CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siapkan 3 Skenario Corona, Jokowi: Ini Dampak Buruknya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7a3f39b41d3021865fabf1/siapkan-3-skenario-corona-jokowi-ini-dampak-buruknya

Siapkan 3 Skenario Corona, Jokowi: Ini Dampak Buruknya

KORPORAT.COM, JAKARTA– Pemerintah terus mencermati perkembangan wabah virus Corona (Covid-19) yang telah menjangkiti sejumlah masyrakat.

Bersamaan dengan itu, pemerintah terus mematangkan skenario-skenario untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, skenario yang sedang dikaji pemerintah terbagi tiga klaster yakni, situasi ringan, sedang, hingga skenario disaat mengahadapi Corona dalam situasi paling buruk sekalipun.

“Skenario juga telah kita hitung, kita kalkulasi mengenai prediksi dari COVID-19 ini di negara kita Indonesia, skenario buruk seperti apa, skenario ringan seperti apa dan saya kira ingin kita berada skenario yang ringan, dan kalau memang betul-betul sulit dibendung ya kita paling tidak masuk ke skenario sedang jangan sampai masuk ke skenario paling buruk,” kata Jokowi saat memimpin ratas bersama para gubernur seperti ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Adapun yang dimaksud kajian skenario mengahadapi Coroan itu yakni perhitungan secara konprehensif meliputi bebagai sektor yang terdampak.

Dia menjelaskan, pada saat diterapkan skenario sedang menghadapi Corona, daerah yang paling tedampak pada aspek pengupahan yakni Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kita juga telah menghitung juga penurunan di beberapa provinsi mengenai daya tahan mengenai penurunan pendapatan dari setiap provinsi yang ada, ini saya berbicara skenario sedang saja misalnya provinsi untuk buruh kalau skenario sedang, yang terparah nanti akan berada di NTB, akan penurunan pendapat kurang lebih 25 persen, ini kita mampu bertahan di Juni dan September,” ujar dia.

Masih pada skenario sedang, daerah yang paling terdampak untuk sektor petani dan nelayan provinsi Kalimantan Barat.

“Kemudian untuk petani dan nelayan kita, kalau skenarionya sedang yang terparah nanti di Kalimantan Barat akan adan penurunan pendapatan sampai 34 persen, dengan daya tahan Oktober sampai November,” ujar dia.

Sedangkan sektor pedagang kecil dari skenario sedang ini, yang paling terdampak adalah provinsi Kalimantan Utara.

“Kemudian pedagang mikro, kecil kalau skenario sedang yang berat adalah di Kalimantan Utara dan penurunan sampai 36 persen, kemampuan bertahan di Agustus sampai Oktober,” imbuhnya.

Lalu untuk kelompok angkutan, provini Sumatera Utara menjadi daerah yang paling terdampak dari skenario sedang.

“Kemudian untuk sopir angkot dan ojek, yang paling berat di Sumatera Utara, ini turunnya hampir sampai 44 persen,” ujarnya.

Karena itu dia berharap laju penyebaran wabah Corona dapat ditekan sehingga tidak sampai kepada penaganan dengan skenario terburuk yang jauh lebih berdampak negatif kepada perekonomian nasional.


source : https://korporat.com/news/8809/siapk...mpak-buruknya/
Halaman 1 dari 2
skr menengah kebawah klo sampe ada lockdown opsinya cuman mati karena corona ato mati karena kelaparan.. dua2nya takdir Tuhan.. tapi mana yg lebih prioritas buat menengah kebawah untuk di ikhtiarkan.. opsi itu yg akan diperjuangkan.. toh kedua opsi tsb sama2 diperjuangkan buat kelangsungan hidup keluarga2 mereka jg..
Diubah oleh zinaitudosa
swasembda pangan dulu lah.. minimal indomie mie instanemoticon-Takut
1. kasih potongan harga tiket dan lain2
2. masukin pekerja dari mainland, kalau ada masalah tinggal kontak, dan yg videoin masukin penjara
3. makan nasi kucing rame2 dan minum jahe banyak2

bener kan pak presiden ? emoticon-Cool
mulai ada peningkatan prosedur penanganan

skenario-skenario nya jadi sekarang tinggal buat kebijakan melihat situasi yg paling mirip dengan skenario yg ada.

semoga kedepan tidak kelihatan kelabakan lagi persiapannya karena sudah terencana sesuai dengan prediksi dari skenario yg sudah dibuat.

