CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
UMKM Tembus Pasar Global? Kenapa Enggak! Simak Strategi Jitunya Disini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e797e0e4601cf0c545cd7e1/umkm-tembus-pasar-global-kenapa-enggak-simak-strategi-jitunya-disini

UMKM Tembus Pasar Global? Kenapa Enggak! Simak Strategi Jitunya Disini

UMKM Tembus Pasar Global? Kenapa Enggak! Simak Strategi Jitunya Disini

Sebagai bisnis yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, tak heran jika UMKM telah berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi. Telah diketahui bahwa UMKM berpengalaman dalam menghadapi krisis global.

Menembus pasar global tentunya menjadi impian setiap pelaku UMKM, namun hal tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan strategi yang tepat untuk mampu bersaing dengan produk dari negara lain. Apa sajakah strategi marketing UMKM dalam menghadapi pasar global? Simak ulasannya berikut ini. 

Ada 5 strategi marketing UMKM yang paling mendasar yang harus dilakukan dalam berbisnis, diantaranya adalah:
 
1. Produk
 
Produk yang dijual tentunya harus sesuai dengan kebutuhan konsumen. Lakukanlah riset tentang jenis produk seperti apa yang sedang berkembang, dan bagaimana peluangnya. Selain itu perhatikan kualitas, buatlah produk menarik dengan kualitas yang sama sesuai dengan standar pasar global.

2. Harga
 
Tentukan harga produk yang sesuai. Dalam menentukan harga produk tentu saja banyak hal yang harus diperhitungkan. Selain harus menutup biaya produksi, harga jual produk juga harus memiliki keuntungan sebesar 30% dari besarnya biaya produksi. Yang perlu diperhatikan adalah, sesuaikan dengan kualitas dan bandingkan dengan harga produk serupa yang beredar di pasar global.
 
3. Lokasi
 
Dalam menjalankan bisnis agar lebih maksimal, hal lain yang perlu diperhatikan adalah tempat yang strategis untuk berjualan. Jika hendak mendirikan sebuah toko, pilihlah lokasi yang dekat keramaian, mudah dijangkau segala jenis transportasi. Berbisnis secara online juga bisa menjadi alternatif. Banyak pengusaha yang sukses dengan  berjualan secara online. Contohnya saja dengan bergabung di KITA DIGI. Pelaku UMKM bisa berjualan di platform yang memiliki close loop market.
 
4. Promosi
 
Promosi menjadi strategi dasar yang paling utama. Konsumen tidak akan mengetahui produk yang dijual jika tidak ada promosi yang dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan promosi, baik promosi secara online maupun offline. Sebagai pelaku usaha, penting sekali untuk memanfaatkan media online sebagai cara promosi. Dimana hampir seluruh penghuni dunia terhubung dengan akses internet. 
 
5. Sumber Daya Manusia
 
Yang terakhir adalah sumber daya manusia (SDM). Sebagai pelaku bisnis, tentunya Sahabat harus memiliki SDM yang berkualitas agar mampu menghasilkan produk dan layanan yang maksimal. 
 
Pasar global terus tumbuh seiring pertumbuhan penduduk di seluruh dunia. Agar bisnis sahabat UMKM tetap lancar dan siap menembus pasar global, buatlah rencana yang matang. Selain itu, ada banyak hal yang perlu dipahami. Berikut ini adalah tips yang bisa membantu mengembangkan bisnis menembus pasar global. 
 
1. Lakukan Riset
 
Sebelum mulai terjun ke pasar global sebaiknya sahabat melakukan riset untuk memahami kemungkinan apa saja yang bakal terjadi. Sehingga dapat menentukan langkah atau strategi apa saja yang harus dilakukan. Pelajari mengenai perilaku budaya dan kelayakan berbisnis dari negara-negara target pasar. Sahabat tidak perlu repot melakukan kunjungan khusus ke negara-negara tersebut untuk melakukan riset, manfaatkanlah akses internet untuk mencari info lengkapnya.
 
2. Jalin Relasi 
 
Relasi memang menjadi faktor lain yang sangat penting. Jagalah hubungan baik dengan setiap relasi bisnis sahabat. Dengan mengikuti beberapa forum bisnis, sahabat akan mendapatkan banyak peluang menjalin relasi. Semakin banyak relasi yang sahabat miliki semakin kuat peluang bisnis menembus pasar global. Sahabat bisa saling sharing mengenai kendala dan strategi bisnis yang dapat dilakukan dalam menjalankan bisnis.
 
3. Pelajari sistem pajak dan hukum
 
Memahami sistem pajak dan hukum diperlukan untuk meminimalisir risiko keuangan yang akan terjadi. Persyaratan hukum di setiap negara tentunya berbeda-beda. Agar semua berjalan lancar penuhi legalitas usaha sahabat sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah. 
 
4. Go Digital
 
Dengan melakukan digitalisasi pada bisnis, banyak manfaat yang tentunya bisa didapatkan. Banyak pelaku UMKM yang masih menjalankan bisnis secara konvensional namun hal ini tentu tidak optimal. Selain melakukan promosi secara online, ada beberapa poin penting yang termasuk go digital. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem POS. 
 
Sistem POS efektif dalam menyajikan data transaksi yang akurat, sehingga sahabat tidak perlu menulis manual setiap transaksi, dan bisa melakukan riset produk apa saja yang paling laris di pasaran. Sehingga dapat melakukan strategi pemasaran yang tepat, juga melakukan inovasi produk. 
 
Setelah mengikuti beberapa tips di atas dengan baik dan berjalan lancar, sahabat dipastikan sudah memiliki bekal yang cukup untuk bisa menembus pasar global. Kunci sukses dalam berbisnis adalah “memulai dengan keberanian dan membesarkan dengan ilmu”.
 
Sekian dari artikel kami mengenai strategi marketing UMKM dan semoga artikel ini bermanfaat, ikuti juga media sosial KITA DIGI untuk terus mendapatkan info inspiratif lainnya.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di