CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
11 Rumah Sakit Rujukan Corona di NTT Kekurangan Alat Pelindung Diri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e796473337f934ee549161f/11-rumah-sakit-rujukan-corona-di-ntt-kekurangan-alat-pelindung-diri

11 Rumah Sakit Rujukan Corona di NTT Kekurangan Alat Pelindung Diri

11 Rumah Sakit Rujukan Corona di NTT Kekurangan Alat Pelindung Diri
Penulis Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere | Editor Dheri Agriesta KUPANG, 

KOMPAS.com- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dominikus Minggu Mere mengakui kekurangan alat pelindung diri (APD) untuk rumah sakit rujukan pasien virus corona di wilayahnya. “Sesuai hasil rapat koordinasi (Rakor) yang diikuti seluruh Sekda kabupaten dan kota, beberapa poin penting sudah disepakati berdasarkan keluhan di lapangan adalah kekurangan APD," ujar Dominikus di Kupang, Senin (23/3/2020). 

Pemerintah Provinsi akan menyusun rencana kebutuhan APD tersebut. Dominikus telah menghitung kebutuhan APD di Provinsi NTT. Kebutuhan itu tak cuma di rumah sakit provinsi, tapi juga rumah sakit kabupaten yang telah ditunjuk jadi rumah sakit rujukan. "Karena hal ini sudah masuk dalam kriteria bencana, artinya bahwa kita sudah harus mengambil langkah-langkah seperti menyiapkan anggaran tak terduga,” jelas Dominikus. 

Dominikus menilai perlu langkah strategis dan kordinasi efektif antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten atau kota di NTT. Ia pun meminta sekretaris daerah kabupaten atau kota memfasilitasi pembentukan gugus tugas penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing. "Agar komando dalam mengatasi problem besar ini bisa diambil alih oleh suatu koordinasi yang kuat, dalam hal ini sekretaris daerah," jelas Dominikus. 

Sebelumnya, terdapat tiga rumah sakit yang ditunjuk menjadi rujukan pasien penanganan virus corona, yakni RSUD WZ Johannes Kupang, RS TC Hillers Maumere, dan RSUD Komodo Labuan Bajo. Belakangan, Pemprov NTT menambah delapan rumah sakit rujukan. Sehingga, terdapat 11 rumah sakit rujukan di NTT.

Sumber : https://regional.kompas.com/read/2020/03/24/08261541/11-rumah-sakit-rujukan-corona-di-ntt-kekurangan-alat-pelindung-diri.
Penulis : Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
Editor : Dheri Agriesta


Jangankan di NTT di kota2 besar Jabar, RS2 pada minta sumbangan alkes gegara kehabisan
you are not prepared
pake jas hujan
Quote:


Quote:


semua negara mmg gak ada yg prepared ...
why? alat2 medis termasuk apd (masker, hazmat suit, dll) mmg tdk diproduksi banyak, krn segmennya terbatas, usernya cuma Rumah Sakit, Lab, Farmasi..., ketika dibutuhkan banyak & cilakanya nyaris seluruh dunia membutuhkan, ya pasti kewalahan, sementara krn selama ini segmen terbatas td, maka kapasitas produksi & manufakturnya pun juga terbatas emoticon-Cool

Quote:


why not? improvisasi itu jg gak salah, mmg situasinya demikian, di aceh pasca tsunami, ketika bantuan logistik blm sampe, ada mahasiswa kedokteran hewan yg terpaksa jd "dokter" mengobati pasien manusia...dgn obat2an hewan emoticon-Imlek
karena banyak orang panik numpuk masker, hand sanitizer dirumahnya..
sehingga rekan2 medis tidak kebagian...



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di