CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pemerintah Singapura Gunakan Bluetooth untuk Deteksi Penyebaran Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7adbc082d4955be26b19b1/pemerintah-singapura-gunakan-bluetooth-untuk-deteksi-penyebaran-corona

Pemerintah Singapura Gunakan Bluetooth untuk Deteksi Penyebaran Corona


Sebagai langkah menghentikan penyebaran virus corona, pemerintah Singapura baru aja meluncurkan aplikasi bernama TraceTogether. Aplikasi ini berfungsi untuk mengidentifikasi orang-orang yang mungkin terpapar virus corona. 

TraceTogether bekerja dengan memanfaatkan sinyal Bluetooth yang terhubung dari satu ponsel dengan ponsel lain dengan jarak maksimal 2 meter. Dengan begitu, akan terkumpul data kontak antara satu orang dengan orang lain, yang disimpan secara lokal di ponsel masing-masing.

Pemerintah Singapura Gunakan Bluetooth untuk Deteksi Penyebaran Corona

Dengan begitu, saat ada orang yang kemudian terdeteksi terinfeksi corona, dengan data dari aplikasi ini diharapkan bisa diketahui siapa saja orang yang pernah lokasinya berdekatan dengan orang tersebut. Dengan demikian, petugas kesehatan akan mudah melakukan tracing dengan bermodalkan data dari aplikasi tersebut.

Pengguna harus mengirimkan data tersebut saat dibutuhkan oleh Kementerian Kesehatan. Data yang disimpan dalam ponsel itu tentunya terenkripsi, dan aplikasinya juga tak akan mengakses informasi lain, contohnya lokasi pengguna.

Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Goverment Technology Agency (GovTech) dan Kementerian Kesehatan Singapura.

Pemerintah Singapura tak mewajibkan warganya untuk menginstal aplikasi ini, mereka sebatas menyarankan penggunaannya. Dalam deskripsi di App Store, TraceTogether bakal dimatikan setelah pandemi corona ini berakhir.

Selain aplikasi ini, Pemerintah Singapura pun menerapkan sejumlah cara lain untuk mendeteksi orang-orang yang diduga terpapar virus corona. Antara lain adalah dengan mengerahkan penyidik kepolisian dan juga kamera CCTV.

Keren emang Singapura, mungkin ini juga bisa dicontoh oleh pemerintah kita. Kalau aplikasi seperti ini, otomatis pemerintah akan mudah mencari siapa aja yang berinteraksi dengan pasien corona, proses tracing pun gak akan memakan banyak waktu.


profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
Recommended nih,
emoticon-I Love Indonesia
Wah keren, emang udah pada maju ya, jadinya bisa cepet nemuin alat secanggih ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di