CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Mudik Gratis Tahun ini Dibatalkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e789ee58d9b1731fa0b9d2d/antisipasi-penyebaran-virus-corona-mudik-gratis-tahun-ini-dibatalkan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Mudik Gratis Tahun ini Dibatalkan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Mudik Gratis Tahun ini Dibatalkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, baik program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan.

“Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan. Oleh karena itu saya harap masyarakat pun dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah," tuturnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/3/2020).

Lebih lanjut, untuk di Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan dihapuskan.

Kemenhub saat ini tengah fokus membantu pemerintah pusat maupun daerah untuk mengatasi penularan virus corona.

"Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, untuk memaksimalkan upaya penekanan penyebaran virus corona, Budi juga mendorong masyarakat untuk tidak mudik.

"Meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” katanya.

Budi berharap, masyarakat dapat berperan aktif mencegah penularan virus corona, dengan cara tidak bepergian apalagi melakukan mudik pada saat libur Lebaran nanti.

“Mudik ini melibatkan banyak massa, berpotensi menjadi titik penyebaran virus tersebut, yang mudik bepergian ke daerahnya masing-masing akan berpotensi membuat wilayah persebaran Covid-19 semakin luas. Kami akan gencarkan kampanye ini secara terus menerus,” ucapnya.


https://www.google.com/amp/s/amp.kom...ini-dibatalkan

Cukup e-mudik(video call),lebih murah,lebih higienis&millenialemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pengobatan17 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh singawallah
Halaman 1 dari 2
Lindungi keluarga.... kerabat.... tetangga dan rakyat jelatah di kampung halaman gak mudik tahun ini gaes. Kan masih ada lebaram tahun depan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nah ini bagus langkahnya

Tolong ya, buat yang mencak-mencak pen ketemu orang tua pas lebaran nanti tahan dulu, karna justru para lansia lebih rentan ..

Jangan sampai justru yang yang perantau, termasuk ane malah jadi yang nganterin para orang tuanya nemui maut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wong cilik bisa chaos iniemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.fahrenhelt dan 2 lainnya memberi reputasi
baiknya ga mudik dulu
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
kebijakan yang baik lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
siap2 lebaran besuk siapin hand sinitizier byk sodara dr jakarta sih
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mudik yg gak gratis jangan dilarang dong emoticon-Matabelo
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Mudik Gratis Tahun ini Dibatalkan
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
kalau mudik dengan biaya sendiri bagaimana??
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
jangan ada yg mudik...
klo udah kejebak dijakarta udah diem disana aja.
jangan sampai bawa penyakit ke orang rumah di kampung halaman. emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
selama jalan ga ditutup ya tetep pada pulang mobil tinggal sewa, setengah hati nih protecnya
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tutup aja semua jalanan harusnya

selama cmn himbauan ga akan efektif


+62 lu lawan


atau biarkan saja mereka mampus barjamaah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bener sih harusnya tetep stay di tempat masing2 dulu aja, ditahan jangan mudik dulu, demi keselamatan bersama
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
{thread_title}



emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nggak usah mudik dululah

Bukan kiamat kan kalo nggak ketemu keluarga besar?
profile-picture
Judess memberi reputasi
Quote:


masalahnya jalan tikus buanyak ganemoticon-Leh Uga
profile-picture
Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang masih nekat mudik emang niatnya mau bunuh keluarga di kampung emoticon-Leh Uga
profile-picture
Judess memberi reputasi
Tiket mau cenbeng aja dibatalin sama airlinesnya.
Suruh reschedule.
Padahal udah waktunya.
Quote:


Setujuh gan
profile-picture
Judess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di