CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Education /
MIRIS!!!!! NARKOBA MENGUASAI REMAJA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e795c0fdbf764474c578000/miris-narkoba-menguasai-remaja

MIRIS!!!!! NARKOBA MENGUASAI REMAJA

“Dikutip dari liputan6.com Kepala Badan Narkotika Nasional(BNN) Komjen Pol Heru Winarko Menyebutkan,ada peningkatan peredaran narkoba selama tahun 2019 sebesar 0,03 persen Pengguna paling banyak berusia 15 hingga 65 tahun dan menembus angka tiga juta orang.”

WOW.... Angka yang Fantastis , jika dilihat dari usia,pengguna dari narkoba kebanyakan dari kalangan remaja, miris memang sangat miris, usia yang sebaiknya digunkan untuk belajar, meenggali ilmu, mengukir prestasi malah dirusak dengan “barang yang haram” yaitu narkoba. Penyalahgunaan narkoba diawali dengan coba coba, lama kelamaan jadi kebiasaan dan berlanjut ketergantungan. Menanggapi fenomena ini pemerintah telah menetapkan negara kita dalam keadaan darurat narkoba.
Didalam benak kita pasti timbul pertanyaan mengapa mereka mengonsumsi narkoba? Apakah mereka tidak tahu bahwa narkoba merusak segalanya? Jawabanya akan diulas dibawah ini.

Faktor mengapa remaja mengonsumsi narkoba yaitu:
1. pergaulan bebas
Karena pergaulan yang buruk akan berdampak langsung terhadap sikap dan perilaku remaja. Misalnya remaja semulanya pendiam akan berubah sikap dan perilakunya jika bergaul dengan orang yang salah(Pecandu), bisa jadi orang pecandu tersebut menawarkan narkoba kepada remaja dan lama kelamaan remaja tersebut ikut mencoba dan pada akhirnya rema ja tersebut kecanduan terhadap narkoba.
2. Stress Berat/Depresi
Banyaknya masalah yang tak kunjung terselesaikan membuat remaja menderita stress tinggi, sehingga mereka mencari jalan pintas untuk menghilangkan rasa stress tersebut dengan cara mengonsumsi narkoba sehingga “seakan akan” mereka merasa tenang dan masalah yang dihadapi terselesaikan. Padahal tindakan tersebut justru memperparah masalah dan memperkeruh pikiran mereka sehingga bukan jalan keluar yang ditemukan tapi melainkan jalan buntu yang didapatkan.
3. Rasa ingin tahu yang tinggi dan emosi yang labil

Maraknya pengedar narkoba membuat obat obatan tersebut semakin mudah untuk didapatkan. Secara tidak langsung para remaja yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan emosi yang masih labil(gampang terpengaruh) membuat mereka ingin mencoba dan ingin merasakan “enaknya” narkoba yang disebut sebut sebagai penghilang depresi dan pembuat rasa tenang.

Jadi sekarang kita menjadi tahu apa saja faktor yang dapat menjerumuskan kita ke dalam bahaya narkoba,lantas sebagai orang yang berpendidikan maka kita harus tahu cara mencegah narkoba agar tidak merusak masa depan remaja. Berikut ini beberapa cara pencegahannya.

1. Melakukan kegiatan yang positif
Cara pertama dan paling mudah adalah dengan melakukan kegiatan positif seperti olahraga dan bersosialisasi dengan masyarakat. Dengan membiasakan diri untuk berolahraga maka membuat tubuh menjadi sehat sehingga mindset kita tertanam dengan pola hidup yang sehat,sehingga mindset kita akan berubah bahwa mengonsumsi narkoba itu dapat merusak tubuh dan tidak ada gunanya yang ada hanya kemudaratan,kerugian dan tidak ada untungnya.

2. Memilih pergaulan yang benar

Yang kedua yaitu bergaul dengan orang yang baik. Dengan kita bergaul dengan orang orang yang baik maka sikap dan kelakuan pasti akan baik, contohnya kita ikut organisasi keagamaandi tempat ibadah atau dimana saja, pastinya kita menemukan bayak teman yang berjiwa sosial yang tinggi dan berwawasan yang luas, otomatis kita terjaga dan terhindar dari narkoba .

