiri.

Yang paling mencolok untuk membedakan disini tentu saja di bagian logonya. Logo MTV Asia mengikuti logo-logo MTV yang umumnya berdasarkan regional, yaitu berwarna abu-abu tipis yang terletak di pojok kiri atas layar. Ketika banner (tampilan info) muncul, biasanya logo ini menyala kuning, kemudian normal kembali ketika banner tadi hilang.
Di sebelah kanan logo, biasanya dicantumkan tulisan “now” yang artinya acara yang ditayangkan sekarang dan “just tattoo of us” sebagai contoh judul acara yang ditayangkan sekarang, yang keduanya sama-sama berwarna abu-abu tipis.
Di pojok kanan atas layar sendiri, biasanya dicantumkan berupa banner untuk tampilan info. Banner sendiri dibagi dua potong, yaitu kotak berwarna hitam dengan teks berwarna kuning, diikuti oleh tulisan berwarna hitam dalam kotak berupa ‘slide’ berwarna kuning. Kotak berwarna hitam tadi yang pertama untuk acara video klip diisi oleh teks “now” yang maksudnya klip yang sedang tayang saat ini dan “next” yang maksudnya klip yang akan tayang selanjutnya. Kotak berwarna hitam tadi yang kedua biasanya untuk acara pertunjukan diisi oleh teks “next” yang maksudnya acara yang akan tayang selanjutnya dan “later” yang maksudnya acara yang tayang setelah selanjutnya.
Di pojok bawah layar, biasanya ditujukan untuk memunculkan banner (tampilan box) info video klip yang sedang tayang, baik musisi dan judul lagu yang dibawakan. Bannernya sendiri ditampilkan dengan efek slide agar terlihat menarik. Bannernya sendiri dibagi dua potong yang sama seperti yang biasanya muncul di pojok kanan atas layar. Sebagai variasi, biasanya ditujukan teks berikut yang dimaksud sebagai penanda. Contoh:
- Now : Klip yang sedang tayang
- Push : Klip yang dibawakan oleh musisi yang dipromosikan oleh MTV secara internasional
- Asia Spotlight : Klip yang dibawakan oleh musisi yang dipromosikan oleh MTV dalam ranah Asia
- Fresh : Klip pilihan yang baru muncul di MTV Asia
- Most Wanted : Klip unggulan pilihan MTV Asia, biasanya mengikuti MTV region lainnya.

Untuk saat ini di Indonesia, MTV Asia sendiri hanya dapat disaksikan lewat TV kabel K-Vision dan Matrix Garuda atau bisa juga lewat layanan IPTV First Media.
Dan di Indonesia sendiri, hanya website First Media saja hanya yang masih mencantumkan jadwal acara MTV Asia.

===================

2. MTV China

Seperti yang kita tahu bahwa negara China paling jago dalam membuat duplikat suatu produk, termasuk MTV China sendiri. Tampilan MTV China sendiri hampir secara keseluruhan sama dengan MTV Asia, baik dari logo sampai banner (tampilan info) nya sendiri. Tapi untuk acara-acaranya sendiri, MTV China lebih memfokuskan untuk banyak menayangkan video klip (baik dari musisi lokal China ataupun dari Internasional) dan hampir sebagian acaranya merupakan acara lokal milik China yang masih dipandu oleh Video Jockey (VJ).

Bedanya, mungkin MTV China tidak menampilkan banner “Fresh” sebagai penanda dalam suatu video klip, yang biasanya muncul dalam suatu acara di MTV Asia.
Untuk saat ini di Indonesia, MTV China dapat disaksikan lewat TV Kabel yang diantaranya Skynindo dan Matrix Garuda dan Matrix Sinema.

Di Indonesia sendiri, sayangnya tidak ada website TV kabel yang benar-benar memunculkan detil jadwal acara MTV China.

===================

3. MTV Live HD

Nah, untuk MTV Live HD, sangatlah kontras perbedaannya diantara MTV Asia dan MTV China. Dari segi acaranya sendiri, MTV Live HD lebih banyak menampilkan acara pertunjukan musiknya dibanding dalam memunculkan acara berupa penayangan video klip. Musisi Internasional terutama bagian benua Amerika dan Eropa sendiri menjadi fokus utama yang disajikan dalam acara-acara di MTV Live HD.

Dari sejak awal kemunculannya, MTV Live HD memiliki perbedaan yang sangat mencolok dibanding MTV Asia dan MTV China, terutama dari logo dan bannernya. Dan untuk saat ini, logo MTV Live HD ialah berwarna hijau, diikuti dengan judul acara di sebelah logonya yang berwarna sama. Tampilan judul acaranya sendiri biasanya ditampilkan dengan efek seperti mati nyalanya suatu lampu, yang dijadikan penanda/transisi antar acara/klip.
Sedangkan untuk banner (tampilan info) biasanya tertera di bagian pojok bawah layar. Bannernya sendiri dibagi dua potong, yaitu kotak berwarna biru dengan teks berkedip hitam dan hijau, diikuti oleh kotak berwarna hijau dan teks berwarna biru. kotak berwarna biru dengan teks berkedip hitam dan hijau tadi untuk acara video klip diisi oleh teks “now” yang maksudnya klip yang sedang tayang saat ini dan “next” yang maksudnya klip yang akan tayang selanjutnya.

