CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7a0b178d94d01937150a7c/ivrut-sebuah-upaya-mengubah-marga-agar-terdengar-yahudi

Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi

Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

Hai, GanSis apa kabar?

emoticon-I Love Indonesia

Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi
Poster dari komite Dewan Nasional Yahudi yang menawarkan bantuan untuk menciptakan marga baru.
Sumber

Ivrut atau hebraisasi (bahasa Inggris: hebraization) adalah sebuah perilaku menukar marga diaspora dengan marga Yahudi. Untuk para Yahudi diaspora yang bermigrasi ke Palestina, menggunakan marga Yahudi adalah salah satu cara menghapus sisa-sisa pengalaman diaspora yang penuh kenangan pahit.

Tradisi ini biasanya tak berlaku bagi Yahudi Mizrahi (Yahudi asal Timur Tengah) dan Yahudi Palestina (Yahudi zaman Kesultanan Turki Utsmaniyah) yang cenderung mempertahankan marga Yahudi terdahulu atau setidaknya marga mereka masih terdengar Semit. Sebaliknya hebraisasi sangat umum di kalangan Yahudi Ashkenazi (populasi diaspora Yahudi yang berasal dari Eropa) dan Yahudi Sephardi (populasi diaspora Yahudi yang berasal dari Semenanjung Iberia) yang kembali ke Tanah Suci dengan marga dari daerah masing-masing.

Hebraisasi bermula saat Aliyah Pertama dan Kedua, berlanjut sampai berdirinya negara Israel. Aliyah adalah imigrasi Yahudi diaspora ke Palestina yang menjadi salah satu prinsip dasar Zionisme. Imigrasi besar-besaran Yahudi diaspora ke Palestina bermula pada tahun 1882. Saat negara Israel terbentuk pada tahun 1948, tercatat sekitar 3 juta orang Yahudi telah pindah ke Israel. Pada tahun 2014, Israel memiliki 42,9% populasi Yahudi dunia.

Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi
Sertifikasi aliyah.
Sumber

Tokoh awal yang terkenal melakukan hebraisasi adalah Eliezer Yitzhak Perlman, seorang Yahudi Ashkenazi asal Luzhki (sekarang menjadi bagian dari Belarusia) yang berprofesi sebagai leksikograf dan editor surat kabar berbahasa Ibrani. Ia mengubah namanya menjadi Eliezer Ben-Yehuda.

Pada tahun 1944, Dewan Nasional Yahudi menyatakan sebagai "Tahun naturalisasi nama Ibrani". Sebuah komite khusus di bawah kepemimpinan Mordechai Nemzabi menerbitkan sebuah buku pedoman tentang penciptaan marga Yahudi baru. Panduannya sebagai berikut:

Spoiler for Panduan:


Setelah pembentukan negara Israel, Perdana Menteri Israel pertama David Grün berkomitmen menggunakan marga Yahudi: Ben-Gurion. Ia berusaha meyakinkan sebanyak mungkin orang-orang untuk mengubah nama mereka menjadi lebih Yahudi. Dalam penandatanganan deklarasi kemerdekaan negara Israel, Ben-Gurion juga meminta Herzl Rosenblum agar menjadikan nama pena Herzl Vardi sebagai nama resmi.

Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi
Perdana Menteri Israel pertama David Ben-Gurion (kanan) berfoto dengan ilmuwan Albert Einstein (kiri).
Sumber

Ben-Gurion juga memohon kepada personel Israel Defense Forces (IDF) khususnya para perwira agar mengubah marga Inggris, Jerman, Perancis, Slavia, atau marga asing lainnya menjadi marga Yahudi sebagai panutan terhadap prajurit yang lain. Sebab orang-orang militer harus memiliki jiwa serta visi dan misi berlandaskan Yahudi. Perintah serupa juga ditujukan kepada para pejabat negara, khususnya yang mewakili negara di luar negeri. Di sisi lain hebraisasi mampu mengurangi ketegangan antaretnis Yahudi dan membentuk identitas kolektif untuk stabilitas nasional di masa mendatang.

Di bawah ini adalah beberapa cara hebraisasi.

Spoiler for Hebraisasi:


Pendukung hebraisasi umumnya datang dari kalangan buruh dan rohaniawan. Walaupun begitu ada segelintir yang menentang, seperti Moses Calvary, seorang Yahudi Ashkenazi asal Jerman yang menjadi tokoh pendidikan nasional Israel. Ia beranggapan marga asing yang melekat di nama belakang para Yahudi diaspora memiliki keterikatan emosional yang bisa menjadi identifikasi asal-usul atau kelompok etnis.

Ada cerita tentang seorang diplomat Israel dengan marga Lifshitz yang berdebat dengan David Ben-Gurion. Ia berkata, "Saya akan mengubah nama saya jika Anda bisa menemukan non-Yahudi bernama Lifshitz."

