CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Mpon-Mpon, Campuran Rempah Herbal Yang Mampu Menangkal Covid-19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79ccd40577a9514b4c0533/mpon-mpon-campuran-rempah-herbal-yang-mampu-menangkal-covid-19

Mpon-Mpon, Campuran Rempah Herbal Yang Mampu Menangkal Covid-19

Assalamualaikum Wr.Wb

     Ane mau membahas tentang rempah herbal asli Indonesia yaitu Mpon-Mpon. Mungkin dari sekian banyak agan semuanya pernah minum mpon-mpon atau empon-empon ini. Ada yang beli bahan mentah kemudian memprosesnya mulai dari membersihkan bahan satu per satu lalu membuatnya dalam jumlah banyak atau ada juga yang beli sudah bungkusan atau siap proses kemudian dikonsumsi sendiri atau untuk beberapa orang saja.

        Prosesnya pun beragam, cara pertama yaitu digongso atau ane nyebutnya sih sangrai (ditumis tanpa menggunakan minyak) untuk sedikit mematangkan dari bahan tersebut dan cara kedua, langsung merebus semua bahannya dengan air kurang lebih satu (1) liter. Dua cara tersebut sama saja hasilnya hanya dari segi warnanya berbeda yakni cara pertama warnanya keruh dan memiliki banyak endapan  karena cara yang pertama ini agan dan sista harus membersihkan bahan tersebut satu per satu agar tanah atau kotoran yang menempel di bahan mpon-mpon itu hilang dibilas air, kemudian gongso sedikit  sekitar 10-15 menit dan dikasih air sedikit. Setelah itu semua bahan diblender dan disaring agar ampas kasarnya tidak ikut diminum, itulah kenapa proses pertama ini warnanya keruh dan endapan yang dihasilkan banyak.

        Sedangkan cara kedua warna yang dihasilkan tidak terlalu keruh dan endapan yang dihasilkan sedikit karena cara kedua ini agan dan sista hanya membersihkan (biasanya sih sudah keadaan bersih bahannya tinggal proses aja) bahan mpon-mpon tersebut kemudian digeprek atau diremas (kalo agan kuat emoticon-Big Grin). Direbus sekitar 20 menit kemudian dinginkan sejenak, diminum panas boleh diminum dingin juga boleh. Nah, biasanya ane beserta keluarga cara penyajiannya dikasih sedikit jeruk nipis dan madu, kaarena ane gak suka pahit jadi ane akalin pake itu. menghindar dari diabetes kalo pake gula jawa kebanyakan emoticon-Big Grin.

                Ane juga ada resepnya Mpon-mpon ini barang kali gansist mau mencoba resep ini yang sama ane buat dirumah buat keluarga ane.

Mpon-Mpon, Campuran Rempah Herbal Yang Mampu Menangkal Covid-19

bahan:

150 gram jahe, dipotong-potong
100 gram temulawak, dipotong-potong
150 ml air
1 lembar daun pandan
5 sendok gula mer
ah/gula putih sesuai selera

Kencur secukupnya
Kunyit secukupnya
2 batang kayu manis
2 batang sereh

cara pembuatannya:

- Bersihkan dan potong-potong semua bahan.
- Rebus semua bahan hingga mendidih.
- Saring air rebusan ke dalam gelas.
- Diamkan air rebusan hingga hangat.
- Air bisa segera diminum selagi hangat.
- Jika tidak suka rasa pahit dari jamu tersebut, agan bisa tambahkan 1 1/2 sdm madu dan 1/2 jeruk nipis 

           Namun kalau konsumsinya kebanyakan juga gak baik gansist, karena perut akan jadi sakit, itu pengelaman ane yang 3 hari (sehari minum 3X) berturut-turut minum jamu ini. Mpon-mpon ini mengandung Curcumin yang bisa menangkal terjadinya badai Sitokin didalam paru. 

             nah apa itu sitokin? sitokin adalah protein yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dan penting dalam penanda sinyal sel. Pelepasan atau keluarnya sitokin ini dapat mempengaruhi perilaku sel di sekitarnya. Sitokin yang keluar dalam jumlah sedikit tidak memiliki pengaruh pada kondisi paru pasien, atau keadaan parunya tidak bermasalah. Akan tetapi kalau jumlah sitokin yang dikeluarkan di paru sudah banyak, disebut sebagai badai sitokin, maka itu akan membuat paru sangat padat dan kaku. (Kompas.com)

          Jadi untuk agan maupun sista yang mau nyoba resep ini monggo tapi minumnya sehari sekali aja cukup jangan kayak ane yang minum sehari 3X emoticon-Big Grinhehe. Semoga artikel ini bisa membantu agan dan sista sekalian lan panjenengan sedoyo nggeh. Matur suwun dan terima kasih Wassalamualaikum Wr.Wb emoticon-2 Jempol

Sumber:






GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di