CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Melawan Corona dengan Teknologi-Aplikasi Tracking PDP-ODP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7b6606f4d695674d176e6e/melawan-corona-dengan-teknologi-aplikasi-tracking-pdp-odp

Melawan Corona dengan Teknologi-Aplikasi Tracking PDP-ODP

Saya ada ide aplikasi mobile yang bisa membantu pemerintah tracking PDP dan ODP tanpa harus tahu orang positif corona tsb sudah bertemu siapa saja. tapi syaratnyanya penggunanya harus masif. Gimana menurutmu?

Masalah
Saat ini yang menjadi kendala penyebaran Corona adalah banyak orang tidak sadar bahwa dia sudah tertular Corona karena dia tidak mengenal siapa yang menyebarkanya.
Akibatnya penanganan penyebaran corona masih sangat manual dan lambat. 

Solusi
1.Membuat sebuah aplikasi mobile sederhana yang fungsinya adalah mencatat koordinat setiap orang yang menjalankan aplikasi ini.Ada baiknya bisa berjalan background.
2.Apa yang terjadi jika salah satu pengguna aplikasi ini terbukti positif corona, dia akan menekan tombol "saya positif corona" dan ada admin yang akan approved, karena false alarm akan sangat berbahaya.
3.Atau alternatif kedua setiap pengguna yang positf corona, pemerintah memberikan info ke admin agar statusnya pengguna menjadi positif corona.
4.System akan memberikan alert kepada ke pengguna lain dilanjutkan dengan survey:
  a. pengguna suspect diberi pertanyaan ttg gejala corona.
  b. Jika jawaban pengguna sesuai dengan gejala corona maka pengguna disarankan menghubungi cal center corona dan system akan memberikan report ke petugas kesehatan pusat, dari pusat akan memberikan tugas ke lokal petugas untuk menghubungi suspect corona(status otomatis PDP).
  c. Jika jawaban pengguna negatif maka system akan merekomendasikan pengguna untuk self isolation selama 2 minggu (status otomatis ODP).
  d. jika selama 2 minggu ada gejala corona maka ada tombol yang nanti sama fungsinya dengan 4.b
5.Semua pengguna lain yang bertemu dengan pengguna positf corona dalam 14 hari kebelakang akan mendapat alert dengan syarat: (Syarat-syarat ini akan berkembang seiring waktu)
  a. Ada parameter jarak antara pengguna dan positif corona misalnya jaraknya maksimal 2-3 meter.
  b. Ada parameter direction, kecepatan pergerakan jika directionnya berlawanan kecepatan tidak boleh lebih dari kecepatan orang berjalan misalnya 6km/jam
  c. Jika directionnya sama meskipun kecepatannya diatas 6km/jam ada kemungkinan mereka menggunakan kendaraan yang sama.
  d. syarat lainnya yang dirasa perlu sehingga akurasi alert bisa lebih baik.
 
Asumsi
1.Implementasinya harus cepat karena kita berlomba dengan waktu (bisa juga bekerja sama dengan start up besar yang punya developer melimpah)
2.Dibutuhkan server dengan resources yang cukup besar karena pemrosesan realtime dan data sangat banyak (cloud computing)
3.Aplikasi hanya 1 tidak boleh lebih dari 1 agar semua focus dengan aplikasi ini.
4.Butuh bantuan pemerintah dan operator seluler untuk memaksa install  aplikasi ini atau atau contoh ekstrim koneksi internet akan lambat jika pengguna tidak install aplikasi ini.
5.APlikasi ini diberi previllege bisa akses internet meskipun pengguna tidak memiliki kuota.
6.Aplikasi harus efiesien, hanya akan melakuan pencatatan jika aplikasi deteksi pergerakan untuk menghemat resources yang ada.
7.Tapi dengan aplikasi ini bukan berarti penggunanya mengabaikan social distancing. Jadi keluarlah jika dalam keadaan darurat saja.

Jika menurut Anda ide saya ini berguna mohon viralkan, agar pemerintah dan perusahaan IT skala besar bisa mempertimbangkan. Bayangkan berapa banyak penyebaran virus corona yang bisa kita hindari jika system ini berhasil berjalan.


Melawan Corona dengan Teknologi-Aplikasi Tracking PDP-ODP

Jika ada yng tertarik dan ingin mendiskusikan ide saya ini please wa ke ben 0878-8129-5532
Diubah oleh berna4d


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di