CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sipil /
Sekilas Dewatering pada Bendungan dan Basement
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e79a87465b24d3f5f452b92/sekilas-dewatering-pada-bendungan-dan-basement

Sekilas Dewatering pada Bendungan dan Basement

emoticon-I Love IndonesiaHalo agan-agan emoticon-I Love Indonesia

Ane mau bahas sedikit seputar dewatering pada basement dan juga bendungan. okay, langsung kita simak aja yuk...

Dewatering merupakan suatu proses pengerjaan pengalihan aliran air atau debit air yang berada disektiar area konstruksi sehingga proses pengerjaan konstruksi dapat terus berjalan, khususnya pengerjaan struktur konstruksi di dalam tanah dan di bawah muka air tanah.

Dalam pengerjaan dewatering ini, biasanya area konstruksi dikeringkan terlebih dahulu tujuannya agar tekstur tanahnya menjadi keras sehingga tidak terjadi erosi ketika pengerjaan berlangsung. Kondisi tanah di area konstruksi memang harus diperhatikan karena dapat berakibat fatal jika dibiarkan begitu saja, seperti harus mengubah struktur bangunan karena tanah tidak stabil, penambahan biaya konstruksi, dan yang paling parah bisa menggagalkan proyek.

Proses Dewatering sering dilakukan untuk pembangunan basement gedung dan juga bendungan. Hal ini dikarenakan posisinya berada di wilayah yang dikelilingi air sehingga harus dilakukan pengeringan terlebih dahulu.

Pengerjaan Dewatering pada Basement
Basement merupakan bagian gedung yang letaknya dibagian bawah tanah. Basement itu sendiri biasanya difungsikan untuk tempat parkir kendaraan dan juga gudang barang.

Proses pengerjaan dewatering ini memakai metode Open Pumping dengan menggunakan pompa khusus untuk menyedot debit air yang berada di area basement. Nantinya air yang disedot dialirkan menuju selokan yang sudah dibuat dan dihubungkan.

Pengerjaan Dewatering pada Bendung
Berbeda dengan basment yang harus digali terlebih dahulu, sedangkan pengerjaan dewatering pada bendungan menggunakan penutup sungai atau yang disebut cofferdam.

Pembuatan cofferdam ini dilakukan pada dua tempat yaitu pada bagian hulu (upstream) dan hilir (down stream). Penempatan cofferdam ini nantinya di area yang berada diantara hulu dan hilir sungai.

Dalam pembuatan cofferdama atau penutup sungai ini harus dilakukan pengalihan saluran air sungat terlebih dahulu atau yang dikenal dengan istilah river diversion.

Ada 2 macam river diversion dalam pemasangan cofferdam yaitu :
Diversion Channel : saluran terbuka
Diversion Tunnel : saluran tertutup
Dengan adanya cofferdam ini  maka debit arus sungai dapat tertahan selama proses pengerjaan dewatering dilakukan.

Keuntungan Pengerjaan Dewatering :
Bagian muka air tanah turun
Mengurangi resiko terjadinya longsor
Kondisi lereng menjadi lebih curam
Tekanan tanah menjadi berkurang

Kekurangan Pengerjaan Dewatering :
Terjadinya penurunan permukaan tanah
Kondisi mata air disekitarnya ikut menurun
Metode yang digunakan untuk pengerjaan Dewatering

Metode Open Pumping
Metode ini paling sering dipakai untuk pengerjaan pembangunan basement. Pada area galian konstruksi dibuat galian lagi atau kolektor fungsinya untuk menampung debit air hujan dan juga air rembesan yang berasal dari tepi galian.

Air tampungan dari kolektor tersebut disedot menggunakan pompa air, kemudian dibuang ke selokan menuju gorong-gorong.  Metode ini sangat cocok digunakan untuk jenis tanah yang padat, bergradasi baik dan juga memiliki kohesi.

Metode Dewatering Predrainage
Pengerjaan Dewatering Predrainage ini dilakukan dengan cara menurunkan muka air tanah di wilayah galian smapai berada di bawah elavasi rencana dasar galian yang sudah ditentukan. Namun, metode ini harus sangat memperhatikan saluran drainase di sekitar galian karena debit air yang dibuat cukup banyak.

Metode dewatering ini sangat cocok dilakukan untuk tanah yang memiliki karakter  cadas lunak, berbutir dan tanah lepas yang memiliki banyak celah. Dewatering Predrainage sangat aman untuk bangunan yang ada disekitar area project.

Metode Cut Off
Prinsip dasar dari metode ini yaitu aliran air tanah dipotong dengan cara mengurung area galian dengan dinding. Nantinya, dinding yang menahan galian ini akan dikelilingi sheet pile yang berfungsi sebagai pemotong aliran tanah dan juga berfungsi sebagai dinding penahan tanah.
Pengerjaan dewatering dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang sipil sehingga tidak terjadi kesalahan.

Buat agan-agan yang lagi butuh jasa dewatering profesional atau mau konsultasi terlebih dahulu bisa langsung hubungi kami :

Jasatekniksipil.com

Telp/WA : 081295957914 (Bpk.Parmin) /  0813 1066 1358 (Ibu. Eki)
Email : jasaindustri@gmail.com
Diubah oleh tukangsipil


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di