CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PUNYA SEJARAH MISTIS, GUNUNG INI KINI JADI TEMPAT WISATA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79f3a3c342bb03843c573b/punya-sejarah-mistis-gunung-ini-kini-jadi-tempat-wisata

PUNYA SEJARAH MISTIS, GUNUNG INI KINI JADI TEMPAT WISATA


PUNYA SEJARAH MISTIS, GUNUNG INI KINI JADI TEMPAT WISATA

Gunung adalah hal yang tak asing lagi di telinga kita. "Gunung 'kan kudaki, lautan 'kan kuseberangi, hanya untukmu kasih." eeeaaa bukan begitu Gan and Sis hehe. Gunung pula tak lepas dari hal-hal yang berbau mistis dikarenakan gunung bisa saja mempunyai penunggu dan menjadi tempat tinggal untuk para arwah orang terdahulu. Seperti halnya gunung yang satu ini. Gunung Bupu, Desa Bualemo A, Kecamatan Bualemo, Kab Banggai Sulawesi Tengah biasa orang menyebutnya. Gunung Bupu ini mempunyai sejarah yang mistis, dikenal dengan patung Bupu yang berbentuk seperti manusia yang duduk bagai bersemedi. Konon kata orang setempat bahwa patung batu yang disebut Bupu itu mempunyai hal gaib, bisa menyembuhkan seseorang dengan air yang keluar dari suatu benjolan yang di anggap sebagai kemaluannya.

PUNYA SEJARAH MISTIS, GUNUNG INI KINI JADI TEMPAT WISATA

Para pendatang yang berasal dari Gorontalo, kebanyakan dari Tilamuta akan mengunjungi Gunung Bupu tersebut. Mereka percaya bahwa suatu kemakmuran bisa tercapai apabila mereka menginjakkan kaki di kampung Bualemo jika mengunjungi patung Bupu ini. Bukan itu saja, orang-orang sakit terkadang tak pergi ke dokter, tetapi mereka pergi ke gunung tersebut untuk mendapatkan air dari benjolan yang dianggap kemaluan patung Bupu. Alhasil, mereka sembuh setelah mengonsumsi air tersebut.

Ada sejarah atau fakta mengejutkan mengenai patung Bupu tersebut. Kata orang setempat, ada dua orang yang tewas karena meragukan magic dari patung itu. Mereka berdua bukan lain adalah pendatang yang berasal dari Tilamuta, Kab Boalemo. Mereka meragukan magic dari patung Bupu dengan memotong kemaluan patung tersebut yang dipercayai sebagai sumber air suci bagi masyarakat setempat. Usai menggerecoki patung tersebut, mereka berdua ditemukan tewas dengan naas di depan patung Bupu. Hal ini masih menjadi tanya bagi orang setempat, apakah keduanya itu mati karena menggerecoki patung Bupu, atau mereka mati karena diserang binatang hutan. Namun, lebih dari sebagian masyarakat setempat mengatakan bahwa mereka mati karena patung Bupu tersebut.
Gunung Bupu yang sangat berbau mistis ini menjadi ciri khas tersendiri bagi para indigo karena kabarnya penunggu di gunung tersebut sangatlah banyak dan beragam. Ada dari golongan baik hingga golongan jahat yang bisa membuat orang mati tanpa diketahui penyebabnya. Yah mungkin jika dikaitkan dengan logika, mereka mati karena sudah ajal Gan and Sis yah hehe. Nah seiring berkembangnya waktu masyarakat semakin kreatif dalam berpikir. Akibat perubahan sosial, nilai-nilai leluhur yang dijadikan fanatik kini semakin lama semakin luntur warnanya. Hal ini terjadi pada Gunung Bupu ini. Gunung Bupu yang tadinya berbau mistis, kini menjadi objek wisata bagi masyarakat setempat dan pendatang. Antusiasme para anggota KPA (Komunitas Pencinta Alam) dalam memperindah lingkungan dan alam membuat gencar niat pemerintah untuk membuat objek wisata di Gunung Bupu ini.

PUNYA SEJARAH MISTIS, GUNUNG INI KINI JADI TEMPAT WISATA

Para wisata sangatlah senang. Selain dapat menikmati perjalanannya, mereka pun dapat menikmati pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bukan hanya menikmatinya, mereka juga mengabadikannya dengan berswafoto dan menyimpannya di media sosial. (Sulawesi Tengah, Maret 2020)

See you next threademoticon-Menang
Quote:
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan mang.jebot memberi reputasi
Salah kamar kau bocil
Aelah kirain gunung kemukus kaporit na hansip lontong emoticon-Cape d...
Gua tau lo semangat buat thread gan. Tapi ini salah tempat. Baca dulu peraturan.
Quote:


Wadidau. Maepkeun dah akakemoticon-Cape d...

Quote:


Heheemoticon-Traveller

Quote:


Saaloh. Maepkeun dah. Kalau boleh tau di mane ya lihat peraturannya akak? Soalnya Ane newbe and operasikan akun kaskusnya di Hp.emoticon-Bingung


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di