CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Seorang Dokter Spesialis Paru Bongkar Satu Rahasia Tangkal Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7a9ada10d2954cf33a6d50/seorang-dokter-spesialis-paru-bongkar-satu-rahasia-tangkal-virus-corona

Seorang Dokter Spesialis Paru Bongkar Satu Rahasia Tangkal Virus Corona

Nakita.id - Banyaknya warga yang terinfeksi virus corona makin membuat banyak orang kalang kabut.

Hingga pemerintah menganjurkan untuk melakukan social distancing dan bekerja dari rumah untuk menekan penyebaran virus corona.

Tak hanya itu, presiden secara langsung mengumumkan bahwa pemerintah akan menyiapkan jutaan obat Avigan danKlorokuin yang disebut telah menyembuhkan pasien Covid-19 di berbagai negara.

Selain dari pemerintah, para ahli juga banyak yang menyarankan untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah terserang virus corona. Seperti yang viral beberapa waktu lalu.

Sempat viral seorang dokter psesialis paru, dr. Vinci Edy Wibowo yang menganjurkan untuk berjemur di bawah matahari terik untuk membantu menangkal virus corona.

"Saya dokter Vinci, dokter spesialis paru mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu berjemur. Sekarang sudah wajib untuk berjemur untuk melawan virus corona," ujarnya dalam sebuah video yang telah viral.

"Terutama di kalangan tenaga kesehatan, kalo Anda kurang berjemur, maka daya tahan tubuh Anda akan lemah sekali," tambahnya.

Benarkah berjemur bisa membantu menangkal virus corona?

Dalam acara 'Dialog tvOne' (20/3/2020), dr. Vinci ditanya oleh presenter apakah berjemur bisa mencegah dari Covid-19.

"Tetap kembali ke pencegahan dasar yaitu cuci tangan, masker tetap, APD tetap. Tapi yang selalu terlupakan dari gaya hidup sebenernya sih, yang paling sederhana itu sebenernya dari matahari " jawab dr. Vinci.

"Matahari itu selalu ada tapi tidak dimanfaatkan dengan baik, itu yang sayang sekali. Sebagian pasien saya pasti kurang matahari," tambahnya.


Lebih lanjut, menurut pengamatannya dari pasiennya yang sering mengalami batuk pilek, mereka disebut kurang mendapatkan matahari pagi.

Presenter pun bertanya, jam berapa panas matahari dikatakan baik untuk berjemur.

"Intinya matahari terik, matahari terik itu di atas jam 08.00 sampai jam 04.00 sore," jawab dr. Vinci.

Melansir dari Kompas.com, tim peneliti dari Georgetown University Medical Center pernah mempublikasikan penelitian yang menunjukkan, paparan ultraviolet akan meningkatkan aktivitas sel T (sel darah putih yang melawan infeksi di tubuh) pada sel-sel di cawan patri.

Paling tidak dibutuhkan waktu 5-10 menit terpapar sinar matahari agar kita bisa meningkatkan aktivitas sel pada sistem imun.

Kombinasi antara vitamin D yang diproduksi tubuh ketika kita terpapar sinar matahari dan juga cahaya ultraviolet juga memiliki efek anti-mikroba.


emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Kan udah dibantah dokter Tan toh emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
Meski tinggal di negara tropis, banyak orang di Indonesia justru menghindari terpapar sinar matahari. Padahal, ada banyak hasil studi menyimpulkan manfaat sinar matahari untuk sistem imun tubuh.

Tubuh manusia dengan tumbuhan ternyata memiliki banyak kesamaan, terutama dalam hal kebutuhan terkena sinar matahari agar bisa tumbuh optimal.

Tim peneliti dari Georgetown University Medical Center pernah mempublikasikan penelitian yang menunjukkan, paparan ultraviolet akan meningkatkan aktivitas sel T (sel darah putih yang melawan infeksi di tubuh) pada sel-sel di cawan patri.

Paling tidak dibutuhkan waktu 5-10 menit terpapar sinar matahari agar kita bisa meningkatkan aktivitas sel pada sistem imun.

Manfaat lain dari terkena sinar matahari antara lain meningkatkan kadar vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang, fungsi berpikir, kesehatan ibu hamil dan bayi, serta mencegah kanker.

