CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rhenald Kasali: 80 Persen Negara di Dunia Tak Siap Hadapi Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7addf9c9518b1fa328e0c0/rhenald-kasali-80-persen-negara-di-dunia-tak-siap-hadapi-corona

Rhenald Kasali: 80 Persen Negara di Dunia Tak Siap Hadapi Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - Akademisi dan praktisi bisnis Rhenald Kasali mengatakan, ketidaksiapan Indonesia menghadapi wabah virus corona ( Covid-19) merupakan hal yang wajar.

Sebab, mengacu pada studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terdapat lebih dari 12.000 kasus outbreak dari tahun 1980 sampai 2013.

Guru Besar Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) ini juga mengatakan, sekitar 30 outbreak dari 12.000 krisis mesti diwaspadai tiap tahun dengan 7.000 kasus potensial tiap bulan.

Baca juga: Gubernur BI Ajak Masyarakat Bersatu Cegah Penyebaran Corona

"Dalam satu penjelasannya, 80 persen bangsa-bangsa tidak siap menghadapi pandemi, tidak siap menghadapi virus. Sebanyak 80 persen bangsa tidak siap, wajar kalau Indonesia tidak siap seperti ini," kata Rhenald dalam konferensi video, Selasa (24/3/2020).

Apalagi, data WHO menyebut transmisi virus tidak membutuhkan waktu lama. Virus, bakteri, maupun parasit mampu berkembang 36 jam sekali.

Hal itu membuktikan, penyebaran virus termasuk virus corona tumbuh dalam waktu instan.

Kendati demikian, sebuah bangsa tidak bisa terus-menerus menyatakan ketidaksiapannya menghadapi virus. Adanya fenomena virus corona diharapkan mampu menjadi pelajaran bagi semua pihak.

"Saya tidak bisa mengatakan, kita tidak siap terus. Ini menjadi suatu pelajaran bagi kita, bagaimana kita keluar dari persoalan seperti ini, karena ini akan jadi biasa," ungkap Rhenald.

Baca juga: Ada Wabah Corona, Penyaluran Bansos Dipercepat


Lebih lanjut Rhenald menuturkan, terjadinya pandemi di dunia tak terlepas dari ekspansi manusia. Ketika jumlah manusia melonjak, otomatis akan terjadi ekspansi besar-besaran terhadap alam.

Ekspansi, yang notabene mengambil bagian dari alam, membuat bumi mengalami perubahan iklim. Perubahan iklim inilah yang harus diwaspadai dan diminimalisir sedemikian rupa.

"Sekarang yang namanya lahan gambut itu tempat makhluk-makhluk tertentu dikuasai manusia. Hutan dibuka. Di setiap tempat ada mahluknya, dan virus bakteri itu ada tempatnya. Barangkali mereka tinggal di buaya, biawak, di dalam ular, kelalawar. Aman bagi hewan, tapi tidak aman bagi manusia," jelas Rhenald.

Sebelumnya diberitakan, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga merespons kritikan masyarakat yang menganggap pemerintah lamban menangani wabah corona.

"Pertanyaan saya, negara mana sih yang siap? Kan tidak ada yang siap. Jadi, kalau ada pengamat yang bilang pemerintah tidak siap, ya memang tidak ada yang menduga akan seperti ini," katanya dalam video berdurasi 4 menit 7 detik tersebut, Selasa (24/3/2020).

Baca juga: Pemerintah Dikritik Lamban Tangani Corona, Luhut: Amerika Saja Begitu Galau...

Dia pun menyamakan kesiapan pemerintah Indonesia dengan dengan Amerika Serikat (AS) saat menangani wabah virus corona tersebut.

"Amerika saja begitu galau. Anda bisa bayangkan sebesar Amerika itu minta bantuan ke Indonesia," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2020/0...-hadapi-corona

bener sih keliatan pemerintah gagap waktu awal ada yg positif corona, tapi sekarang jauh lebih baik, semua komponen udah gerak
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Cuma India yg gue liat gerak cepat. China menutupi informasi bahkan kasih informasi palsu. *WHO itu dibawah China
Lihat 2 balasan
Ada kok
Negara Erdogan emoticon-Big Grin
Gak ada pemimpin dunia saat ini sehebat beliau
profile-picture
decodeca memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Ga bisa. emoticon-Mad

Pokoknya kata kadrun, cuma Indonesia yang ga siap.

Khilafah solusinya. Biar itu virus tunduk sama perintah khalifah!





emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
Perang jenis baru...

Perang sama mahluk mikroskopis, Indonesia belum punya pengalaman. Kedepannya Sistem Kesehatan Masyarakat Indonesia harus diperkuat.

Kalo urusan sama kadrun sepele itu, tinggal cyduk mereka juga bakal nangis kejat-kejut, terus akting minta maaf sambil ngompol, kegarangannya di dunia maya sirna seketika.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh kretekkretek
ikuti himbauan who
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
semua tidak siap ok bener, tapi sudah ambil langkah2 kongkrit masalah coronaemoticon-Cool ini malah ada orang yg ngundang masuk virus dengan dana 72 m lagi... Pintar nggak tuh pak ? emoticon-Toast di jadikan dagelan pula emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
Quadpixel dan sialan6 memberi reputasi
Diubah oleh pilotedan
jiwasraya kelarin dulu baru ngomong

tp ntar paling dibelain ama buzzerp

Sekelas amerika aja tembus 50rb yg positif gw baca kemarin
emoticon-Takut
Cuma perasaan saya atau memang ngga konsisten. Di satu sisi ngomong ketidaksiapan Indonesia menghadapi wabah virus corona ( Covid-19) merupakan hal yang wajar, tapi di sisi lain ngomong sebuah bangsa tidak bisa terus-menerus menyatakan ketidaksiapannya menghadapi virus.

Wajar tapi nggak boleh emoticon-No Hope

Sebagai profesor yg mengajar perubahan, Rhenald Kasali harusnya tidak menoleransi tidak siapnya dunia (minimal Indonesia lah). Kan sudah tahu terdapat lebih dari 12.000 kasus outbreak dari tahun 1980 sampai 2013. Harusnya berubah dong.

Risiko orang yg dekat dengan penguasa, ngga berani kritik penguasa emoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
tidak siap dg menyepelekan sepertinya berbeda.
Indonesia ada diposisi menyepelekan.
profile-picture
profile-picture
Nibrashilmy2 dan kaiserwalzer memberi reputasi
Diubah oleh satriagujis4
Barangkali mereka tinggal di buaya, biawak, di dalam ular, kelalawar. Aman bagi hewan, tapi tidak aman bagi manusia," jelas Rhenald
klo sehari ada100 penambahan yg positif. dlm setahun 36 ribu. pnduduk jkrta 8 juta. indonesia 200an juta

hmm....
mari minum tolak angin emoticon-Om Telolet Om!
negara yg siap itu adalah pembuat virusnya
Quote:


kilafah woy emoticon-Mad
kalo khalifa gue juga mauk emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Quote:


best quoteemoticon-Leh Uga
Quote:


Ada juga kok gan khalifah(pakai h) kalau kilafah(pakai h) juga ada.

kalau khalifa baru nama orang
Indonesia itu menyepelekan, bukan tidak siap.
Quote:


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di