CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perjuangan Petugas Lacak Orang Kontak Pasien Covid19, Dapat Ancaman hingga ODP Bandel
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e78e67965b24d726334385e/perjuangan-petugas-lacak-orang-kontak-pasien-covid19-dapat-ancaman-hingga-odp-bandel

Perjuangan Petugas Lacak Orang Kontak Pasien Covid19, Dapat Ancaman hingga ODP Bandel

MEDAN, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis mengatakan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) naik menjadi 50 orang dari sehari sebelumnya sebanyak 48 orang.

Semuanya dirawat di 25 rumah sakit di enam kabupaten dan kota.

PDP yang sudah pulang sebanyak enam orang karena dinyatakan negatif.

"Jumlah positif Covid-19 tidak berkembang, tetap dua orang. Satu meninggal dunia, satu lagi masih dalam perawatan," kata Riadil dalam konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Senin (23/3/2020).

Untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP), angkanya terus melonjak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, pada Minggu (22/3/2020), ODP sebanyak 496 orang. Selang sehari kemudian naik menjadi 763 orang.

Angka ini berdasarkan hasil tracing yang dilakukan Gugus Tugas.

Tracing dilakukan kepada orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

Selain hasil tracing, jumlah ODP juga diketahui berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan tim Dinas Kesehatan mulai provinsi sampai kabupaten dan kota.

Ditelusuri siapa saja yang pernah kontak erat, baik di rumah, satu mobil, dan yang berjarak setengah meter.

Mereka yang baru pulang dari negara terjangkit seperti Singapura dan Malaysia dicatat.

"Penelusuran kami di lapangan tidak mudah, tidak semua orang bersedia ditanya. Petugas kami sampai ada yang diancam dan sebagainya. Kalau ODP bisa diidentifikasi, kontribusinya memutus rantai penularan," kata Alwi saat mendampingi Riadil saat siaran langsung konferensi pers di Media Center Gugus Tugas.

Dia berharap, ke-763 ODP ini melakukan karantina mandiri dan melakukan social distancing selama dua minggu supaya angka penyebaran tidak terus bertambah.

Dari awal, banyak ODP yang tidak berkenan mengisolasi diri. Maka sekarang dampaknya dirasakan, ada peningkatan yang signifikan.

"Banyak ODP kita yang membandel. Kami sudah meminta saran kepada ahli hukum, mungkin kami akan mengumumkan ODP ini di mana saja sehingga tidak membahayakan orang lain. Supaya kita menjaga dia tidak ke mana-mana. Kalau pertimbangan hukumnya membolehkan, kami akan umum nama-namanya supaya menjaga kita semua,” sambungnya.

Soal tes massal Covid-19, Alwi mengatakan, alat tes akan tiba di Sumut dan akan dimulai di daerah yang memiliki banyak ODP.

“Ini bagian rencana kita memperkuat pemutusan rantai penularan,” pungkas Alwi.

kompas.com

Jewer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Ya udah pak, nanti biar mobil jenazah atau keranda mayat yg jemput mrka.
Pemerintah udah berusaha tp warga ndableg, mau gimana lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
gw pernah hampir ODP karena pernah menginap di hotel yang sama dengan suspect coronavirus, untung hasilnya negatif

kalo ODP mending self quarantine,
lebih aman, ketimbang di RS sekarang yang sedikit kacau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mas... dan 24 lainnya memberi reputasi
ini vaksin khusus yang masih ngeyel
dijamin ampuh emoticon-Shakehand2

Perjuangan Petugas Lacak Orang Kontak Pasien Covid19, Dapat Ancaman hingga ODP Bandel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LZS dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Itu yg ngancem mending tembak mati aja..

Di situasi ky gini, kita ga butuh sampah ky gitu yg merugikan orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
biarin mereka mengubur dirinya sendiri, trima kasih buat satgas, kalian hebat emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 2 lainnya memberi reputasi
ngak ada usaha yang sia², tetap semangat, seng sabar buat petugas
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bentar lagi mungkin gw yg akan berurusan sama mereka
semoga saja tidak

kakak gw malahan yg sudah di suruh karantina Rumah kemaren
lantaran bego gw sudah peringatkan sejak awal tapi dia cuma ketawa-ketawa kalau gw bicara soal penularan virus covid 19 dan masih aja kumpul-kumpul sama teman-temannya

akhirnya temennya sudah ditetapkan PDP sekarang semua teman kakak beserta kakak gw sudah disruh karantina rumah
kalau kakak gw menunjukan gejala sakit berarti gw juga kemungkinan kenaemoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mas... dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
ODP, PDP..itu 2 langkah lagi semuanya jadi camat. jgn main2 lah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Sebenarnya yg kasihan itu org yg sakit lain, harus dirawat dan akhirnya kena tertular

Ada kan pasien sakit kabur semua pas ada salah 1 pasien positif Covid di rmh sakit di daerah. Padahal mereka dirawat dan butuh perawatan

Skrg klo yg sakit lain mending tunda dlu deh, beneran..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 2 lainnya memberi reputasi
"thank you, we'll take over from here."
Perjuangan Petugas Lacak Orang Kontak Pasien Covid19, Dapat Ancaman hingga ODP Bandel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Dipublish aj lah nama sekalian fotonya biar kek napi sekalianemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Perjuangan Petugas Lacak Orang Kontak Pasien Covid19, Dapat Ancaman hingga ODP Bandel

Perjuangan Petugas Lacak Orang Kontak Pasien Covid19, Dapat Ancaman hingga ODP Bandel


coba jelaskan ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mas... dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jong Uuunnnn..
We need youu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Harus ada payung hukum yg jelas utk petugas lapangan memgambil tindakan keras.
Saran sih, ODP /PDP yg melanggar ketentuan karantina dijatuhi hukuman kurungan badan dan denda puluhan juta. Kalau ada yg masih melawan, tembak mati ajalah daripada membahayakan hidup orang banyak.
Kalau masih seperti sekarang ini, hanya himbauan tanpa hukuman, yakin deh, penyebaran covid-19 tidak akan berhenti, apalagi di sumut wilayah mukpet barbar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thehumm dan 3 lainnya memberi reputasi
coba petugasnya di dampingi sama polisi dan tni
jdi yg ngeyel bisa langsung ditindak dengan lebih efektif dan efisien

ni soalnya sdh menyangkut urusan hidup banyak org,
jdi ga ada istilah ini cuma main2 atau bercanda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 2 lainnya memberi reputasi
sama anak muda di tempat ane juga masih pada ngeyel..
masih aja nongkrong
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan xneakerz memberi reputasi
tipe2 manusia ngeyel kaya gitu musti diterapin sanksi sosial
publish aja identitas ama foto2nya biar masyarakat tau

profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan sultanbrunei memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


kalo ini cuma protek 70%, tp kl masjidny g dibersihin y smaa aja
profile-picture
babysitter89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Betul. Doakan supaya yang tertular corona virus dan bandel masih keluyuran, gak mau self karantina, apalagi sampe ngancam, supaya cepet mati. Jadi gak nulari sekeliling yang pengen hidup sehat
Diubah oleh greengeckoijo1
hahaha. warga tolol. plis dong tuhan yang di matiin orang2 model begitu aja. abis mati mayatnya menguap gitu biar ga repot
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di