CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Jatim yang Berkumpul Saat Wabah Corona akan Dipidanakan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7af715eaab25660c6c5e0c/warga-jatim-yang-berkumpul-saat-wabah-corona-akan-dipidanakan

Warga Jatim yang Berkumpul Saat Wabah Corona akan Dipidanakan

Warga Jatim yang Berkumpul Saat Wabah Corona akan Dipidanakan

Surabaya, CNN Indonesia -- Kepolisian Daerah Jawa Timur (Jatim) akan menindak tegas masyarakat yang tetap berkerumun di tengah wabah virus corona (Covid-19). Warga yang 'ngeyel' terancam ditangkap dan dipidana bila langkah komunikasi persuasif tidak dipedulikan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pemidanaan masyarakat yang tetap bergerombol ini sudah diatur dalam Undang-undang UU dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

"Sesuai instruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan akan melakukan tindakan tegas dengan unit besar lengkap. Ada tim penyemprot, tim penindak. Bila diperlukan Polda Jatim akan melakukan tindakan seperti diatur dalam UU dan bisa dipidanakan," ujarnya, Rabu (25/3).

Aturan itu kata Truno termaktub pada Pasal 212 KUHP ancaman kekerasan dan menghalangi petugas, serta Pasal 218 KUHP yakni kerumunan yang menghalangi dan dapat membuat musibah.

"Ancaman hukumannya setahun. Kita bisa melakukan penangkapan dan pemeriksaan jika sudah mengancam," kata dia.

Kendati demikian, polisi tetap mengedepankan komunikasi persuasif. Pemidanaan hanya digunakan apabila situasi sudah tidak terkendali lagi, misalnya massa menokak untuk dibubarkan.

"Sejak malam minggu hingga saat ini kami melakukan pembubaran tindakan tegas dan terukur juga humanis untuk kerumunan orang-orang yang telah menjadi imbauan pemerintah terkait Covid-19," ucap dia.

Sebelumnya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polres se-Jatim agar menindak tegas tempat-tempat yang menjadi sarang kerumunan massa.

"Saya tegaskan sejak malam Minggu, kita sudah melakukan tindakan-tindakan represif dengan membubarkan tempat-tempat hiburan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat," kata Luki beberapa waktu lalu.

Jajaran Polres, kata Luki juga akan menyisir tempat-tempat yang biasa digunakan orang berkumpul ketika malam hari, seperti warung kopi, warnet, hingga tempat-tempat hiburan malam.

"Dan ke depan, tadi Kapolres-Kapolres sudah saya sampaikan, melakukan hal yang sama di tempat-tempat hiburan, warnet-warnet, dan tempat lainnya," katanya.

Instruksi Luki kepada para Kapolres se-Jatim ini sebagaimana maklumat Kapolri Jenderal Idham Aziz, bernomor Mak/2/III/20202020, yang berisi peringatan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang mengundang kehadiran banyak orang dan berpotensi menjadi ruang penyebaran Covid-19.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...an-dipidanakan

Sudah seharusnya dilakukan dari awal sebenarnya karena warga +62 kebanyakan bebal dan arogan kelakuaannyaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Anyep bener tuh lagi ngupi sama makan bakwan disemprot baracuda...
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan samsol... memberi reputasi
Yang DKI berani ga begini.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan samsol... memberi reputasi
Pada bandel ya.. Nanti kakak yang cantik ane puk-puk bokongnya... puk... puk...
emoticon-Malu (S)
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lapor dari kabupaten Tangerang:

ZONK...!!!!

Yang lagi rame, peringatan isra mi'raj.

Boro-boro tindakan tegas,
Himbauan dari RT/RW/Desa/Kelurahan/Kecamatan/Polisi juga ZONK...!!.

Cuma sebatas spanduk terpampang di depan kantor kecamatan dan Polsek.

ASU..!!
emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan samsol... memberi reputasi
Quote:


Lah itu si wiwi aja lagi kumpul2 rapat dg gub seindonesia...
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan bach62 memberi reputasi
tembak aja abis itu masukin trash bag buang ke laut kalo masih bebalemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan samsol... memberi reputasi
Diubah oleh ruuki
Masih pada bandel lagi ga ya ?


emoticon-Leh Uga
profile-picture
samsol... memberi reputasi
it's futile.
yakin ane tetep ngumpul....
siap siap seleksi alam ane
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Lempar gas air mata kalo masih bandel ngumpul

Atau macam di puskesmas, jarak duduk 2 orang minim 1 meter
lawong wktu ada teroris di jkt aj pada nontonin

luar biasah lah pokoke
Ini jadinya mau lockdown atau tidak?
taati himbauan dari pemerintah gaes
Pidana biar dipenjara ngumpul lg jadi penjara jd karantina
Lockdown sudah diterapkan!
Hanya bahasanya saja diperhalus!

emoticon-Shakehand2

Coba Mukidi sedari awal begini rencananya!
Nggak sebesar ini penyebarannya!
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Klo emak" ngerumpi gaje termasuk gak
lah di daerah ane nanti masih tetep gelar acara istighosah rutinan lho emoticon-Nohope
ngumpul di pidanakan, ntar masuk penjara ngumpul lagi malah tambah parahemoticon-Wakaka
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
gapapa gan, biar ngga ngeyel terus. biar sekali sekali kapok
setengah lokdon

emoticon-Cool
Ntar kalau penjara penuh, tambah pusing loe.
profile-picture
pilotedan memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di