CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
UN Ditiadakan Karena Corona! Apa Gantinya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79cecea2d19525d164fdb0/un-ditiadakan-karena-corona-apa-gantinya

UN Ditiadakan Karena Corona! Apa Gantinya?


Berita viral

UN Ditiadakan Karena Corona! Apa Gantinya?

Menyebarnya virus Corona COVID 19 semakin masif di Indonesia. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya warga yang menjadi Orang dalam Pengawasan (PDP) dan pasien Dalam Perawatan (PDP). Bahkan, beberapa tokoh dan selebriti di Indonesia sudah dinyatakan positif Corona.

Untuk menghadapi pandemi Corona ini, pemerintah telah menyatakan bahwa Corona ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Untuk itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Nasional pun ikut turun tangan. Dalam konferensi persnya, kerua BNPB memperpanjang masa bencana virus Corona ini sampai akhir Mei 2020.

Untuk menekan penyebaran Virus Corona, pemerintah membuat kebijakan dan menganjurkan masyarakat untuk tetap berada di rumah. Hal ini berdampak dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di rumah selama 14 hari.

Tidak sampai di situ, perpanjangan masa bencana hingga bulan Mei ini juga memengaruhi jadwal Ujian Nasional SMP yang seharusnya dilaksanakan awal bulan April dan UN SMA yang dilaksanakan akhir maret. UN SMP dan SMA yang semula dilaksanakan serentak di sekolah masing-masing harus dikaji ulang pelaksanaannya.

Berdasarkan hasil diskusi antara anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) komisi X bersama kementrian Pendidikan Nasional, maka direncanakan bahwa untuk saat ini UN SMP dan SMA ditiadakan.

UN Ditiadakan Karena Corona! Apa Gantinya?


Keputusan ini diambil untuk melindungi siswa berkumpul di suatu tempat dan menyebabkan bertambahnya resiko penyebaran Corona.

Tentunya, ketika UN dihapuskan, pemerintah sudah mempersiapkan skema untuk menentukan kelulusan siswa. Beberapa cara yang bisa diambil untuk penentuan kelulusan siswa dilihat dari:

1. Melakukan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

USBN yang ditawarkan pemerintah, bisa dijalankan jika sekolah sudah siap melaksanakan USBN secara online. Tentunya, siswa mengerjakan soal dari rumah masing-masing dan guru mengawasi via online.

2. Nilai komulatif

Jika USBN tidak bisa dilaksanakan karena ketidak siapan sekolah. Maka bisa memberlakukan nilai komulatif siswa sebagai penentu kelulusan.

Semua track record dan nilai siswa sejak awal masuk, termasuk mengenai pengembangan diri siswa, sudah terangkum di dalam buku rapor. Sehingga opsi ini bisa dijadikan faktor penentu kelulusan

Itulah dua opsi yang ditawarkan pemerintah. Apapun opsi yang akan diambil adalah yang terbaik untuk anak bangsa. Saat ini, fokus masyarakat sedang ke virus COVID 19, semoga bencana ini segera berlalu.


Salam hangat,
RetnoQr3n

profile-picture
husnamutia memberi reputasi
Diubah oleh RetnoQr3n
UN ditiadakaaan
Quote:


Seneng gak?
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Masih mikirin UN?
Corona dulu selesaiin....
Gw aj ga miiirin sekolahan kalo korona selesai....
Untuk apa?
Lulus jd pengangguran kok?
profile-picture
RetnoQr3n memberi reputasi
Quote:


Dilema sih ka

Quote:


Atuh dah beda orang beda nasib ka.
ngak kebanyang jaman ane un bikin stress menghadapinya jika diterapi kini un bakalan bertambah stress didapatkan emoticon-Matabelo
serasaa kepengen balik lagi jadi anak sekolahhh emoticon-Hammer2
Quote:


Mudah-mudahan bisa menciptakan lapangan kerja minimsl buat sendiri.

Banyak kok orang sukses tapi gak lulus sekolah
meskipun ga ada un tetep harus belajar yang rajin ya adek adek semua, perjalanan kalian masih panjang, semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan emoticon-Jempol
Diubah oleh edelweis111
Quote:


Ini Mbak Edelweiss Lisa itu bukaan ya?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di