CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e78b6b89a972e1b743abe93/kita-semua-wajib-tahu-inilah-5-cara-menumbuhkan-rasa-empati-satu-sama-lain

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga selalu berada dalam lingkaran kebaikan dan kebahagiaan dan jangan lupa jaga kesehatan.

Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) empati yang berarti keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan dan perasaan yang sama secara mendalam. Seperti yang kita tahu, bahwa di antara milyaran manusia di bumi ini tidak semua memiliki rasa empati terhadap manusia lainnya. Namun, meski begitu tidak sedikit juga manusia yang masih memiliki rasa empati terhadap manusia lainnya.

Sayangnya, jika rasa empati ini tidak mulai diajarkan sedari dini maka tidak menutup kemungkinan bahwa hati dan pikiran seseorang akan tumpul pada rasa empati itu. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri. Melainkan membutuhkan manusia lainnya untuk saling melengkapi dan bahkan saling membantu dan meringankan beban satu sama lain. Maka dari itu mengapa perlunya rasa empati terhadap sesama manusia untuk kelangsungan hidup.


Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Dan untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang 5 cara menumbuhkan rasa empati satu sama lain.

1. Jika orang lain kesusahan, bayangkan jika kamu berada di posisi itu

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Perlu kita ketahui, bahwa saling membantu satu sama lain adalah bentuk cinta kasih kita terhadap orang lain. Jika orang lain atau orang-orang di sekitarmu sedang berada dalam kesusahan, tunjukkan empatimu dengan membantu meringankan sedikit atau banyak bebannya. Bayangkan jika yang berada dalam posisi kesusahan itu adalah dirimu. Pasti kamu berharap akan ada orang yang masih menunjukkan rasa simpatinya untukmu. Jika hati dan pikiranmu terbuka, hal ini akan membuatmu sadar betapa pentingnya berempati kepada sesama manusia.

2. Cobalah untuk menjadi orang yang terbuka untuk semua orang

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Sebagai manusia yang tidak akan pernah terlepas dari manusia lainnya, cobalah untuk belajar membuka diri dan terbuka untuk siapa pun itu. Dengan menjadi orang yang terbuka, rasa empati dalam dirimu akan begitu peka terhadap orang-orang di sekelilingmu. Dengan menjadi orang yang terbuka, kamu akan begitu mudah memahami orang lain, bahkan sekaligus beban dan masalah hidupnya.

Quote:


3. Ingat baik-baik hal ini: segala perbuatan baik akan berbalik baik juga

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Menunjukkan rasa empati kepada manusia lainnya adalah perbuatan baik yang mampu menciptakan kebahagiaan sekaligus ketenangan bagi orang lain. Percayalah, segala perbuatan akan kembali baik juga. Jangan pernah bosan menebar kebaikan dengan berempati kepada orang lain. Bisa jadi suatu saat orang lain lah yang akan berempati kepadamu dan tentunya membantu meringankan bebanmu.

4. Belajarlah menilai sesuatu dari sisi baiknya dulu

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Terkadang tidak sedikit mereka yang hanya melihat, langsung menghakimi orang lain tanpa tahu alasannya seperti apa. Itulah yang membuat nurani seseorang tertutup untuk bersimpati kepada manusia lainnya. Cobalah dan biasakan diri untuk menilai segala sesuatu itu dari sisi baiknya dulu. Sampai kapan pun rasa simpati tidak akan tumbuh di hatimu, jika setiap sesuatu kamu lihat dari sisi buruknya saja.

5. Hidup tidak akan selamanya seperti itu, bayangkan suatu saat kamu hidup sendiri dan tidak ada yang membantumu

Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

Jika hari ini keadaanmu sedang sehat, jika hari ini kondisi ekonomimu di atas rata-rata, jika hari ini ada begitu banyak yang menyayangimu, jangan dulu bangga! Bayangkan, jika yang kamu miliki hari ini adalah yang kamu rindukan keberadaannya suatu saat nanti. Bayangkan jika kamu kehilangan semuanya dan kamu sangat membutuhkan rasa empati dari orang lain. Bayangkan hal itu! Kamu akan sadar betapa berharganya dan pentingnya rasa empati terhadap satu sama lain.

Nah, itulah penjelasan dari 5 cara menumbuhkan rasa empati satu sama lain. Semoga kita adalah orang-orang yang begitu peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar.

Narasi: opini sendiri
Sumber gambar:
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Katakhoi
Halaman 1 dari 3
Selamat membaca. Semoga bermanfaat. ❤
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Yuk, berbagi dan berbuat kebaikan dengan menunjukkan rasa empati kita kepada sesama manusia lainnya.
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Mari singgah dan diskusi. 🤗
profile-picture
hugomaran memberi reputasi
Kalo prinsip saya :Jangan Berharap kepada siapapun, dan dalam kondisi bagaimanapun. Karena ketika realita nya menohok "Toh saya tidak berharap" ...
Berharap hanya kepada Allah(Tuhan!) saja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iyaaa memang harusnya seperti itu. Tapi pada kenyataannya tidak.bisa dipungkirin bahwa manusia pasti membutuhkan manusia lainnya, baik itu untuk melengkapi ataupun untuk kelangsungan hidupnya.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan ahmadzwd memberi reputasi
Quote:


Betul... Dan memang pada praktik nya saja juga tetap masih membutuhkan... Tapi saya berusaha untuk tidak terlalu berharap... Sakit loh berharap ituemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Wuhhhh, sakit sekali memang rasanya. emoticon-Mewek
Tapi ya belajar mandiri juga harus dan tetap tidak melupakan orang lain.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan ahmadzwd memberi reputasi
Quote:


Cieeee... Baper ya dek ya.. Ya kan yakaaannnemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Gak tau kenapa deh dari tadi siang nih perasaan jadi sensitif kek gini. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan ahmadzwd memberi reputasi
Quote:


Hemmm memang kenapa dek? Kamu baik baik saja kan?
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Baik-baik saja kok, hanya gak tau kenapa gak enak perasaan aja. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan ahmadzwd memberi reputasi
Quote:


Hem ya sudah.. Semoga baik2saja dan selalu dalam lindunganNya dek. Ya sudah tidur, sudah malam
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Aaamiiin.
Baiklah kalau begitu saya pamit, tapi untuk kembali. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan ahmadzwd memberi reputasi
Baik.. Silahkan.. Selamat beristirahat kawan
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Katakhoi memberi reputasi
buat numbuhin empati, kuncinya jgn apatiss ajadah pokoknya

pernah kejadian, punya temen ngkunta introvert, dia ngasingin diri dn gapunya temen. ane rangkul dan dia mepet ane terus, krn ane orgnya sok kenal ke orang dan humble, dia juga jadi ikutan byk temen

gliran ane butuh ssorg, dia gada rasa empati samsek, ga sama pada saat ane ngliat dia gapunya temen dulu
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Kacang lupa kulitnya yaa kalau gitu, kak. Berarti ya memang seperti itulah sikap sebenarnya. Dia hanya ingin ditemani tanpa ingin menemani kembali. emoticon-Malu
profile-picture
ningka memberi reputasi
makasi ya sarannya!
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
empati terhadap sesama sudah semskin berkurang
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
bener nih, yg susah tu empati sm org yg udh nyakitin kita emoticon-Mewek
profile-picture
Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Terima kasih kembali, kak. Semoga bermanfaat yaa. emoticon-Peluk
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di