namun selalu ingat, selalu siapkan rencana untuk skenario yg paling buruk sekalipun.
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan Nibrashilmy2 memberi reputasi
Biar cepet lewat ya lockdown sediain logistik buat yg butuh, tni/polri buat keamanan biar gk keluyuran, kalo gk ya ngegantung trus kek gini gk tau kapan abisnya, masyarakat menengah kebawah jg yg susah gk bisa kerja, dagangan sepi, kena phk/dirumahkan segala macem. imoemoticon-Ngacir
Lihat 2 balasan
masih terus naik ya grafik yg terinfeksi covid 19 nya
Quote:


Jangan sebar hoax lo gan, bakal kena penjara lo emoticon-Lempar Bata kita aman2 saja kok karena minum jahe dan makan nasi kucing emoticon-Lempar Bata ini lagi promo tiket perjalanan dan hotel agan malah sebarin hoax emoticon-Lempar Bata
Lihat 1 balasan
Quote:


Iya maap bre, lagian nanti juga sembuh sendiri kata bapak2 yg kemaren sering muncul di berita sama talk show.
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
makanya klo ada lahan pertanian, jangan d ubah jadi aspal beton dan pabrik.
hutan jadi kebun sawit. bukit dan pulau jadi tambang.

mau makan apaan situ ntar?
baru nyaho sekarang kan. lol
profile-picture
farhan.faf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semoga skenarionya berhasil cegah penyebaran corona

bata collector emoticon-Bata (S)
ane jadi ingat skenario ketika BPJS salah kelola emoticon-Ngakak
semoga bisa cegah penyebaran

BATA!
Ke mana aja pak?
emoticon-Bingung

Strategi yang kemaren digadang staff bapak kok gak diulang lagi sosialisasinya?
-makan nasi kucing
-minum temulawak, jahe merah dan jamu lain
-banyak doa
-banyak qunut
-rakyat indo kebal

Yang bapak lakuin malah promo pariwisata dan bayar influencer.
Harusnya nyiapin Rumah sakit, penyuluhan ke dokter cara menghandle pasien corona, kampanye cuci tangan dan memastikan stok masker, hand sanitizer, APD yg cukup dengan harga normal.
2 bulan udah cukup kok.
Apalagi dulu ada pengalihan isu yang bisa bapak manfaatin supaya gak dikomentarin panik yaitu BANJIR JEKARDAH.
Bapak yang mabok ekonomi malah berlaku Tuhan dengan modifikasi cuaca Jekardah.
emoticon-Entahlah
Kasihan pasien corona dan petugas medis
For this crisis, Tercloud dan Wiwi lah yang paling berperan.
emoticon-Turut Berduka
Pak, perlu diakui karantina 2 minggu nggk efektif. Sekarang udah nyebar hampir merata di seluruh jawa. Bayangin masa karantina abis tiba tiba jadi jutaan case....
bapake jokowi fokuse ke recovery nya kayaknya. kalo g lokdon ya pirus bakalan nyebar bapake. lokdon g tapi kampanye dirumahaja digembor2kan, sama bae mw rakyat pekerja informal tetep kerja terutama pedagang dan ojol juga sepi pak.
Ambyar ini mah..
pemerintah nya setengah hati..
sekarang toko minimarket di batas buka jam 11 sd 20:00

Klo mau di lok don sekalian ajh pak tanggung klo begini..
bikin susah kalangan bawah doank yg ngandelin pendapatan harian..!!!

skenario nya juga masih terlalu general itu belum spesifik apa yg mau di lakuin semua masih serba ngambang kek tokay di jamban..
Quote:


setelah lokdon apa ada jaminan pirus bakal hilang?? lalu yg positip korona ada jaminan gak.. pirus yg mereka bawa tidak nyebar lagi ke orang laen??
Quote:


Artinya lokdon sekarang pun sudah terlambat Bray, anies n jok keliru semua, warga dki juga udh banyak yg pulang kampung, warga LN juga g dibatasi kedatangan nya. WN china yg dtg malah didukung mahamenteri. Si jok berharap pirus g nyebar kan naif namanya, dengan kebijakan yg setengah2 g jelas. Artinya semua siap2 aja dkorbanin karena secara kasat mata pemerintah menerapkan juga herd immunity. Semoga pemerintah siap sedia mencari dananya buat bantu ekonomi masa n pasca copid di tengah gempuran dollar. Amiiin
korban udah banyak persebaran ga bs dikendalikan masih aja plongaplongo disektenario.buruan ga usah ngeyel.
si kunyuk ini skrg sok2an ngomong dampak corona
dia hilang ingatan ya sama perkataan dia 1-2 bln lalu ?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di