CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cegah Corona dengan Kamera Thermal Lebih Disarankan, Ini Sebabnya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7b1516f4d6954a9f59412e/cegah-corona-dengan-kamera-thermal-lebih-disarankan-ini-sebabnya

Cegah Corona dengan Kamera Thermal Lebih Disarankan, Ini Sebabnya

Cegah Corona dengan Kamera Thermal Lebih Disarankan, Ini Sebabnya

TEMPO.CO, Jakarta -

Ketua Umum Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI), Sanny Suharli menyatakan penggunaan kamera thermal di area publik lebih efektif bila digunakan ketimbang termometer tembak untuk mengetahui suhu tubuh seseorang yang diduga terjangkit virus Corona.

Dengan kamera thermal, menurut dia, kemungkinan kontak lebih sedikit dan akurasi lebih tinggi untuk mencegah virus tersebut.

Ia menyebutkan penggunaan kamera thermal lebih direkomendasikan juga karena bakal minim human error.

"“Idealnya selama pembatasan aktivitas di ruang publik selama 14-28 hari ke depan, berbagai area penting seperti bandara, stasiun, pelabuhan, terminal hingga sekolah mulai memasang kamera thermal,” kata Sanny, Rabu, 25 Maret 2020.

Penggunaan kamera thermal itu, menurut dia, juga bisa meningkatkan keamanan masyarakat. "Sekaligus mengantisipasi lonjakan aktivitas pada Ramadan dan Idul Fitri."

Lebih jauh Sanny menjelaskan, kamera thermal merupakan salah satu hal yang tak kalah penting untuk meningkatkan upaya deteksi dini suhu tubuh di ruang publik atau tempat yang memiliki arus keluar masuk lebih dari 200 pengunjung.

Adapun Presiden Direktur PT Professtama Teknik Cemerlang, Irwandi Salim mengatakan pihaknya telah menyediakan kamera thermal Jisung Protech. Produk ini menggunakan teknologi keamanan andal dari Korea Selatan.

Irwandi menyebutkan, sepanjang Februari dan Maret ini ada peningkatan permintaan kamera thermal Jisung Protech lebih dari 10 kali lipat.

Peningkatan permintaan ini tak lepas dari rekomendasi WHO untuk mengukur suhu tubuh sebagai langkah awal deteksi virus Corona. “Walaupun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan kamera thermal tepat sasaran dan efektif,” katanya.

Salah satunya, kata Irwandi, adalah penggunaan kamera thermal dengan tingkat akurasi di bawah 0,5 derajat Celcius kemudian menempatkannya dalam jarak efektif

. “Saat ini sudah ada kamera thermal yang bisa mendeteksi suhu secara akurat dalam jarak 1-2 meter persegi, seperti kamera thermal tipe W95 dari Jisung Protech. Bila perlu yang lebih canggih, ada kamera thermal Jisung Protech tipe D60 yang bisa mendeteksi dari jarak 3-10 meter persegi,” katanya.

Ia juga menyarankan kamera thermal yang dipilih adalah yang memiliki layanan purna jual yang baik dan staf pelayanan terlatih. Kamera thermal juga sebaiknya terkoneksi dengan monitor dan CCTV, sehingga petugas dan pengunjung dapat melihat pengukuran suhu tubuh, namun alarm hanya dapat didengar oleh petugas.

Selain itu, Irwandi meminta ketika ada pengunjung yang terdeteksi bersuhu tubuh tinggi di kamera thermal untuk segera ditindaklanjuti oleh staf terkait. "Staf melaksanakan pelaporan, pemeriksaan, larangan masuk, dan isolasi sesuai SOP,” katanya.

https://bisnis.tempo.co/amp/1323798/...mpression=true

emoticon-Jempol
profile-picture
goodbaayy memberi reputasi
Camera thermal lebih akurat, cuma harganya lebih mahal
Cegah Corona dengan Kamera Thermal Lebih Disarankan, Ini Sebabnya
profile-picture
profile-picture
trimusketeers dan bualanmalam memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Efektif darimana???

Banyak Lolo's di bandara pelabuhan kok...!!
Iyee hargnya bisa sampe ratusan juta 1 set ... lagian udah tau kan yg demam positif corona cmn 15%


Diubah oleh scorpion14
Quote:


Wkwkw emoticon-Leh Uga
profile-picture
Betjanda memberi reputasi
Cegah Corona dengan Kamera Thermal Lebih Disarankan, Ini Sebabnya
korsel kalau ngak keliru juga memasang ratusan cctv di area publik
Gue yakin bakal banyak yang lolos kalau diterapkan disini.

Di China bisa berhasil karena pemerintah sana langsung membatasi penjualan obat turunan paracetamol dan ibuprofen.
Jadi ga ada orang sakit yang lolos thermal scan akibat panasnya turun karena minum obat tesebut.

Jangankan obat umum seperti itu, obat keras macam choloroquin aja masyarakat bisa dapat tanpa resep emoticon-Cape d...
profile-picture
lickmyballs memberi reputasi
tingkat efektivitas nya kurang, karna belum tentu orang yg sudah terinfeksi corona menunjukan gejala demam, misalnya orang yg kurang dari 14 hari sejak terinfeksi. tapi ya buat antisipasi sih gpp
semoga wabah korona bisa segera berakhir. emoticon-Frown Amin.
Pada jualan kecap deh ....emoticon-Ngakak (S)
Cegah Corona dengan Kamera Thermal Lebih Disarankan, Ini Sebabnya
Quote:


emoticon-Leh Uga
profile-picture
Betjanda memberi reputasi
Kemaren iseng di cek masa suhunya 41.5 derajat??
Gw bilang aja itu stip. Temennya dateng ini lagi rusak jangan dipakai. Diambil yg bagus di test 36.5 derajat


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di