CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tahun Ini, Kemenhub Tiadakan Mudik Gratis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e796d70c0cad764954b7f11/tahun-ini-kemenhub-tiadakan-mudik-gratis

Tahun Ini, Kemenhub Tiadakan Mudik Gratis

Tahun Ini, Kemenhub Tiadakan Mudik Gratis

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin menyatakan bahwa baik program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan.

“Melihat kondisi penyebaran virus corona yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan. Oleh karena itu saya harap masyarakat pun dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah. Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan corona,” jelas Dirjen Budi.

Ia mengatakan untuk di Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan dihapuskan.

“Saat ini kita akan berganti fokus, saling bantu-membantu antara pemerintah pusat maupun daerah untuk mengatasi penularan corona. Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujarnya.

Tambahnya lagi Dirjen Budi mengharapkan peran serta masyarakat untuk tidak bepergian apalagi melakukan mudik pada saat libur Lebaran nanti.

“Oleh karena itu kami sampaikan kepada masyarakat yang sudah mendaftar mudik gratis, kami mohon maaf atas pembatalan ini. Saya imbau juga untuk masyarakat pada umumnya untuk tidak melakukan perjalanan dulu hingga situasi kondusif. Mudik ini melibatkan banyak massa, berpotensi menjadi titik penyebaran virus tersebut, yang mudik bepergian ke daerahnya masing-masing akan berpotensi membuat wilayah persebaran corona semakin luas. Kami akan gencarkan kampanye ini secara terus menerus,” kata Dirjen Budi, dikutip Antara.





profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Semoga masyarakat dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan corona.
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan tukangbeling7 memberi reputasi
Semuaaa menghambat kmna2 aduh jadi kacau
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan tukangbeling7 memberi reputasi
kebijakan yang baik
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan tukangbeling7 memberi reputasi
harusnya mudik pribadi jg dilarang sekalian for greater good emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tenang masih bisa
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
Diubah oleh emblebew
Bagus pak
emoticon-Shakehand2 emoticon-2 Jempol
Tahun Ini, Kemenhub Tiadakan Mudik Gratis
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Lebaran from home
ini demi kebaikan
kalian mau keluarga di kampung terinfeksi? ga kan? masih bisa video call

Thanks to Brian Acton, Jan Koum
Lee Hae-Jin, Niklas Zennström dan Janus Friis
sehingga kami mengenal video callemoticon-Belgia
thanks to Hedy Lamarr dan Leonard Kleinrock juga yg telah menemukan wifi dan internet, tokoh yg membantu semua manusia di bumi ini terhubung

penemu video call ternyata orang filipina Gregorio Zara, thanks to him

BATA!
Diubah oleh red.bezos
segera: buka puasa, tarawih, shalat ied di rumah dan maaf-maafan lewat video call WA
kalau memang wabah Covid-19 masih blm reda sampi Lebaran, mending tunda mudik dulu. ane sekeluarga sudah ada rencana kek gini sih
masalahnya, pada susah dibilangin..
emoticon-Embarrassment
klo masih mengeluh padahal gratis...... sudah kelewatan...... emoticon-Ngacir
Yah ngenes dong lebaran sendirian di mess
mudik via WA
baguslah, meminimalisasi potensi penyebaran virus... walaupun pasti ada pihak yang dirugikan juga, tapi demi kebaikan bersama gan emoticon-Sorry
Langkah yang tepat. Berlakukan juga aturan dilarang mudik. Semoga pada manut aturan ya. Bagi kebaikan bersama
Lebaran jatuh pada 23-24 Mei.

Kalo sampai maksimal Mei, wabah ini belum berakhir, ane yakin warga juga gak ada yang berani mudik kecuali yang cukup nekat.......

Persoalannya......apakah jika wabah ini berakhir, akan muncul "gelombang kedua"?
Mau gimana lagi emang kondisinya tidak memungkinkan, tapi ya semoga aja udah selesai sebelum lebaran datang
ya mungkin bisa video call dulu untuk tahun ini


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di