3. Selalu terbuka kepada siapa saja
Memiliki sifat terbuka kepada orang tua dan orang lain. Dengan memiliki sifat tersebut maka kita bisa bercerita masalah apa yang kita miliki agar kita bisa mendapatkan saran atau bantuan. Jika kita memendam masalah kita tanpa sepengetahuan orang lain maka kita akan mudah terkena stress. Dengan bersosialisasi kita akan semakin terbuka kepada orang sehingga jika semisal kita tertimpa masalah ataupun musibah, orang orang terdekat bisa membantu untuk menyelesaikan masalah sehingga kita menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Jadi Be Humble ya ... guys.

4. Belajar dari pengalaman orang lain
Belajar dari pengalaman orang lain(mantan pecandu) juga bisa mencegah kita dari narkoba, yang mana sebagian besar penggunaan narkoba berdampak buruk bagi penggunanya sehingga kita tidak akan menirunya.

5. Refreshing
Cara yang kelima dan paling disukai remaja adalah refreshing, dengan refreshing, masalah,beban hidup depresi akan hilang.Dengan refreshing pikiran menjadi segar dan kita dapat berpikir secara luas dan menumukan banyak solusi. Cara yang mudah yaitu dengan berekreasi ditempat yang sejuk (wisata alam) atau juga bisa dengan bermain game yang kita sukai.

6. Meningkatkan iman dan ketakwaan
Cara terakhir dan dijamin terhindar dari narkoba adalah meningkatkan iman dan ketakwaan, yaitu dengan mendekatkan diri kepada tuhan,belajar ilmu agama dan beribadah. Dengan mendekatkan diri kepada tuhan insyaallah diri kita akan dilindungi dari barang barang haram tersebut.Dengan beribadah akan membuat hati dan pikiran akan menjadi sejuk dan tenang.

Dengan ini apakah kalian masih mau untuk mengonsumsi narkoba? Karena banyak orang yang sudah merasakan bagaimana dampak buruk dari narkoba terhadap kehidupannya. Dampak yang akan dialami oleh pengguna narkoba adalah:

1. Dampak Kepada Diri Sendiri
Kerugian untuk diri sendiri adalah kita akan dijauhi orang orang termasuk teman dekat kita sendiri. Masa depan kita menjadi suram karena sulit untuk mencari pekerjaan, sehingga menyebabkan kita tergoda untuk melakukan aksi kriminal seperti mencuri dan merampok.

2. Dampak Kepada Orang Tua
Orang tua pasti akan menjadi orang pertama yang merasa sedih jika anaknya terkena narkoba. Orang tua yang mendidik sedari kecil merasa gagal mendidik anaknya sampai anaknya terjerumus memakai narkoba.

3. Dampak Kepada Negara

Dampak kepada negaara adalah berkurangnya generasi generasi muda penerus bangsa. Generasi muda yang diharapkan akan memajukan negara dengan pikirannya yang kreatif dan inovatif dirusak oleh penggunaan obat obatan terlarang sehingga membuat masa depannya menjadi rusak.

kita jadi tahu kan.... seberapa besar kerugian yang ditimbulkan oleh narkoba. Kita juga tahu apa pencegahannya bukan? Lalu tindakan kita selanjutnya adalah menerapkan cara pencegahan narkoba tersebut dikehidupan sehari hari . Dengan menerapkan cara pencegahan narkoba pastinya kita terhindar dari Narkoba, sehingga kita bisa mengukir prestasi, berkarya dan juga menjadi generasi penerus bangsa yang sukses dan berjaya.....amiien
profile-picture
profile-picture
profile-picture
myaffandy123 dan 5 lainnya memberi reputasi
Bagus sekali lanjutkan kak👍
Bagus sekali Sangat membantu 🤗
Terima kasih. Kalau ada kesalahan dalam penulisan maaf ya masih newbie🙏 hehe...
bermanfaat💜💜💜 makasiii edukasinya✔️
Dampak kepada teman kira-kira apa ya?=)
Makasih informasinya gan
dari dulu ini mah, cerita lama yang tidak ada habis nya,.....
Lihat 1 balasan
"Cerita lama" akan musnah bila kita bersama sama memberantas nya
cerita lama, solusi ada sejak lama, edukasi jg sejak lama ada, trus kok msh ada? karena ujung2 nya duit gan, klo ga ada duit nya pasti sudah punah sejak lama, hehee


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di