Untuk saat ini di Indonesia, MTV Live HD bisa disaksikan di beberapa TV Kabel yang diantaranya Transvision dan K-Vision. Atau bisa juga disaksikan lewat layanan IPTV UseeTV.

Di Indonesia sendiri, jadwal MTV Live HD dapat dilihat dari EPG setiap TV kabel yang dijadikan langganan.

===================

Demikian persamaan dan perbedaan ketiga channel tadi. Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca panduan di atas. Semoga dapat membantu dan memandu agan sista yang masih keliru. Bila kesulitan menonton salah satu atau semua channel di atas, bisa juga berlangganan IPTV Premium dari penjual IPTV terpercaya. Yang pasti bukan ane gan emoticon-Big Grin Berikut, ilustrasi di bawah berupa perbedaan foto yang dapat lebih mudah memandu agan sista.
Semoga sehat selalu yaaaa emoticon-Big Grin

Perbedaan MTV yang ada saat ini di setiap TV Kabel Indonesia |

Btw, yang mau join buat nostalgia atau pingin tau update soal MTV, silahkan klik & cek link di bawah ini gan

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 007funk
Halaman 1 dari 5
ga ada harapan gan nonton Mtv. indosiar aja burem emoticon-Shakehand2

Perbedaan MTV yang ada saat ini di setiap TV Kabel Indonesia |
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelinesssoul dan 5 lainnya memberi reputasi
Nonton MTV Getar Cinta buat ngeliat Sarah Sechan yg cerewet...
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pangeran2013 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 1 balasan
selain musiknya, sebenernya MTV dulu juga punya acara non-musik yang gak kalah menarik...

kalo original produksi Indonesia sih MTV Bujang paling membekas bagi ane... dulu sebenernya belum cukup umur, tapi seneng aja lihat kecauran Vincent-Desta malem" hahaha emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nonton yang nyanyinya 5 menit tapi ngobrolnya 30 menit ya gan emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Wah sama tuh favorit ane juga, apalagi kalo udah bahas zodiak gan terus bahas soal keuangan emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Sama gan, ama MTV Gokil Iyey juga tuh yang si Ringgo suka ngerjain orang emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
VJ Donita skrg di mana yah???
emoticon-Matabelo
profile-picture
pangeran2013 memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
kangen mtv insomnia
klo masih ada mtv sekarang yang ada kena banned mulu gan klo muterin video klip lagu luar emoticon-Wakaka

Btw klo ane sih sukanya mtv pimp my ride hostnya RJ De Vera emoticon-Kiss kadang hostnya penyanyi hip hop itu Lil John sama sapa ya ane lupa namanya tp gak asing sama wajahnya
profile-picture
mas4d3 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane cuma suka MTV era 90an aja .... yg ori pasti ok ocee..



Perbedaan MTV yang ada saat ini di setiap TV Kabel Indonesia |
profile-picture
profile-picture
pangeran2013 dan mas4d3 memberi reputasi
ane taunya brazzer HD, brey emoticon-Leh Uga
profile-picture
astro182 memberi reputasi
Ane sukanya MTv ampuh
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
itkgid memberi reputasi
ane yang masih inget tuh mtv asia hit list sama mtv behind the scene. terakhir2 pimp my ride sama american jack ass kalo ga salah ya. emoticon-Bingung
Udah sanga..t jarang sekali nonton TV. Apalagi yang berbayar .. emoticon-Big Grin
Nonton MTV terakhir kalau kagak salah ingat jamannya Nadya.
ane taunya mtv pimp my ride,selebihnya ga tau
dah jarang nonton MTV
dulu sukanya MTV Unplugged, Pimp My Ride emoticon-Belgia
profile-picture
mas4d3 memberi reputasi
Mtv salam dangdut dong bos...dulu ari untung host nya...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iskrim dan mas4d3 memberi reputasi
gile terakhir kali nonton mtv udh lama bet ane
profile-picture
iskrim memberi reputasi
tv ane gak ada MTV, adanya V Channel itupun gak pernah ditonton.. emoticon-Stick Out Tongue
Wadoh
Gue jadi terjebak nostalgia karena MTV ini
Waktu gue abg juga suka nonton MTV Indo
Mulai dari MTV Ampuh, Pimp My Ride, MTV Rumah Gue, MTV Insomnia,MTV Getar Cinta, MTV Celebrity Death Match, dll
Pokoknya
MTV Gue Banget
profile-picture
profile-picture
iskrim dan itkgid memberi reputasi
Diubah oleh rizkybond
Jd inget mtv ampuh emoticon-Mewek
profile-picture
iskrim memberi reputasi
jaman ane dlu nich di antv
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di