Lifshitz adalah marga Yahudi Ashkenazi, asal kata Głubczyce (bahasa Jerman: Leobschütz) sebuah kota di selatan Polandia dekat perbatasan Republik Ceska.

Kubu yang menentang terus bermunculan. Mereka memilih setia mempertahankan marga asing, seperti Presiden Israel pertama Chaim Weizmann (Yahudi Ashkenazi). Seiring berjalannya waktu, tren hebraisasi tak lagi populer bersamaan dengan masuknya gelombang besar Yahudi diaspora dari Uni Soviet pada tahun 1990-an yang berpegang teguh pada identitas Rusia yang spesifik. Contoh paling mencolok adalah mantan Menteri Pariwisata Israel (2009-2013) Stas Misezhnikov.

Ada beberapa alasan mengapa Yahudi diaspora setia kepada marga non-Yahudi mereka. Terkadang alasannya bersifat relijius. Sebagai contoh marga Azoulai, Cohen, Kaplan, Katz, Kohn, Sacerdoti, dll yang bermakna "imam". Dalam beberapa kasus sebuah marga asing berhubungan dengan sinagog (tempat ibadah Yahudi) atau komunitas Yahudi diaspora, seperti Gabbai, Chazan, Rabin, dll. Istilah ini disebut sarfati (sudah Ibrani).

Ivrut, Sebuah Upaya Mengubah Marga Agar Terdengar Yahudi
Lambang keluarga Rothschild.
Sumber

Alasan lain berhubungan dengan yichus, artinya yang bersangkutan berasal dari sesuatu yang baik. Contoh marga Horowitz yang berlatar dinasti kerabian terkenal, marga Rothschild yang berlatar dinasti perbankan sukses, marga Einstein yang tenar karena Albert Einstein, dan marga Shaltiel yang berlatar keluarga Sephardi kuno keturunan Raja David (Nabi Daud dalam ajaran Islam).

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 | 2 | 3 | 4 | 5

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
halalica dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh mengeja
Lihat 1 balasan
Sejak kapan keturunan Yahudi memakai sistem garis ibu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

Gak semua pake sistem ini bre, apalagi sejak Reformasi Yudaisme yang menyatakan salah satu orang tua Yahudi dan menjalankan peribadatan bisa dibilang Yahudi. Gak harus ibu Yahudi

Cuma pas ane googling Yahudi pake sistem garis ibu pas zaman Mishnaic awal sekitar tahun 10-70 M. Pake garis ibu merujuk Sarah istri pertama Ibrahim yang ngelahirin Ishak. Kalo garis bapak yang dipake, nanti Ismail anaknya Hajar ngikut juga

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendaljepitkece dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


menurut tradisi Yahudi dimulai sejak era Tanna'im (circa abad ke-1), tapi sebenarnya atestasinya justru baru ditemukan dalam bentuk targum dan haggadah di era Risyonim, yang apabila dilacak rantai misynah-nya tampaknya belum lama diimplementasikan di era Ge'onim (abad 7). tradisi matrilineal ini tidak bersifat menggantikan patrilineal. genealoginya tetap bergaris bapak. tujuan digunakan matrilineal (menurut tradisi) adalah untuk mengetahui ada cabang silsilah dari ibu yang hilang, karena para leluhur Yahudi (termasuk tokoh legendanya) tidak hanya punya 1 istri, tapi banyak istri dan gundik (poligami). nah, biasanya cabang ibu lainnya yang tidak disebutkan Alkitab dianggap "orang Israel yang hilang". contoh mudahnya adalah Musa. Musa menikahi Zipora dan seorang wanita Kusy (tanpa nama). secara logika tradisi, anak-anak Zipora dan wanita Kusy itu adalah suku Lewi. tapi, anak-anak dan keturunan wanita Kusy itu absen dalam Alkitab. dengan tradisi matrilineal ini memungkinkan seseorang memiliki darah Israel melalui garis ibu lainnya (sekaligus memungkinkan seseorang untuk ngaku-ngaku jadi orang Israel).

klaim orang Yahudi (dan umumnya bangsa-bangsa Timur Tengah), mereka punya ahli genealogi khusus yang mempelajari silsilah seseorang, sehingga mereka mengklaim seseorang tidak dapat ngaku-ngaku jadi Yahudi. padahal, siapa yang bisa jamin? trend genealogi semacam ini juga dilakukan beberapa orang Arab yang ngaku-ngaku keturunan Muhammad. meskipun mereka mengklaim punya pakar silsilah, tapi siapa yang bisa jamin?

jaminannya cuma tradisi. tradisi keluarga, tradisi keluarga besar, tradisi kemargaan, itu thok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zugen dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


ketika digunakan, mungkin hanya terbatas di lingkungan Exilarkh. tapi di abad 10, orang-orang Asykenazim dan Sefardim telah menjalin kontak dengan Exilarkh, jadi penggunaan menyeluruhnya baru terjadi di abad ini.

