CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Arab Saudi Minta Tunda Bayar Haji, Kemenag: Persiapan Haji Jalan Terus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79c5478d9b174bb3143d76/arab-saudi-minta-tunda-bayar-haji-kemenag-persiapan-haji-jalan-terus

Arab Saudi Minta Tunda Bayar Haji, Kemenag: Persiapan Haji Jalan Terus

Arab Saudi Minta Tunda Bayar Haji, Kemenag: Persiapan Haji Jalan Terus

Pemerintah Arab Saudi meminta pemerintah Indonesia menunda pembayaran layanan haji untuk musim haji tahun ini atau 1441 Hijriah. Pesan disampaikan melalui surat Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta kepada Menteri Agama RI Fachrul Razi.

Dalam surat tersebut, Kedubes Arab Saudi melampirkan surat dari Menteri Urusan Haji dan Umrah Mohammed Saleh T Banten, yang meminta Menag RI menginstruksikan Kantor Urusan Haji Indonesia di Arab Saudi agar bersabar dalam menyelesaikan haji hingga wabah corona atau Covid-19 berakhir.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali menyatakan surat itu bukan merupakan permintaan penundaan pelaksanaan ibadah haji.

"Saudi melalui suratnya meminta agar pembayaran uang muka terkait kontrak layanan ibadah haji 1441 H di Arab Saudi ditunda. Sebab, mereka tengah mengkarantina atau lockdown untuk mencegah wabah virus corona," kata Nizar, Kamis (19/3) dikutip dari siaran pers di situs Kementerian Agama.

Nizar mengatakan, hasil komunikasi dengan pejabat haji dan umrah saat ini proses penyediaan layanan di Saudi tetap dilanjutkan, hanya proses pembayarannya yang ditunda. "Persiapan haji terus berjalan, baik di dalam negari maupun proses pengadaan layanan di Arab Saudi," kata dia.

Nizar mengatakan saat ini tim akomodasi sudah mendapatkan kesepakatan dengan sejumlah penyedia hotel baik di Mekah maupun Madinah. Persiapan layanan konsumsi dan transportasi juga terus dilanjutkan. "Semuanya masih dalam proses pengadaan, belum pada pembayaran,” kata Nizar.

Sedangkan di dalam negeri, persiapan haji memasuki tahap pelunasan pembayaran biaya haji. Pelunasan tahap pertama mulai 19 Maret hingga 17 April 2020 dan untuk tahap kedua, dibuka dari 30 April hingga 15 Mei 2020. Pemerintah meniadakan manasik untuk meminimalisir penyebaran vorus corona.

Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) yang disusun Kemenag, jemaah Indonesia akan masuk asrama haji pada 25 Juni 2020 dan berangkat ke Tanah Suci pada 26 Juni 2020.

sumber

Tuan Rumah Sudah Menolak Dengan Halus Para Tamu Memaksakan Diri.

emoticon-Leh Uga


profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ketakutan gara gara tentara Allah


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
haji tahun ini dibatalin aja,
duitnya bisa buat penanganan corona dulu
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Arab Saudi Minta Tunda Bayar Haji, Kemenag: Persiapan Haji Jalan Terus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
harusnya tahun ini dibatalin..mudah mudahan pada ridho soalnya resikonya terlalu besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Udah tahu ada beginian masih dipaksain emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crockoaches dan 2 lainnya memberi reputasi
Wakakak, tamunya malah maksa banget.
Kalo wabah disini blm mereda, rasanya Arab Saudi gak bakal mau nerima.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kayaknya positif dibatalkan haji tahun ini, 5 juta orang ngumpul satu tempat satu waktu, ancamannya ga main-main
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Mana si somad? Suruh dia tertibin pasukannya dia, tentara Allah udah mulai berulah di mana2.
Gegara dia bilang covid-19 pelindung khusus muslim uighur, muslim di negara lain malah jd korban covid.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
highlander. dan 11 lainnya memberi reputasi
so mad gimana ini ? Gara2 tentara allah kok ibadah haji jadi di tunda ? tanggungjawab kalo tentara allah desersi
begitu rupanya emoticon-Cool
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
di cinak orang cinak berbondong2 ke masjid waktu wabah koronak
ngarab saudil malah mau melarang kaum kitak-kitak pergi haji emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Sekali lg ini bukti Arab saudi kek nya lbh tau kondisi kasus covid dimarih..yg pertama soal pembatalan umroh kmrn.
walau dilobi sana sini..diyakinkan bahwa org indo blm ada yg kena covid ttp aja Arab ga peduli..
Skrg soal haji.. Ga tau lg dah
profile-picture
heatbl4st memberi reputasi
Dua kota di Arab Saudi yg paling banyak terkena Virus Corona adalah Riyadh & Makkah....di Makkah sudah ada 155 orang yg terkena virus Corona....

profile-picture
tepsuzot memberi reputasi
jangan salahkan negara nggak maju.
lha manusianya mementingkan kebutuhan tahyul akhirat surgawi ketimbang kemajuan meterial duniawi.
perekonomian itu duniawi coy, gue masih maklum kalo kaum tahyulers ini nrimo kismin, lha nyatanya tiap hari teriak duit rakyat begini begitu, ekonomi jeblok begini beginu. padahal bayar pajak aja ogah. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
highlander. dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pada ketakutanemoticon-Leh Uga

sabar2 tunggu corona ilang baru naik haji lagi

BATA!

golongan yang ga takut corona
Mata pencaharian kemenag nih
profile-picture
GreatCapture memberi reputasi
haji pake teleconference aj.. ky temen w sholat malem pke siaran tv it
Ini kayak aku gak mau jualan karna mau pake sendiri malahan di ributin tamu dengan dipaksa mau beli. Ampun DJ.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
polemik internal, nyimak aja
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di