CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Korban PHK karena Virus Corona dapat Santunan 1 juta Perbulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7abb42af7e935ac745d370/korban-phk-karena-virus-corona-dapat-santunan-1-juta-perbulan

Korban PHK karena Virus Corona dapat Santunan 1 juta Perbulan

Korban PHK karena Virus Corona dapat Santunan 1 juta Perbulan

Setelah sebelumnya Kemensos mengeluarkan kebijakan terkait santunan bagi korban covid 19, saat ini Pemerintah melalui Kemenkeu sudah menyiapkan skema untuk korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampat virus corona.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan korban PHK akibat dampak Corona bakal mendapatkan bantuan berupa santunan sekaligus pelatihan.

Bendahara Negara pun mengatakan nantinya para pekerja yang terdampak PHK bakal mendapatkan santunan dengan besaran Rp 1 juta per kepala untuk 3 bulan.

Santunan dan pelatihan tersebut akan diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

“Kita juga akan memberi insentif untuk yang terkena PHK dari sisi BPJS Ketenagakerjaan memberi santunan plus pelatihan sehingga bisa mendapatkan paling tidak dalam tiga bulan Rp 1 juta per kepala,” ujar dia dalam video conference di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Santunan oleh BPJamsostek itu pun berbeda dengan program Kartu Pra Kerja Presiden Joko Widodo yang telah diluncurkan pekan lalu.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin. “Program berbeda, ini masuk ke program Jamsostek,” jelas dia.

Presiden Joko Widodo dalam kesempatan terpisah sempat menjelaskan pihaknya akan mempercepat penyaluran Kartu Prakerja di tengah wabah Covid-19. Rencananya, penerima akan mendapat Rp 1 juta setiap bulannya selama 3-4 bulan.

Sebelumnya, di dalam skema asli program kartu pra kerja, peserta program bakal mendapatkan insentif sebesar Rp 650.000.

Insentif tersebut didapatkan usai peserta menyelesaikan program pelatihan yang terdiri atas uang transport sebesar Rp 500.000 dan insentif usai melakukan evaluasi sebesar Rp 150.000.

Jokowi mengatakan, upaya itu ia lakukan untuk mengantisipasi para pekerja yang terkena PHK dan bagi para pekerja harian yang penghasilannya terdampak wabah Covid-19.


“Untuk mengantisipasi para pekerja yang terkena PHK, para pekerja harian yang kehilangan penghasilan, para pengusaha mikro yang kehilangan pasar dan omset agar dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas SDMnya,” ujar Jokowi melalui siaran konferensi video di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).



sumber: wartaregional.com

Gimana menurut Agan terkait kebijakan Pemerintah yang satu ini....? 
profile-picture
profile-picture
kaycaem dan nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
errr ya duitnya dikasi tapi itu klo terdaftar, ada surat2nya, punya rekening bank atau mesti klaim ke bank pemerintah....intinya yang emang punya usaha kecil atau kerja serabutan tanpa perusahaan resmi yang hilang mata pencahariannya ga bakal dapat itu 1 juta karena mereka ga diphk.....klo pun udah menuhin berkas2nya itu juga ga langsung dapet ya....emoticon-Ngacir
profile-picture
mows memberi reputasi
1jt bisa buat apa, pemerintah pelit banget buat rakyat, kalau tunjangan pns atau bumn ngasihnya gak kira2
profile-picture
atmajazone memberi reputasi
mending buat masy kebawah kasih makan tiap hari. pdam listrik gratis
duitnya darimana tuh?
ya gpp mending msh di kasih 1 jt... dri pd di pecat ga dpt apa2 lg.. msh bisa buwt bertahan hidup asal ga nuruti gengsi
.... 1 jta
Diubah oleh Wan.njirrr
buat usaha kecil2 an modal segitu,lumayan uang nya bisa diputer lagi buat gedein usaha.
cmiiw
profile-picture
galer2124 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sudah prepare santunan
Tanda-tanda PHK masal kah?

semoga tidak
Lihat 1 balasan
Quote:


yup paket data jg gratis
Welcome krismon eps 2, karena kebijakan pintar pemerintah emoticon-Cool
1juta jaman now cukup apaan
Belom ntar pas ngambil pasti di potong juga itu
berarti tukang gorengan di belakang kantor ane kaga dapet dong yak...
emoticon-Turut Berduka
Kalo lock down corona ini memakan waktu sampe 4 bulan, artinya pemerintah hrs bisa menjamin kehidupan rakyat paling ga selama 4 bulan mungkin dgn 1 juta/bulan tadi
emoticon-Salam Kenal
Setelah 4 bulan, semua kembali jalan normal. Yg diphk kembali dipekerjakan setelah wabah corona usai
profile-picture
isenkdoank1 memberi reputasi
Semoga ga sampe 2-3 bulan ditutup atau WFH dan bisa bebas Covid-19.

Bisa gila gw yang kerja lapangan ga dapat duit dan cuma dirumah saja.
profile-picture
galer2124 memberi reputasi
Diubah oleh mows
Pedagang kecil juga terkena imbas sebenarnya..(cth : pedagang keliling, kedai, dll)

Jualannya tidak laku / jadi sedikit karena dampak corona social distancing.

Apakah pemerintah memikirkan juga sampai disitu?
Dikarenakan sebagian pedagang kecil, tidak memiliki mata pencaharian yg lain.
Quote:


Semoga kondisi ini cepet berakhir bre,
Kasihan yg kehilangan kerjaan.
pandemi ini mengajarkan spy kalo bisa jgn lagi menggantungkan penghasilan dari satu sumber. Sebisa mgkn...
Setidaknya sedikit meringankan. Daripada tidak sama sekali. Tapi amit amit jangan sampai kena phk
Quote:


Warkop pada kena juga
Kan ada tuh berita
Razia
emoticon-Angel
Semoga cepat berlalu
Wuhan para medis nya udah upload ada yg dipulangkan karena susah ga bertambah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di