ya barangkali juga itu ada hubungannya dengan polemik Sarakenoi, agar tidak bercampur dengan para anak-anak Ismael. kita tahu bahwa periode Ge'onim melewati 3 fase pemerintahan Sarakenoi/Arab Ismaelites, mulai dari Rasyidin, 'Umayyah, dan 'Abbasiyyah. meskipun hubungan para Rabbanit Ga'on dengan pemerintahan Sarakenoi cenderung kondusif dan adem ayem, tapi di kalangan internal cukup panas.

clash internal dimulai ketika Anan ben David menolak Yosiah sebagai exilarkh Babylonia/Iraq. dia mendirikan exilarkh tandingan. dengan memanfaatkan kedekatan Yehudah Zakkai dengan Al-Manshur, Anan berhasil dipenjara dengan tudingan hendak memberontak terhadap pemerintah 'Abbasiyyah. selama di penjara, dia bertemu dengan Abu Hanifah yang juga sedang dipenjara karena dituding mengejek Al-Manshur. di sanalah, Anan terinspirasi dengan metode penafsiran Al-Qur'an ala Abu Hanifah, dan Anan menerapkannya terhadap Torah. hasilnya, jauh berbeda dengan penafsiran Rabbanit. setelah bebas, Anan ke Mesir membangun exilarkh nya. Mesir saat itu merupakan basis Hanafi. di sinilah pula dia membangun sekte Qara'im dengan tafsir Torah ala dia, yang disebut mitsvot d'orayita. dan untuk melindungi tradisi Yahudi, Rabbanit juga mulai menulis sangkalan-sangkalan mereka terhadap Qara'im. ketika Fathimiyyah bangkit, exilarkh Mesir berlindung di baliknya, sedangkan para Rabbanit juga berlindung di balik 'Abbasiyyah. sementara itu di Andalusia, komunitas Sefardim telah terbentuk dan beberapa tokoh cendikiawan mereka juga banyak yang telah mengembara hingga Mesir dan Iraq. kurasa, gagasan matrilineal ini dikembangkan di kalangan Rabbanit untuk mendapat dukungan dari Sefardim, serta untuk melemahkan pengaruh Qara'im. gagasan matrilineal ini semakin diperluas ketika 'Abbasiyyah runtuh dan ancaman persekusi terhadap mereka muncul dari kalangan Sunni. nah, di sinilah peran matrilineal ini agar orang-orang Yahudi dapat mengidentifikasi orang-orang Arab secara eksklusif.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
sensitip nih
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan risky.jahat memberi reputasi
Diubah oleh kodokuper
gw ubah... kayak atas ane emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan kodokuper memberi reputasi
Diubah oleh risky.jahat
Quote:


kenapa disunting? wkwkwk emoticon-Leh Uga

gw udah liat anjirrr emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan kodokuper memberi reputasi
Kalo ada darah wahyudi Ane kudu bilang waow gitu? emoticon-Hammer
"Kadrun" jadi "Ben-Kurion" emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh giacartone
Quote:


mau ngomen gini... tapi itu nama tetangga ane emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendaljepitkece dan 2 lainnya memberi reputasi
Idenya dan tujuan mengganti nama marga bagus yaitu mengurangi trauma masa lalu dan menyatukan masyarakat yahudi berbeda etnis hasil ratusan tahun diapora menjadi masyarakat yang satu kesatuan identitas sebagai Orang Israel.
Mirip seperti kita yang berasal dari berbagai macam suku mengutamakan identitas sebagai Orang Indonesia.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh ordinaryvoice
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Kalau marganya di depan gimana ngubahnya yaemoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
yahudi,,, dipuji sekaligus dimaki.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan servesiwi memberi reputasi
Luamayan panjang juga ya sejarahnya ini emoticon-Malu
Kalau marga cohen ane tau sacha baron cohen.emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
van Duke dan 2 lainnya memberi reputasi
sehebat-hebatnya kaum lain, yahudi ini selalu di depan

kek yamaha...
wkwjjw


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 2 lainnya memberi reputasi
marga jaya gans emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Quote:


Yahudi sprti muslim mas.. emoticon-Big Grin

Pakai nama belakang sesuai garis ayah.. contoh : USMAN BIN (son) AFFAN,, FATIMAH BINTI (daughter) MUHAMMAD emoticon-Embarrassment
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Quote:


Kalau nggk salah,, marga AHMAD DHANI jg ada KOHEL KOHEL nya gitu.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
van Duke dan servesiwi memberi reputasi
agama Yahudi agama paling pelit dalam cari jamaah/pengikut ngga agama lain.harus punya darah keturunan bani israel
Diubah oleh cahmlg123456
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di