CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Kalau Lockdown, Pemerintah Harus Tanggung Semua Kebutuhan Rakyat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e78cdb19775130e7e7dd733/kalau-lockdown-pemerintah-harus-tanggung-semua-kebutuhan-rakyat

Kalau Lockdown, Pemerintah Harus Tanggung Semua Kebutuhan Rakyat

Kalau Lockdown, Pemerintah Harus Tanggung Semua Kebutuhan Rakyat

JAKARTA - Sejumlah pihak menyuarakan kepada Pemerintah untuk segera lockdown atau karantina maupun isolasi terkait terus mewabahnya virus corona atau COVID-19. Dari data terakhir, jumlah kasus positif per hari Senin (23/3/2020), sebanyak 579 orang dan 48 meninggal dunia, yang sembuh 30 orang.

Menanggapi hal ini, Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengungkapkan untung dan rugi jika pemerintah Indonesia melakukan lockdown. (Baca juga: Positif Corona di Indonesia Bertambah Jadi 579 Orang, 49 Meninggal Dunia)

"Kalau karantina (lockdown) itu ditutup, untungnya itu bisa cepat melokalisir dan menyelesaikan (penanganan COVID-19)," ujar Agus saat dihubungi SINDOnews, Senin (23/3/2020).

Baca Juga:

Namun ada pengorbanan yang harus dilakukan Pemerintah jika lockdown. Yakni dengan menanggung seluruh biaya hidup dari semua masyarakat Indonesia. (Baca juga: Serius Mau Lockdown? Ini Poin-poin yang Harus Diperhatikan)

"Harus seluruhnya atas biaya negara, artinya orang di-lockdown itu harus makan, diberikan makan, harus ada yang nganter makan kerumah, yang enggak kerja harus ada kasih bansos. Entar siapa yang mau nganter, aparat kelurahan kah, satpol PP kah atau polisi," ungkapnya.

"Kalau di China kan militer yang nganterin ke rumah-rumah. Jadi (masyarakat) tidak usah keluar-keluar jadi memang harus di dalam rumah dan itu memang disuplai makanan (oleh Pemerintah)," tambahnya.

Agus juga tidak mempermasalahkan jika salah satu daerah melakukan lockdown sendiri demi mempercepat pencegahan COVID-19. Namun kembali, pemerintah daerah itu harus tetap bertanggung jawab terhadap warganya selama lockdown.

"Bisa saja, (misal) Pemprov DKI Jakarta yang menanggung sekarang ada berapa misal 10 juta (warga), ya ditanggung tidak kaya tidak miskin, dia akan dikasih makanan yang sama karena dia tidak masak, boleh masak tapi dia tidak keluar, karena enggak bisa belanja, kan harus disuplai dari pemerintah (daerah)," tuturnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...yat-1584969818

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kalau Lockdown, Pemerintah Harus Tanggung Semua Kebutuhan Rakyat Utamakan Keselamatan Peserta, BPJAMSOSTEK Optimalkan Layanan Online di DKI

- Kalau Lockdown, Pemerintah Harus Tanggung Semua Kebutuhan Rakyat BKN Sebut 343 Instansi Sudah Umumkan Hasil SKD CPNS

- Kalau Lockdown, Pemerintah Harus Tanggung Semua Kebutuhan Rakyat Perangi Corona, DPR Minta Pemerintah Permudah Penggunaan Dana Banpol

.wahh.boleh juga tuh klau sampe lockdown hihi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di