Berjemur 5-10 menit di bawah sinar matahari juga membantu memperbaiki irama sirkadian sehingga siklus tidur lebih teratur. Manfaat lainnya adalah menurunkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung.

Kombinasi antara vitamin D yang diproduksi tubuh ketika kita terpapar sinar matahari dan juga cahaya ultraviolet juga memiliki efek anti-mikroba. Pada orang yang menderita tuberkulosis, berjemur di bawah sinar matahari juga mencegah kekambuhan penyakit.

Jadi, tak perlu takut beraktivitas di bawah sinar matahari lagi.

https://amp.kompas.com/lifestyle/rea...an.sistem.imun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buatbarulagi dan 9 lainnya memberi reputasi
matahari pagi sampai jam 9. diatas jam 9 udah gak bagus. begitu kata kucing ane yg doyan jemur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Menarik...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pengobatan17 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


eiitss jangan suudzon dulu..

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia dan juga lainnya, untuk menjemur badan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas yang lainnya.

Berjemur dan mendapatkan cahaya matahari pagi dipercaya membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Biasanya, banyak orang mulai keluar rumah dan berjemur pada jam 07.00 atau sebelum dan setelahnya, dengan pertimbangan sinar yang ada belum terlalu terik sehingga tidak menyengat di kulit.

Namun, ternyata itu adalah waktu yang kurang tepat untuk berjemur.

Jam 10.00 pagi

Pemahaman yang keliru ini justru disebut tidak akan banyak mendatangkan manfaat yang dicari, sebaliknya risiko gangguan kesehatan lah malah bisa didapat.

Hal itu diungkapkan Ahli Gizi Komunitas dr. Tan Shot Yen menjelaskan hal tersebut melalui sebuah video di akun YouTube-nya.

Waktu yang tepat untuk menjemur badan di bawah sinar matahari adalah sekitar pukul 10.00, bukan lebih pagi dari itu.

"Yang kita butuhkan sebetulnya adalah ultraviolet B. Ultraviolet B ini gelombangnya lebih pendek. Jadi itu sebabnya kita harus tunggu sedikit mataharinya naik. Jadi kita di khatulistiwa, jam 10 sudah ada. Jadi itu adalah alasan kita jemurnya jam 10.00," kata Tan.


https://amp.kompas.com/tren/read/202...lakukan-di-jam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zinaitudosa
Lihat 7 balasan
Thnx info nya mas gan
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan pengobatan17 memberi reputasi
enakan bejemur di pantai bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


kalo rakyat jelata mau ga mau panasan gab(jalan kaki/naik mtr) nah yg ga kena ya pasti kemana mana naik mobil kerja indor maen ke mall
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


konteksnya memperkuat imun.. tubuh lo lemah corona jg gampang nyerang sistem pernapasan lo.. ujung2nya paru2 lo rusak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


gak tau si klo rakyat jelata di jakarta.. soalnya jam 10 pagi udah polusi banget..
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan pengobatan17 memberi reputasi
Sulit untuk ane berjemur di depan rumah, soalnya janda sebrang rumah bahenol bgt, drpd ane ditabokin bini, mending ane isolasi diri aja sambil co li bayangin si janda emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.soap dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
makanya gays jangan sok2an takut kena kepanaan sinar matahari deh
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Takut itememoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan b4breakk memberi reputasi
Quote:


Astagadragon bray emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
saran ane dari generasi 90-an

setelah asar
sambil main sepakbola
jemur dapet, olahraga dapet
UV dapet, infrared dapet
gak bikin gosong
durasi 45 mnt

setelah selesai tengkurep & ditepukin punggungnya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
B_3440_RU dan 2 lainnya memberi reputasi
ini disuruh berjemur apa diem di rumah sih ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penemuan yg sangat luar biasa dari seorang dokter spesialis paru.. emoticon-Big Grin
Quote:

n‎g‎e‎n‎t‎o‎t kau p‎u‎k‎i‎m‎a‎k

Seorang Dokter Spesialis Paru Bongkar Satu Rahasia Tangkal Virus Corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ripper23tw dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Gimana katanya?
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tapi nanti aku hitam
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di