CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / All About Design /
Perlengkapan menggambar digital
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7b02a80577a9262d4c2b4d/perlengkapan-menggambar-digital

Perlengkapan menggambar digital

Perlengkapan untuk menggambar digital
Saat ini hampir semua kegiatan manusia dilakukan secara digital. Perkembangan zaman yang terjadi saat ini memberikan kemudahan dengan adanya akses digital dan juga jaringan internet. Kedua hal itu berdampak sangat besar pada kegiatan yang dilakukan manusia karena kemudahan yang diberikan. Adanya dunia digital juga mengurangi pencemaran lingkungan yang terjadi saat ini. Banyak benda sekali pakai yang diganti dengan digital sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Salah satu kegiatan manusia yang menghasilkan limbah kemudian digantikan oleh adanya dunia digital adalah menggambar. Menggambar yang semula menggunakan banyak peralatan kini bisa dilakukan hanya dengan beberapa perangkat saja. Perangkat perangkat yang digunakan juga tidak menghasilkan limbah sehingga mengurangi pencemaran. Tidak hanya mengurangi pencemaran, perangkat yang digunakan juga bisa dibawa kemana saja dan dapat digunakan dimana saja. Kemudahan itu menjadi daya tarik kepada seniman untuk beralih dari kertas kanfas ke perangkat digital.

Meskipun demikian adanya perangkat digital tidak luput dari beberapa peralatan untuk menggambar. Hanya saja peralatan yang dibutuhkan tidaklah banyak dan juga sebagian besar dari peralatan tersebut relatif kecil. Selain itu peralatan yang dibutuhkan tidak memakan tempat sehingga kita bisa membawa barang lain yang sekiranya dibutuhkan untuk kegiatan yang lainnya. Slot yang tersisa saat kita membawa perlengkapan menggambar bisa kita gunakan untuk membawa barang barang yang bisa menambah kenyamanan saat kita menggambar. Adanya sisa slot juga meringankan beban ketika membawa perlengkapan.

Sayangnya harga dari peralatan yang dibutuhkan relatif mahal. Walaupun ada beberapa peralatan yang harganya terjangkau. Untuk menggambar digital setidaknya kita harus memiliki smartphone yang mumpuni untuk menjalankan program menggambar. Jika smartphone kalian kurang mumpuni, meskipun masih bisa untuk menjalankan programnya kalian akan merasa kurang nyaman dalam menggambar. Program menggambar biasanya membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi. Spesifikasi yang tinggi tidak semerta Merta untuk menggambar saja. Namun spesifikasi kasi yang tinggi akan sepenuhnya digunakan untuk proses proses menggambar digital seperti rendering dan kelancaran coretan.

Bagi kalian yang masih pemula dalam menggambar digital biasanya akan sedikit kesulitan dalam mewarnai gambar. Hal ini dikarenakan saat kita menggambar dalam bentuk digital pewarnaan harus dilakukan secara manual. Maksudnya adalah kalian tidak semerta Merta dapat membuat suatu perpindahan warna atau bisa disebut gradasi karena warnanya akan saling menumpuk dan tidak bisa tercampur seperti halnya saat kita menggambar di kertas kanfas.

Mungkin sudah cukup untuk penjelasannya sekarang kita akan masuk ke peralatan yang akan digunakan untuk menggambar digital:

1. Hardware yang akan digunakan untuk menjalankan program menggambar. Hardware ini bisa berupa smartphone, laptop, komputer, ataupun iPad. Hardware tersebut akan menjalankan program yang digunakan untuk menggambar sesuai dengan jenis hardware yang digunakan. Semakin kalian menggunakan hardware yang memiliki spesifikasi tinggi semakin leluasa kalian dalam menggambar dan begitupun sebaliknya. Hal ini juga menyangkut dengan program yang kalian jalankan.

2. Software atau sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menggambar digital. Software yang dijalankan oleh hardware akan menyediakan fitur fitur untuk menggambar digital. Misalnya penggaris, kuas, dan pewarna. Semakin banyak fitur yang disediakan oleh sebuah program maka semakin besar juga kapasitas dan spesifikasi yang dibutuhkan oleh hardware. Misalkan saat kalian menggambar di smartphone fitur yang disediakan oleh aplikasi akan lebih minim dibandingkan dengan program yang dijalankan di komputer. Tingkat leluasa menggambar di komputer dengan di smartphone juga jauh berbeda. Kalian akan lebih leluasa menggambar di komputer ataupun laptop karena tampilan yang lebih besar dan juga fitur fitur yang disediakan oleh program yang ada di dalam komputer.

3. Stylus pen. Stylus pen adalah sebuah pensil yang digunakan untuk menggambar digital. Stylus pen ini biasa digunakan saat menggambar pada layar touchscreen. Stylus pen akan memudahkan kalian saat menggambar di smartphone, iPad, dan laptop yang memiliki fitur touchscreen. Pensil ini tidak akan habis karena pensil ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan mouse. Pensil ini memiliki bahan pembuat yang berbeda beda. Biasanya stylus pen memiliki dua sisi yang bisa digunakan untuk menggambar.

4. Drawing pad. Drawing pad memiliki fungsi yang hampir sama seperti stylus pen namun digunakan pada komputer atau laptop yang tidak memiliki fitur touchscreen. Drawing pad memiliki dua benda yang satu berbentuk seperti iPad dan satunya berbentuk pensil. Drawing pad memiliki dua tipe tablet berlayar dan tidak berlayar.

Itulah perlengkapan yang dibutuhkan untuk menggambar digital. Memang tidak semuanya dibutuhkan namun 4 perlengkapan tersebut bisa menambah kenyamanan saat menggambar
setelah nyiapin perlengkapan digital, jangan lupa persiapan skill gan 🙌


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di